1,485 total views

Periode : September 2018/2019

RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor / PKM Perawatan Pagatan

Daerah: Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

RS tipe C

.

Gambaran Umum

1.Overall rollingan iship sini dibagi menjadi 3.
 Stase IGD,
 Ruangan,
 Puskesmas.
2.Temen2 kelompok baru tau waktu pembekalan.
3.Dr spesialis dsini lumayan lengkap plus disini bisa HD juga. Fasilitas penunjang cukup lengkap.
 Sp. PD ( 2 definitif, 1 wkds)
 Sp. Bedah (4 Bedah Umum
 Sp. ObGin (2 definitif, 1 wkds)
 Sp. Ortho ( cuman skrg lg ambil fellowship)
 Sp. Anestesi 1 orang
 Sp. THT 1 orang
 Sp. Mata 1 orang
 Sp. KK 1 orang
 Sp. Anak ( ada 3 org)
 Sp. BM, drg 1 orang
 Sp. S (neuro) 1 orang
 Sp. KFR (rehab medik) 1 orang
 Sp. Radiologi 1 orang

.

Stase IGD :

 Masuk setiap senin – jumat. Sabtu minggu libur.
 Pembagian jaga:
1.Jaga Pagi (08.00-16.00) tetapi bisa sampai jam 18.00 bahkan lebih lagi, tidak di wajibkan hanya tergantung mau atau tidak,
2.Jaga Malam (20.00-08.00). Tiap jaga iship ada 2 (medik dan trauma/ponek).
 Masing2 ditemenin dr umum defenitif. Jadi ga sendirian kok.
 D igd bisa minta tindakan, tergantung mau atau enggaknya. Tp untuk syarat pemenuhan logbook wajib ya!
 Dr umum nya baik2, kooperatif dan sudah seperti teman.
 Kasus banyak dan bervariatif.
 Di igd, kita dituntut inisiatif dan aktif kalo ada pasien. Jd kita bs kok ngerjain psien dr awal, dn smua dibawah supervisi.
 Bbrp DU ad yg ngelepas seluruhnya sampe konsul2 juga. Intinya tergantung komunikasi kita gimana biar kolaborasinya baik.
 Perawat2 cekatan semua, baik2, menghargai kita sbg dokter iship. tetapi dengan catatan hargai juga mereka sebagaimana mestinya.
 Plusnya:
1.jaga malam, dapat nasi kotak! Lumayan hemat uang makan.
2.Trus kalo stae igd nya pas bulan puasa, dapt jatah sahur/ buka puasa juga

.

Stase Ruangan   

 Masuk tiap hari kecuali hr Minggu. Gaada jaga malam , jam kerja dr 08.00-14.00.
 Ad dibagi 6 bangsal :
1.bangsal Umum,
2.Kelas,
3.Bedah,
4.Interna,
5. Anak,
6.ObGin.
 Bangsal umum biasa pasien isolasi kyk TB, trs pasien Neuro, THT.
 Kalo datang jam berapa sbnrnya itu trgantung kamu lg d bagian apa.
 Kerjaan kita follow up pasien, kerjaan hanpir mirip pas koas wkwkwk.
 Kalo obgin, interna biasa dtg cepet sih. Biasa sblm nulis follow up, kita periksa dlu psiennya.
 Jam 8.00 itu jam visit dr spesialis nya biasa, jd sblm jam 8 yaa kerjaan kita harus ud beres.
 Setelah dpjp visit, kita cuma nglengkapin apa yg belum sperti, resep, surat yang berkaitan misal lembar asesmen , lembar resume,
 kalo ad yg mau dikonsul kita yg nulis dn ngonsul.
 Teknisnya langsung nnt lbh jelas pas ketemu aja hehe.
 Kita istilahnya kayak dr jaga ruangann yg standby dstu.
 Perawat ny baik2 juga, kadang2 ad yg suka bawa makanan, ikut kecipratan wkwkwk.
 Waktu stase obgin atau bedah, kalo minat kesitu, boleh minta ikut OK. Apalagi pas di bedah, minta izin aja ikut OK sm konsulennya hehe.
 Wkt stase bedah juga kdg kita dimintai utk jaga poli.
 terjadang diminta menggantikan visite. kalau yang rajin pasti aman menghadapi semua konsulen, tapi kalau sedikit pemalas gak dapat apa apa kecuali dimarahin
 ada sistem jaga yang beda per juli 2019
a)3 pagi , dan 1 jaga ruangan malam bersama dokter definitif jaga ruangan.
b)2 pagi 1 malam , lalu libur 2 hari

Stase PKM:

 Stase surgaaaaa.
 Pkm berjarak skitar 15-20 menit dr rsud.
 Masuk tiap hari kcuali minggu (kalau ada event bisa diminta masuk hari minggu) .
 Oiya di pkm ini kita ada jaga malam wkwkwk krn ada ugd dn bangsalnya.
 Dr umum defiinitif ada 3. D pkm kita jaga sendiri , tetapi dr umum terjadang mendampingi terutama saat ada pasien partus.
 Kalo ada psien mau rujuk atau ranap, telpon dr umum definitif utk konfirmasi.
 Urutan jadwal jaga d pkm :
1)PU (poli umum),
2)MTBS/KIA/Poned ,
3)IGD/RRI,
4)TL (tugas luar),
5)JM (jamal),
6)OFF.
 Jadi nanti tiap org bakal dpt giliran dn jatah yang sama.
 Jam kerja
1)senin- kamis 08.00-15.00 ,
2)jumat sabtu 08.00-14.00, dan tergantung kamu jaga apa.
 Kalo jaga poli, habis poli kelar, lgsg pulang juga bisa.
 Kalo abis TL juga bs lgsg pulang haha.
 Jaga harus stay. Perawat bidan baik2 semuaaaa, kayak keluarga, asal kamu baik juga ya. Sangat menghargai keputusan kita thdp pasien itu.
 Kerja nyantai, beban gaada wkwk, makanan jajanan banyakkk enak2 dn murahhh, dekat pantai dn lingkungan pkm ini lebi ramai pemukiman.
 Kasus bervariatif, tp kalo ud mentok rujuk rsud.
 Tugas: miniproject 1 org 1 KTI.

.

Fasilitas:

1.rumah dinas ada 3.
 2 untuk stase RS( rumah cowok dan cewek beda), 1 di deket puskes.
 Jalan kaki nyampee. Deket. Listrik air bayar sndiri.
 Smua ud lengkap dalamnya.
 Jd kmrn kami nerima rumah dlm keadaan kosong krn baru diadakn waktu periode kami, jd nnt akan dijual ke iship yg mau dateng   biar ga usa repot beli barang lagi (kalau mau sih) Nnt bole dihubungi utk perbendaharaan inventaris
2.Kendaraan:
 3 motor dinas, dan dipinjemin 1 mobil ambulans
 serta ada 1 katana spesial .
 hanya yang spesial yang bisa minjem dari RS.
3.BHD (3.622.500)
4.Insenda ( 2,35jt )
5.Jaspel, uang bpjs tidak ada.
6.Kalo stase igd, pasti dpt jatah makan utk yg jaga malam.

.

Kelebihan:

1.Orang2 ny baik2, ramah dan menghargai kita, kalo komunikasi kita baik pasti enak kok.
2.Kasus bervariatif, bisa belajar dn nambah pengalaman
3.Dr umum dn dr spesialis cukup kooperatif. Mau ngajarin.
4.Bisa nabung! tapi gak bisa nyambi jaga klinik
5.Fasilitas lumayan lengkap
6.Daerahnya ga kota2 bngt dn ga kampung2 bgt. Ada kfc, dumdum, supermarket yg harganya lumayan murah, cafe2 mayan banyak.
7.Wisata pantai bisaa bagi yg mo hilangin penat. Walau airny kagak biru wkwkwk.

.

Kekurangan:

1.rsud nya hampir setengah jam dr kota batulicin, jd suasana disini sunyi dn gelap bgt kl ud malem. Both rs atau pkm jauh dr kota batulicin.
2.Minim hiburan. Kalo mau ngemall dn merasakan suasana kota besar, jalan2nya ke banjarmasin. Kalo mau ke banjar bisa naik pesawat setengah jam aja (450 ribu), atau biar hemat naik travel sekitar 6 jam-an (150 ribu). makasar pesawat (500-600 ribu)
3.Makanan agak mahal. Saran: masak sendiri biar hemat. Hrga bahan pokok d pasar hampir sama kayk di indonesia bag. Barat.
4.Gaada kendaraan umum. Jadi kemana2 hrus punya transport.

.

Kesimpulan

1.Enak tidak enaknya wahana tersebut juga trgantung teman2 sekelompok. Kalo temen2nya seru dn bs diajak kerjasama pasti enjoyy aja kokk.
2.Overall, Wahana ini di REKOMENDASIKAN ! , kalau niat kerja santai wahana ini gak tepat , yg mau nabung pasti bisa banget,bs dpt bnyk kasus, kalo yg mau liburan jangan kesini wkwkwk, izin liburnya susah susah gampang.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!