392 total views

Review Wahana RS Kristen Ngesti Waluyo

Jl. Pahlawan, Jubug, Wanutengah, Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Internsip periode Agustus 2020

.

Wahana

1.RSK Ngesti Waluyo Parakan
2.Puskesmas Ngadirejo

.

Jumlah Internship total 21 (kloter sebelumnya 5)

Stase (mungkin akan diganti buat sistem perputaran stase tahun 2020) 4 bulan di IGD RSK, 4 bulan di Bangsal, 4 bulan di PKM

.

Profil Singkat RSK

RSK (Rumah Sakit Kristen) Ngesti Waluyo Parakan itu RS Tipe C rasa tipe B, pasien sampai ke kabupaten sebelah datang ke RSK.
RSK merupakan RS naungan yayasan Yakkum (Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum). Penggunaan atribut keagamaan (jilbab, udeng dll) untuk isip diperbolehkan
RSK menerima pasien Umum dan BPJS
Dokter Umum saat ini ada 7 Full Timer, 4 Part Timer
Dokter Spesialis (Full Timer) Sp.PD, Sp.B, Sp.A, Sp.OG, Sp.An, Sp.S, Sp.Rad.
Dokter Spesialis (Part Timer) Sp.PD, Sp.B, Sp.A, SpOG, Sp.An, Sp.N, Sp.JP, Sp.M, Sp.THT, Sp.KK, Sp.KJ, Sp.OT, Sp.U, Sp.KFR, Sp.PK, Sp.Ort (drg.)
Lingkungan Kerja: daerah jawa yang salah satunya termasuk masyakarat yang jawa halus. Konsulen sebagian besar baik, akan mengajarkan jika bertanya dengan baik
GP sangat baik, friendly, masih muda-muda, berasa kayak teman sendiri. Sebagian besar perawat dan bidan baik.
Dokter Internsip diperlakukan sama dengan DU pada umumnya
Kasus: Bervariasi karena banyak pasien yang datang dari jauh-jauh (sampai dari kabupaten sebelah) untuk berobat di RSK, Kasus banyak pasien stroke (ada Stroke Corner di RSK) dan pasien-pasien KLL.
Kasus tindakan banyak terutama pasien KLL (jahit luka biasanya), untuk tindakan lain seperti pungsi dan injeksi intraartikular dapat nempel ke Spesialisnya ntar dikasih kok harusnya. RJP banyak.
Tugas: Kasus besar dengan spesialis 1, kasus kecil dengan pembimbing masing-masing 2 (total 5 kasus di RS) + borang online.
Jadwal Jaga dibuat oleh internsip tinggal nanti dikirim ke pembimbing asal tau diri bikin jadwalnya (libur berturut-turut sekitar 4-5 hari aja) dapat tuker jadwal sendiri dengan teman.

STASE RS-IGD

Jam Kerja IGD RSK : buka setiap hari
Jadwal jaga: Masuk setiap hari, dibagi 3 shift (rotasi shift sama dengan DU) : Shift pagi (07.00-14.00), shift sore (14.00-21.00), shift malam (21.00-07.00)
Urutan jadwal jaga dapat diatur sendiri
Shift pagi dan sore masing-masing 2 isip, 1 DU IGD, 1 DU Poli-Bangsal
Shift malam 1 isip 1 DU IGD-Bangsal
DU tidak meninggalkan isip kerja sendiri banting tulang (untuk tidur atau cabut misalnya) saat dinas.
Kamar jaga isip dapet ruangan sendiri, bisa jadi tempat makan hingga tidur.
Shift malam tergantung amal ibadah untuk jumlah pasien
Tindakan banyak di IGD untuk jahit luka, infus, kateter, ngt, bedah minor.
Sebelum COVID-19 menyerang  Bed IGD ada sekitar 8 (lokasi di dalam semua). Untuk pemeriksaan awal hingga PF kita yang menentukan, diagnosis kalau bingung dapat ditanya ke DUnya, tatalaksana kita dapat mengajukan jika dirasa butuh. DU terbuka untuk diskusi mengenai diagnosis, kebutuhan PP hingga tatalaksana. Jumlah pasien per shift bisa mencapai 20-30 kasus, kalau malam bisa 10 kasus.
Setelah COVID-19 menyerang  IGD terbagi menjadi 2 ruangan, IGD dalam dan ruang isolasi IGD. Pasien isolasi umumnya diperiksa oleh DU.
APD yg dipake DU dan isip di IGD sama (skoret/gown, surgical mask, cap, faceshield/google) (untuk penggunaan N95/KN95 diserahkan kembali ke masing-masing jika dirasa butuh boleh menggunakan sembari jaga.

.

STASE RS – BANGSAL

Jadwal jaga: Masuk setiap hari, dibagi 3 shift (rotasi shift sama dengan DU) : Shift pagi (07.00-14.00), shift sore (14.00-21.00), shift malam (21.00-07.00)
Tidak ada dokter bangsal tetap, jika terdapat keluhan atau kondisi pasien memburuk dapat langsung berkonsultasi dengan Spesialis atau menghubungi DU
Urutan jadwal jaga dapat diatur sendiri
Shift pagi dan sore masing-masing 2 isip, 1 DU merangkap Poli-Bangsal
Shift malam 1 isip 1 DU IGD-Bangsal
Kamar jaga isip ada di pojokan ICU (sambil tidur sambil dengerin suara tut-tut-tut monitor).
Shift malam tergantung amal ibadah untuk jumlah dan kegawatan pasien bangsal (dan amal ibadah shift jaga IGD)
Pekerjaan mengcover semua ruangan yang membutuhkan selain IGD [Bangsal umum ada 5 (skrg tinggal 4 + stroke corner ec 1 dijadikan bangsal isolasi), HD, OK, VK, ICU, Kamar Bayi, Bangsal Kebidanan]
Dokter isip = perpanjangan tangan DU. Jika ingin memberikan advis apapun wajib konsultasi dengan DU terlebih dahulu. Kewenangan intervensi penanganan pasien secara mandiri tidak diperbolehkan (ingin memberikan paracetamol atau pemasangan ngt/dc/oksigen harus seizin DPJP ataupun DU).
Observasi pasien bangsal (yang membutuhkan), hingga melengkapi berkas rekam medis pasien. Hari-hari biasa pasien divisit oleh Sp langsung, jika mau ikut monggo.
Hari minggu visite bareng DU. Jika ada kasus gawat, perawat akan telp dari ruangan ke DU (atau isipnya yang telp ke DU juga bisa).
APD yg dipake isip di bangsal (skoret/gown, surgical mask, cap, faceshield/google) (untuk penggunaan N95/KN95 diserahkan kembali ke masing-masing jika dirasa butuh boleh menggunakan sembari jaga.
Hanya memegang bangsal dkknya, tidak membuka poli umum dan tidak wajib mengekori salah satu Sp dari pagi sampai malam. (sibuk atau tidak tergantung amal ibadah)
Setiap senin-sabtu (walaupun tanggal merah) memeriksa pasien HD dan mengisi berkas di HD, nanti Sp akan datang konfimasi dan ttd. Jadwal HD pagi pukul 7, sore pukul 13
Tindakan dapat diambil di OK (untuk bedah minor, jahit, kateter kadang-kadang).
Tindakan lain disarankan di PKM dan IGD aja.

.

PROFIL dan STASE PKM

PKM Ngadirejo merupakan salah satu PKM di Kecamatan Ngadirejo (satu lagi PKM Banjarsari). DU definitif ada 2 + 1 DU BLU.
PKM Ngadirejo  PKM rawat inap (rasa kayak RS)
Jarak PKM sekitar 8-9 km dari RS, bisa PP dari kosan di dekat RS jika punya kendaraan (kalau tidak bisa menggunakan kopaja/minibus). Jalanan banyak kendaraan besar dan ngebut.
Jam kerja PKM Senin-Sabtu. Jam kerja: 07.30-14.00, apel pukul 07.30 (ditiadakan saat ada COVID-19), pelayanan mulai pukul 08.00.
Isip wajib mengisi BP (poli umum) dan poli ISPA (ada karena COVID-19 menyerang) saat jaga pagi
Jaga IGD dan visite 1 orang yang sama (dapat lebih, dapat dipegang oleh DU saat pagi menyesuaikan situasi ya)
Ruangan lain yang dapat diisi  imunisasi, MTBS, KIA, KB, TB
Jaga sore di IGD jam 14.00-20.00 (sesuai pertukaran jam perawat juga), malam oncall.
UKM banyak banget disini, masing-masing isip memegang desa (bisa dapet 1 hingga 2 desa), total desa ada 11. Kegiatan UKM bervariasi ada yang pagi ada yang sore
Lingkungan pekerjaan untuk DU, perawat, bidan, staf lain cukup baik
Isip dianggap menjadi staf PKM (makan dan perlakuan lainnya kurang lebih sama)
Jumlah pasien BP 90-120/hari, setelah COVID-19 turun hingga 40-60 (bisa 30), IGD 0-5/shift. Sekarang sudah normal jadi pasien IGD mulai banyak lagi (bisa 10 per shift)
Kasus banyak dan bervariatif dari kasus medik (nyeri perut habis makan pedes, batuk pilek, diare dll hingga syok etc, STEMI, DOA, aritmia, CKB, Stroke dll) kadang dapet kasus visum juga. Kasus yang selalu ada tiap jaga  Bedah (antara KLL, kena celurit pas kerja, kena cangkul, jatuh di sawah, jatuh di tebing dsb)
Tindakan pasti ada dari infus, jahit, bedah minor, partus pasti ada
Tugas  Miniproject dan kelengkapan borang
Diusahakan membawa kendaraan pribadi jika punya (motor maupun mobil), jika tidak minimal bisa mengendarai motor untuk keperluan UKM (dan jalan-jalan)

.

Nilai Plus Wahana

1.Tiga pembimbing semuanya baik-baik bahkan cenderung memperhatikan isip. Ketiga pembimbing cukup strict dengan aturan dari PIDI (positif atau negatif tergantung pandangan masing-masing)
2.DU di RSK maupun PKM cukup friendly dan gampang diajak komunikasi (kadang diajak main ke rumah atau bahkan jalan-jalan bareng ke kota sebelah atau alam)
3.Lingkungan kerja selayaknya lingkungan jawa umumnys  halus, baik-baik dst.
4.Temanggung terutama daerah Parakan-Ngadirejo sangat dingin (subuh-pagi) atau sangat panas (siang), letak kabupaten persis diantara 2 gunung gede (Sumbing dan Sindoro) pemandangannya bagus banget btw.
5.Akses ke kota sebelah gampang, jika yang domisili dari pulau jawa bisa bawa kendaraan ke sini (jadi kalo mau main ke kota sebelah gampang).
6.Dari Semarang/Jogja sekitar 2-3 jam dengan mobil/bus.
7.Tempat wisata alam banyak (gunung, bukit, air terjun dll, gaada pantai ya ec area pergunungan), kuliner kurang bervariatif tapi kalau ke kota sebelah banyak, gym ada, mall gaada tapi ada bioskop mini (cukup update)
8.Disediakan rumah dinas untuk laki dan perempuan tapi untuk kloter selanjutnya gatau. Jika ingin di tempat lain ada rusunawa (sekitar 600-700m dari RS) harga per bulan sekitar 150k kalo gasalah (bisa muat 2 orang) tapi rusunawa khusus yang belum menikah ya
9.Awalnya ada rumah dinas di dekat puskesmas juga namun tidak kita tempati jadi dialokasikan untuk karyawan PKM.
10.Warga sekitar / karyawan RS-PKM beberapa mempunyai fasilitas yang bisa disewa seperti kosan, mobil etc.

.

Nilai Minus Wahana

1.Tidak dapat melakukan penanganan pasien apapun secara mandiri di RS, semuanya tetap seizin DPJP dan DU (nilai plus atau minus tergantung masing-masing individu)
2.Gosip dan friksi-friksi dengan staf setempat tentu saja akan selalu ada
3.Beberapa oknum di wahana yang cenderung kurang ramah juga ada (dan disemua wahana pasti ada yang kayak gitu)
4.Bahasa yang digunakan oleh sepuh sebagian besar hanya bisa bahasa jawa jadi akan terjadi kesulitan berkomunikasi bagi orang yang tidak bisa berbahasa jawa (namun perawat atau staf lain akan membantu jika terjadi kesulitan)
5.Pengobatan herbal/sangkal putung disini cenderung banyak dan masyarakat juga cenderung kesana baru ke RS/PKM kalo udah parah

.

Finansial

1.Tidak ada Jaspel
2.Tidak dapat insentif rumah sakit, puskesmas, daerah, provinsi ataupun insentif COVID
3.Bantuan Biaya Hidup/BBH flat 3.150.000 tapi cukup untuk menabung jika tidak main-main ke luar kota

.

Skor Wahana Akumulatif 7.7/10 (RECOMMENDED)

Review dapat berubah sewaktu-waktu sesuai keinginan isip

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!