1,490 total views

Review Wahana Kabupaten Kepulauan Anambas ( RSUD Tarempa / RSUD Palmatak / RSUD Bergerak Jemaja )

Internsip Periode Februari 2021

.

Wahana

1.RSUD Tarempa
2.Puskesmas Tarempa
3.RSUD Palmatak
4.Puskesmas Palmatak
5.RSUD Bergerak Jemaja
6.Puskesmas Letung
7.Puskesmas Jemtim

.

.

Alamat

1.RSUD Tarempa : Jl. Imam Bonjol No. 61, Kec. Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau
2.RSUD Palmatak : Jalan Datuk Lamin No. 03 Desa Payalaman, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau
3.RSUD Bergerak Jemaja : Jl. Padang Melang, Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

.

.

Palmatak ( Pulau Palmatak )

1. RSUD PALMATAK

a.Kegiatan :
 Jadwal flexibel, dapat di diskusikan bareng sama pendamping dan dr.PTT
 Disini megang ruangan igd dan poli ini dulu sih, waktu spesialisnya nggak lengkap, kalau sekarang mungkin yg poli kita bantu aja karna kabarnya spesialisnya udah lengkap ya guys
 Untuk beban kerja lumayan karena pasiennya lumayan banyak.
 Di mintai tolong jika ada kegiatan tambahan di dalam RS atau luar RS
 Kamar jaga dokter kamar mandinya ngak ada air, tapi sepertinya ini bisa di follow up ke RS nya 😂😂😂
b.Lingkungan:
 Masyarakat ramah tergantung pembawaan diri.
 Disini makan tidak terlalu variatif (tapi sering di undang makan dg tenaga medis RS / Masyarakat sekitar )
 Harga makanan kisaran 15-25 ribu
 Untuk keperluan sehari hari dapat di beli di toko setempat.
c.Hiburan :
 Wisata alam
 Nonton TV 😂
d.Kelebihan :
 Rumah dinas, Motor dinas
 Dokter spesialis sangat mau mengajari
 Punya waktu untuk belajar mandiri dan punya wadah untuk pengaplikasian ilmu
 Bebas ikut operasi, tinggal minta izin aja, gampang banget
 BBH + Ada Insenda (1.9jt sudah potong pajak) + jaspel dari RSUD
e.Kekurangan:
 Sinyal nya 4G ( Tidak stabil ) tapi WA lancar, tapi terakhir disana sepertinya sinyal mulai tidak ada masalah 😀😀

.

2. PUSKESMAS Palmatak

 Jaga poli dan IGD biasanya selang seling kecuali ada kesepakatan sebelumnya
 Jadwal bisa didiskusikan dg dr.pembimbing dan dr. PTT.
 Pasien banyak, untuk yang suka obgyn tenang kalau rajin tiap minggu bejibun, siapin aja kuota karna bakalan sering konsul, kalau konsul dokter dokter spesialisnya baik baik 👍👍👍
 jarak dari RSUD Palmatak 10 menit naik motor
 Rumah dinas baru, sepeda motor (fasilitas lengkap : kasur, lemari, kipas, alat dapur)
 tempat makan ada yg murah di tempat mak lang (3x makan sehari, selama sebulan bayar 1 juta) semoga pas kalian masih ada ya 😀😀😀
 fee : BBH + Jasa pelayanan, dan fee kalau turun kegiatan lapangan
 lingkungan kerja dan masyarakat sekitar baik baik, tergantung kita

.

Note : Harga keperluan sehari hari lumayan mahal, tapi tenang kamu masih bisa banyak nabung kok di banding tempat isip lain, yg suka shopping ditahan dulu ya nabung yang banyak biar sekali keluar puas, kecuali nggak keberatan  dengan ongkir 😅😅😅

.

Tarempa ( Pulau Tarempa )

1. RSUD Tarempa

a.Kegiatan :
 Periode kami periode awal di RSUD Tarempa, jaga 1 minggu awal di dampingi dr.PTT (waktu itu ada 3 dr.PTT), selanjutnya jaga sendiri2 (bisa oncall dr.pembimbing /dr.PTT jika ada pasien gawat dan kita bingung). Waktu itu selama 1 bulan kami jaga ditemani teman iship. Bulan selanjutnya jaga sendiri2.
 Waktu jaman kami, iship tiap jaga handel IGD, Ranap, VK (ngak tau kalau sekarang, karena  Untuk iship periode 2021 dokter RSUD nya sudah rame)
 Jadwal jaga PSMLL (bisa change jaga dan diskusi jadwal dg dr.definitif atau pembimbing.
 Pembimbing baik dan selalu diskusikan terlebih dahulu ke kami jika ada tawaran kegiatan diluar jadwal jaga kami, jika kami keberatan pembimbing bisa memaklumi.
 Reagen labor sering kosong.
 Pasien sedikit 5-10 tiap kali jaga.
 Pasien obgyn lumayan rame kalo musimnya (sekarang udah aman ada spOG, dan ada seminar zoom seminggu sekali dg spesialis)
 Dokter spesialis baru Sp.OG saja.
b.Lingkungan :
 Iship tinggal di lantai 4 klinik dr.pembimbing/mess baru (ada 4 kamar : 2 AC, 2 kipas, kasur, lemari), ibu dr.pembimbing sangat baik jika kita ada kendala di mess cepat tanggap.
 Air disaring pake kassa karena kadang keruh kalau hujan.
 Token listrik mess dibiayai dinas.
 Tenaga medis Baik, kadang ajak jalan2 atau makan2 bersama di RS.
 Jarak mess – RS jalan kaki 3 menit
 Dikasi motor dinas Lexi matic (skrg udah utk spesialis obgyn, ngak tau dah skrg pake motor apa).
 Banyak jajanan kalo sore di pinggir jalan dari mess ke RS.
 Harga makanan 15k-30k (harga mall)
 Banyak tempat wisata alam
 Pasien kadang didamping netizen yg bukan keluarga pasien (yg datang cuma utk manas2in dan bikin kita panik aja), kadang pake ancam lapor ke kepala dinkes dll.
 Signal 4G telkomsel dan smartfrend, di RS ada wifi.
 ATM dan bank (BNI, Mandiri, BRI, Kepri) lengkap karena tarempa pusat kota
c.Fee :
 BBH 3.150
 Insentif daerah 1,9 juta (dirapel 2/3 bln)
 tidak ada jaspel/kapitasi

.

2. PUSKESMAS Tarempa ( Pulau Tarempa )

a.Kegiatan :
 Pelayanan jam kerja : senin-kamis (08.00 – 14.30 ), jumat (08.00-11.30), sabtu (08.00-13.00).
 Tempat pelayanan di poli umum dan poli tindakan diisi iship 5 hari kerja (jadwal jaga diskusikan aja sesama iship). dan turun ke lapangan ( seperti posyandu, screning penumpang di pelabuhan 3x seminggu kadang hari minggu/tanggal merah juga turun screning pelabuhan )
 Wajib apel pagi 07.30.
 Sabtu ada senam.
b.Lingkungan :
 Diatas bukit dan dingin kalo malam.
 Mess lama (ada tempat tidur, lemari, peralatan dapur), air disaring pake kassa karena kadang keruh, kamar mandi sebulan awal kami di stase PUSKESMAS air di lantai kamar mandi tersumbat jadi tiap kami mandi air tergenang (sekarang sudah diperbaiki). Hati2 kadang ada tokek besar.
 Token listrik bayar sendiri.
 Makan bervariasi harga 10-25 rb
 Signal 4G telkomsel & smartfrend, di PUSKESMAS ada wifi.
 dr.pendamping rajin masak dan beliin makanan.
 Motor dinas (motor gigi/manual)
c.Fee :
 BBH 3.150
 Insenda 1.9 juta (dirapel)
 Jaspel/kapitasi
 Uang DD (turun ke lapangan) dimulai periode kami sudah tidak dapat lagi.

.

Jemaja ( Pulau Letung)

1. RSUD Bergerak jemaja

 Kegiatan : disini hampir sama dengan di pulau palmatak tapi disini itu pasiennya lebih sedikit. Lebih banyak waktu untuk melakukan kegiatan pribadi. Dan bisa juga berlibur ke pulau bersama dokter spesialis nya 😁Disini yang ada dokter spesialis THT, Bedah, obgyn dan rencananya akan datang dokter spesialis penyakit dalam dan anak
 Lingkungan : disini masyarakat nya sangat ramah
 Sinyal disini cuman telkomsel dan 4G nya sudah kencang
 Fasilitas : Rumah Dinas, kereta dinas lengkap
 Fee : insenda 1.9 juta ditambah jaspel RS

.

2. PUSKESMAS Letung dan PUSKESMAS Jemtim

 Dari kedua Puskesmas ini cuman Puskesmas letung yang banyak pasiennya
 Untuk PUSKESMAS Jemtim terkadang kita ga dapat kereta dinas nyaa tapi bisa diomongin nanti sama kapusnya

.

TRANSPORT :

1.Via pesawat : Letung: 3x seminggu tujuan batam.
2.Via kapal :
 Tj pinang – letung: 7 jam
 Tj pinang – tarempa: 9 jam
 Tarempa – Palmatak : naik speed 30 menit
 Letung – Tarempa : 2 jam

.

Kesimpulan:

1.Semua tempat di wahana ini menarik untuk di jalani dengan keunikannya masing masing. Selama kita bisa beradaptasi dan menjaga kekompakan semuanya akan berjalan menyenangkan.
2.Tempat yang baik bagi mereka yang tidak mau kerja keras bagai kuda namun kita tetap dapat ilmu, pengalaman, pemandangan alam indah dan bisa nabung.
3.Tempat yang buruk bagi mereka yang ingin hidup bermewah mewahan.
4.Kalau ingin memperoleh banyak ilmu (dari spesialis) + Fee lebih, disarankan pilih palmatak.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!