1,183 total views

Review

Periode Oktober 2019-Agustus 2020

RS Islam Bontang

PKM Bontang Barat

.

A.Jumlah kami 8 orang. Pembagiannya :
3 IGD (RS)
3 IRNA (RS)
2 PKM
B.Kami hanya 10 bulan karna pandemic covid

.

1. Untuk RS dibagi jadi 2, IGD dan IRNA.

a. IGD (RS) pendampingnya dr. Sitti Maisyaroh

 Sistem jaga :
 4 hari masuk, 2 hari libur. (Tgl merah dan hari minggu ttp msk menyesuaikan siklus jaga).
 Jaganya PAGI-SORE-MALAM.
a)Siklus jaga untuk hari senin rabu dan jumat hanya diisi jadwal isip SORE dan MALAM.
b)Siklus jaga Selasa Kamis dan Sabtu jadwal diisi isip PAGI dan SORE.
c)Khusus untuk hari minggu diisi isip PAGI dan MALAM.
d)Jaganya nanti 1 isip 1 dokter definitif.
e)Jaga pagi (07.00-15.00), Jaga sore (15.00-22.00), Jaga Malam (22.00-07.00).
f)Jadwal jaga IGD yang bikin isip sendiri nanti di konsulkan dan di Acc oleh dokter pendamping IGD.
 Kepala IRNA dr hesty. Kepala IGD dr. Erka
 IGD jumlah Bed 6. Kasus bervariasi.
 1 shift biasanya paling sedikit 5 pasien, pernah 0 juga. Tapi sekalinya banyak 1 shift bisa sampai 30 pasien.
 Tindakan dibebaskan mau ngapain aja, paling banyak tindakan (infus, hecting, keteter, ekstraksi kuku, spooling, ekstraksi benda asing, sirkumsisi, NGT, kecuali intubasi, partus).
 Mereka disana menghargai kita sebagai dokter, dibantu  jg klo kita msh bingung sistemnya kaya sistem pasien perusahaan, bpjs dan umum. Intinya byk nanya aja sm perawatnya gk apa2 kok.
 Dimudahin bgt lah pokoknya klo masalah target tugas dan tindakan buat ngisi logbook borang.
 Trs masalah lapsus. Klo rs lain kan 5 kali ya. Kami cmn 1 kali aja lapsus. Sisanya tulis aja di borang gpp. Yg penting maju 1 aja udh cukup.
 Perihal merujuk pasien dari IGD biasanya kita ngerujuk ke RSUD/RS PKT, ga ada di dua RS itu ke RS Kudungga, kalau masih tetep tdk bisa ke RSUD AWS Samarinda.
 Ngerujuk keluar kota dapet ceperan 300rb lumayan kan buat makan hehe. Kalau nanya siapa yg ngerujuk biasanya isip hrs ngerujuk, kalau bukan pasien isipnya yg jaga wajib operan sama dokter definitif yg megang pasiennya.
 Kalau ngerujuk pas waktu tidak ada isip yg jaga biasanya dimintakan tolong buat ngerujuk tetep jadi harus ada yang standby meskipun lagi libur gak jaga, terserah kalian mau diatur bagaimana biar yg libur tetep dapet libur.

.

b. Bangsal/Ranap (pendampingnya dr. Endang)

 Ruangannga ada perawatan kelas 3, utama, Isolasi, VIP, HCU(High Care Unit), MBCU (Mother and Baby Care Unit)/VK.
 Siklus jaga : 4 hari jaga PAGI, 2 hari jaga SORE
 Jadwal Jaga cuman pagi sama sore, pagi jam 07.00 – 14.00, sore jam 14.00 – 21.00.
 Karna pembagiannya 3 org di ruangan nanti shiftnya shift pagi 2 orang (dibagi divisi 1 isip pegang devisi Penyakit Dalam dan Saraf, 1 org lagi pegang devisi Anak dan bedah.
 Pasien sisanya selain 4 tadi kesepakatan pembagiannya mw gmn).
 1 orang shift sore start jam 2 siang smpai jam malam (jaga seluruh ruangan, ga ush followup, tp tanyakan jk ada pasien kritis yg perlu observasi ketat)
 Jobdesknya sih simple aja klo bangsal tuh.
a)Pertama ikut aplusan keliling di VK dlu bareng bidan2 pas pergantian shift. Krn kalian staynya di VK atau HCU. Klo ruangan ranap lain itu on call kalau ada pasien gawat aja.
b)Nah stlh keliling vk kelar. Lanjut keliling ruangan, liat2 status pasien di tiap ruangan. Tanya ke kakak perawatnya “ada yg observasi gak kak?” Biar kalian bisa siap2 dan udh tau pasiennya ketika tiba2 di on call gawat. Sekarang ruangan HCU sudah mulai agak rame karna sudah ada dokter jantungnya.
 Untuk yg shift pagi. Wajib followup dan tulis di rekam medis. Konsulen biasanya yang datang pagi dokter anak sama dokter penyakit dalam. Sisanya biasanya sore.
 Followup sesuai kebagian devisinya apa pas waktu itu. Jam 08.00 sudah harus kelar SOAP ya trs nunggu dpjp.
 Khusus shift pagi ya ngikutin dokter visit. Ntr kalian liat terapi kalian yg kalian tulis pagi sekalian follup itu ada tambahan atau engga, jadi pasien itu kalian pegang 4 harian, sisanya dua hari yg jaga sore kalian stay di kamar VK dibawah, sekali kali ngecek muter ke ruangan ditakutkan ada pasien yg harus di observasi berkala ya.
 Rujuk sama kaya Pasien IGD kalau keluar bontang dapet 300 rb. Dikasih pas nanti mau berangkat ke RS tujuan, biasanya yg dampingin perawatnya 2 orangan.
 Krg lebih perjalanan 2-3 jam ke AWS Samarinda, kalau ke Kudungga cuman 1 jam aja cuman jalannya aduhai lumayan. Yg jelas dalam kota ga dapet fee

.

c. PKM Bontang Barat (pendampingnya dr. Johanes)

 Jam kerja senin-sabtu.
a)Senin-kamis (07.30-14.30),
b)jumat (07.30-11.30),
c)sabtu (07.30-14.00)
 Khusus hari Senin sebelum pelayanan ada apel, dan ada poli sore. Tapi biasanya sih selain senin bisa datang jam 8an dan pulang sekitar jam 1 kecuali ada tambahan pertemuan/minlok.
 PKM dibagi 2 stase: UKP dan UKM.
 UKP kerjanya di poli dewasa dan anak. Bisa juga diperbantukan ke poli TB, imunisasi, KIA, dan Gizi .
 UKM kerjanya di posyandu balita, lansia, bisa diperbantukan ke pemeriksaan kesehatan di sekolah2, imunisasi di sekolah2, penyuluhan, prolanis.
 Pembimbingnya baik. Tapi karena lagi covid ukm agak berkurang jadi gak sefull yg tahun sebelumnya.
 Untuk tindakan dibebasin mau exolore apa aja, baik2 semua pada mau bantu.
 Untuk Miniproject biasanya sudah didiskusikan sejak bulan pertama karena waktu di pkm yg hanya 4 bulan.
 Tambahan penghasilan jadi P3K atau tim medis untuk suatu acara, tim medis upacara,dll cuan tergantung pihak penyelenggara, kadang dapat kadang tidak.
 Untuk insenda di rapel 2-3 bulan tapi pasti cair kok (sebulan ±1.5 tergantung)

.

Fasilitas:

1.Fasilitas rumah dinas (-), kendaraan dinas (-).
 Kemarin kami di sediakan rumah dinas hanya 1 bulan.
 Buat yang asalnya bukan dari bontang, kami sangat menyarankan punya rumah dan kendaraan sendiri, terlebih di bontang tidak ada angkutan umum yang punya jadwal dan trayek tetap.
 Tapi sudah ada grab.
2.Kost : bnyk kost di dkt RS (wilayah HOP 5/ HOP 6) lingkungan nyaman, harga variatif tergantung fasilitas 750-1,5 jt .
3.Lokasi rs di pusat kota, dkt dgn terminal atau P.O bis.

.

Insenda/insentif

1.RS:
 sejak iship angkatan I hingga kami angkatan III dapat insentif 1,5jt/bulan dan biasanya dibayar di akhir bulan sesuai gajian pegawai RS antara tanggal 28/29.
 Total 8 kali tambahan insentif.
 Tidak pernah telat kalau insentif dari rumah sakit

.

2.PKM:
 sistem pembayarannya dirapel per 3 bulan,
 untuk perhitungan gajinya berdasarkan hari kerja, jadi kalau ada yg ditugaskan di hari libur biasanya juga dihitung, sedangkan jumlah besarannya karena belum masuk ke rekening maka belum bisa dipastikan.
 Nominalnya kisaran perbulan 1.4-1.5 juta sudah dipotong pajak (tpi jgn terlalu berharap turun cepet ya) bisanya turunnya lama.

.

Hiburan:

1.Kota bontang biaya hidupnya relatif agak mahal. Sekali makan paling murah 15 rb.
2.Mall hanya ada ramayana. Tempat makan franchise gitu ada richesse factory, kfc.
3.Wisata alam bisa ke pulau beras basah, pulau segajah, bisa snorkling juga.
4.Untuk kota besar yg banyak Mall dan bioskop bisa ke Samarinda atau Balikpapan.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!