759 total views

Periode: Februari 2018-2019

Daerah : Jember, Jawa Timur 

Wahana RS: RS Citra Husada Jember

Wahana Puskesmas : Puskesmas Sukorambi (dengan 2 Puskesmas Satelit lain)

.

Wahana yang sangat direkomendasikan kecuali bagi yang minat bedah dan saraf atau cari insentif gede

.

KETERANGAN:

1.Rumah Sakit: Tipe C
2.Rumah dinas : tidak ada
3.Kendaraan dinas : tidak ada, tapi banyak ojol, gojek dan grab ada semya
4.Insentif Daerah : tidak ada
5.Jaspel RS : tidak ada, adanya dalam bentuk insentif. Totalnya 400 rb perbulan selama 8 bulan
6.Jaspel Puskesmas: 950 rb perbulan

.

Akses jalan menuju wahana :

a)+/- 4-5 dari bandara Juanda Surabaya menuju wahana,
b)Puskesmas jaraknya 5-15 menit dari RS. Kalau pake kereta sekitar 4 jam.
c)Ada banyak kereta dari Surabaya ke Jember. Mulai dari Ekonomi sampai Eksekutif tinggal pilih.
d)Bis juga bisa, tapi terminal jaraknya sekitar 20 menitan dari wahana.
e)Ada bandara juga, tapi flight ke Surabaya cuma satu kali sehari dan naik pesawat baling2

.

Jadwal RS:

1. IGD

 Jaga di bagi pershift,
a)shift pagi 7-14,
b)siang 14-21,
c)malam 21-7,
 Igd udah ada defibrilator, gak ada OK minor, kapasitas IGD maksimal 8 pasien.
 Karena 1 kelompok cuma 9 orang dan masing-masing kelompok kecil isinta 3 orang, jadwal jaga lebih fleksibel.
 Tidak harus ada isip setiap shift, minimal ada 1 isip per hari (terserah mau kapan aja) asalkan jam kerja 40 jam perminggu, sekitar 18-20 shift perbulan.
 Mungkin bisa libur panjang (tergantung temen sekelompok) tapi ga boleh rapel jaga atau nerus.
 Kepala IGD dokter umum dan bukan Sp.EM. Lingkungan kerja di IGD sangat nyaman.
 Dokter organik menganggap isip teman sejawat dan perawat juga bisa diajak kerja sama dengan baik.
 Lingkungan kerja yang nyaman dan suportif.
 Pasien pershift sekitar 10. Maksimal 20 (tapi jarang banget).
 Dokter isip dipercaya udah seperti dokter organik.
 Tugas isip nerima pasien mulai dari awal sama konsul spesialis sampai terapi.
 Ada 2 Sp.PD, 1 Sp. B, 2 Sp.A, 2 Sp.OG, 1 Sp.An, 1 Sp.JP, 1 Sp.P, 1 Sp.M, 1 Sp.S.
 Fasilitas radiologi tidak lengkap. Tidak ada CT Scan.
 Bagi yang suka saraf dan bedah kurang cocok pilih wahana ini.
 Bagi yang suka medik sangat direkomendasikan karena Sp.PD, Sp.A, Sp.B, Sp.JP, Sp.P enak semua. Asalkan konsulnya bener, spesialis gak akan segan jawab pertanyaan dari isip.

.

2. Rawat Inap / Poli

 Jaga dibagi pershift,cuma shift pagi 7-14 dan siang 14-21. Alasannya karena 1 kelompok cuma 3 orang.
 Sama kayak di IGD, tidak harus ada isip setiap shift, minimal ada 1 isip per hari (terserah mau kapan aja) asalkan jam kerja 40 jam perminggu, sekitar 18-20 shift perbulan.
 Mungkin bisa libur panjang (tergantung temen sekelompok) tapi ga boleh rapel jaga atau nerus.
 Lingkungan kerja di rawat inap dan poli juga sangat nyaman.
 Pasien pershift buat poli umum sekitar 5. Maksimal 10 (tapi jarang banget).
 Dokter isip dipercaya udah seperti dokter organik.
 Tugas isip ngerjain pasien poli umum aja sama jaga ruangan perawatan kelas 3, isinya 14 dewasa sama 5 anak.
 Kadang dimintain tolong KIE atau tatalaksana kegawatan di ICU atau kelas 1-2-vip kalo spesialis ga bisa dihubungi.
 Isip ga nulis Soap karena yang ngerjain semua spesialis, kecuali ada kondisi gawat darurat.
 Overall beban kerja tidak berat dan proporsional

.

3. Puskesmas

 Sebenernya tidak boleh dibagi ke puskesmas lain, cuma di Jember atas SK Bupati bisa.
 Di sini ditambahin 2 wahana satelit, jadi ada 3 puskesmas.
 Masing2 puskesmas diisi 1 isip selama 4 bulan. Mini project juga dikerjakan sendiri2.
 Jam kerja 07.30-14.00, dibagi balai pengobatan, lansia, anak, kia, posyandu, igd, dll.
 Umumnya sering mispersepsi karyawan puskesmas dikira kita tugasnya cuma pelayanan padahal harus terjun ke luar.
 Gak ada jaga malem cuma on call tapi bisa advis lewat telepon kalo kapus tidak bisa dihubungi.
 Pasien bp sekitar 60an perhari maksimal 100 tapi jarang..
 Dokter pembimbing baik sekali buat izin izin, risikonya dipotong jaspelnya.
 Jaspel dari puskesmas dapet 950 rb per bulan selama 4 bulan.

.

Kesimpulan

a)Overall cukup santai kok.
b)Spesialis : rata rata baik banget, buat yang ingin ikut o.k bisa izin minta tapi belom ada yang pernah soalnya operasinya jam 10 malem ke atas 🤣 ngajari juga beliau semua, kecuali 1, yaitu namanya yang tidak boleh disebut
c)Dokter pendamping: baik-baik, sangat kooperatif
d)Perawat: baik, kooperatif, menganggap isip sebagai dokter organik juga
e)Pasien dan keluarga pasien : normal umumnya, tapi ada juga yg nyolot atau ngajak berantem tapi jarang, pinter pinter cara menyampaikan aja. Rata2 pasien berbahasa madura, jawa, dan bahasa indonesia.

.

Daerah

a)Lumayan adem. Kos ga pake AC juga tahan
b)Ngamen (jaga klinik), dilarang dinkes
c)Makanan aman, restoran banyak. Cuma kurang hoka-hoka bento aja 🙁 Yoshinoya, McD, KFC, Pizza Hut dan makanan enak lain juga banyak. Harga sekitar 7-15 rb sekali makan.
d)Kost/kontrakan : di dekat RS ada, 500rb buat yang cowok2 yang cewek agak susah. Tadinya mau cari kontrakam cuma ga sempet, mungkin ada di daerah kampus Unej
e)Mall ada 4. Lippo, Transmart, Roxy, Golden Market.
f)Bioskop ada Cinemaxx di Lippo
g)Biaya hidup : standar. Sekitar 2 jt perbulan juga bisa.
h)Wisata: Gak terlalu banyak. Paling cuma Pantai. Sisanya bisa ke Probolinggo, Banyuwangi, atau Bali

.

Kasus:

a)mulai beragam, buat kasus penyakit banyak kok.
b)Kadang2 ada yang setara kasus buat tipe A atau B tapi biasanya dirujuk setelah stabil keadaannya

.

Overall :

kami sepakat bahwa wahana ini SANGAT DIREKOMENDASIKAN

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!