1,092 total views

review internsip Tolitoli, Sulawesi Tengah.

.

Perawatan :

 Terdiri dari 4 stase.
 Interna, bedah, obsgyn, pediatri.
 Interna :
a)1 dokter spesialis, 1 PGDS sampai bulan juli, ada asisten 1.
b)Datang jam 8, pulang selesai tulis status dan visit, sekitar jam12 tergantung jumlah pasien.
c)Tidak ada jaga malam. Hari minggu libur.
d)Isip dipercayakan untuk visite sendiri, mendiagnosa, order lab dan memberi terapi, dianggap seperti dokter junior bukan koas.
 Bedah :
a)1 dokter spesialis, 1 asisten.
b)Datang jam 07:00 pagi, pulang setelah selesai operasi (wajib ikut) dan setelah dokter spesialisnya pulang sekitaran jam 16:00).
c)Datang pagi visite, ikut poli, kemudian naik operasi. Isip dipercayakan tulis status dan resep mengikuti asisten yang mengsupervisi.
d)Hari minggu masuk. Tidak ada jaga malam namun wajib ikut operasi cito.
e)Masuk mulai hari minggu setelah melapor masuk bedah hingga hari minggu setelah melapor keluar.
 Obsgyn :
a)1 dokter spesialis, 1 PGDS sampai bulan november, dan asisten 1.
b)Datang jam 08:00 pagi, visite ruangan mengikuti dokter spesialis atau asisten, namun bisa juga dipercaya untuk visite dan menangani pasien dengan supervisi dokter spesialis dan asisten.
c)Ada jaga malam bergantian dengan asisten (sistem Jaga-libur-jaga-libur atau jaga-jaga-libur-libur sesuai selera).
d)WAJIB ikut operasi (dipercaya jadi asisten operasi) ataupun tindakan seperti kuret dan vakum di ruang bersalin.
e)Supervisor baik, mengajarkan BILA kita proaktif.
f)Selesai stase minimal harus visa kuret dan vakum sendiri.
g)Pasien baru dilaporkan pada dokter jaga malam. Hari minggu masuk.
h)Obgyn susahnya kita jaga 24 jam. Ini pintar2nya kita dekat dgn bidan. Jdi setiap ada kasus bagus bidan telp kita duluan spy klo dpjp datang, kita “dilihat” ada.
i)Obgyn klo cito malam kita wajib ada apalagi klo pas jadwal jaganya kita. Tpi klo SC bertabrakan dgn misalnya ada partus normal atau vakum, kita lebih diutamakan ke partus vakum daripada SC.
 Pediatri :
a)1 dokter spesialis, 1 asisten.
b)Datang pukul 07.00 untuk visit dan tulis status, kemudian visit kembali dengan supervisor, bantu poli (terutama jadwal imunisasi per 2 minggu hari rabu) dan tangkap bayi jika ada operasi sectio.
c)Pulang setelah selesai visit sekitar jam 13:00-12:00.
d)Tidak ada jaga malam, ada pasien baru dilaporkan ke dr.asisten dan supervisor.
e)Hari minggu masuk.
 Selain itu ada juga dokter-dokter bidang spesialis lain seperti neurologi (dokter spesialis), Kulit (dokter spesialis), Mata (dokter spesialis), Jantung (PPDS), Jiwa (PPDS), dan THT-KL (PPDS) yang baik dan selalu siap mengajari.

.

UGD :

 Dapat siklus shift Pagi-Pagi-Sore-Sore-Libur.
 Ada jaga malam KALAU dokter umum sedang sedikit tp sangat jarang.
 Jaga selalu didampingi dokter umum yang siap membimbing.
 Dipercayakan untuk mendiagnosa dan memberikan terapi maupun memutuskan untuk rawat inap ataupun rawat jalan oleh dokter umum yang jaga.
 Ada morning report diambil dari kasus-kasus menarik yang ada di rumah sakit, dibimbing oleh dokter spesialis.
 Tidak dipersulit apabila ingin izin. Bila ingin izin melapor ke pendamping (dan supervisor di perawatan) serta direktur RS.

.

Puskesmas :

 Poli dari jam 08.00-sehabisnya pasien (sekitar jam 11:00-12:00).
 Jaga UGD siklus Pagi-Malam-Libur, bergiliran dengan teman lain serta pendamping dan dokter umum yang ada di PKM.
 Tugasnya dari jaga IGD, visite, ikut kegiatan Posyandu dan Posbindu, isi poli usila, umum, dan MTBS.
 2 dokter umum, baik. Tidak dipersulit apabila ingin izin.

.

Kesimpulan

1.Overall semua dokter senior, perawat, bidan dan staff RS/PKM semua baik. Kami sangat dihargai sebagai dokter bukan sebagai koas atau pesuruh dan tidak pernah dianggap remeh. Kalian sopan, mereka pasti sayang.
2.Terus, masalah uang yg diterima. Dulu iship msih dpat uang jaga igd dgn jasmed. Skrg sdh tdk krn dokter igd so banyak. Iship dpat klo dia jaga sendiri, itu terjadi klo dokter kurang. Tpi skrg so tdk mungkin sih. Hehe. Jdi sangat kecil kemungkinan dpat jasmed dgn uang jata di IGD.
3.Insenda (+) diambil dari BLUD Rumah Sakit, diterima per bulan, jumlah tergantung peserta PIDI krn setiap tahun perubah. Di angkatan kami 1.5jt/bulan jadi total didpat perbulan klo dgn BHD 5jta/bulan
4.Kl soal tugas yang susah di perawatan hanya bedah dgn obgyn. Bedah susahnya karena biasa kita datang pagi selesai sore. Cito malam Jarang terjadi. Kalo obgyn intinya harus bertanggung jawab terhadap pasien jadi masalah pelaporan dan pemantauan pasien harus tepat. Akan banyak ilmu yang didapat apabila aktif, kami dipercayakan pegang pasien tapi tetap dalam pengawasan. Sangat cocok untuk yang ingin menambah pengalaman, belajar untuk mempersiapkan masuk PPDS. Overall kami tidak bermasalah dengan semua orang yang kami temui namun ada beberapa ketidakpuasan dengan dinkes saja.
5.Hiburan : Tolitoli banyak tempat wisata alam. Wisata laut termasuk snorkling dan diving. Mall (-) karena masih kabupaten. Tempat nongkrong lumayan banyak. Kalau dokternya pandai bergaul pasti akan jelajahi Tolitoli yang kaya alam.
6.Rumah Dinas (+) di dalam Puskesmas. Rumah dinas keadaan baru (selesai Januari 2020) dengan fasilitas sebagian terisi termasuk 2 buah tempat tidur spring bed serta bantalnya yang diberi oleh dinkes dan barang-barang kami yang akan ditinggal sebagian karena rumah dinas yang ini sudah dijanjikan untuk isip-isip seterusnya. 3 Kamar, 2 WC (1 WC dalam), 1 dapur, 1 kamar keluarga, 1 kamar tamu. luas (muat hingga sekitar 5 orang jika diperlukan). Free-WIFI (+), AC (-) Air (+) jernih kencang kecuali setelah hujan besar sering mati air dan keruh untuk beberapa saat, listrik (+). Kompor gas (-), peralatan makan dll (-). Dekat  dengan taman kota otomatis makanan dan hiburan dekat, laundry, tempat main futsal, dll. Rumah dinas yang lama sempat diberi di daerah Tuweley namun dimasuki pencuri (selalu hati2) kemudian dipindah setelah kejadian. Kendaraan dinas sempat dijanjikan namun tidak diberi sampai akhir.
7.Makanan: Mencari makan tidak susah, harga terjangkau, makanan enak. Rata-rata ikan bakar dan ayam goreng lalapan (halal) namun banyak variasi lainnya seperti mie ayam, ambal, bahkan non-halal. Makanan bisa seharga Rp5000 (Nasi kuning),sehari-hari pengeluaran makanan rata-rata Rp.10.000-20.000/makan, makanan >Rp30.000 sudah termasuk mewah. Poin ini penting karena bagi yang ingin menabung sangat bisa karena pengeluaran per minggu dapat ditekan sekitar Rp500.000/minggu (jangan terkecoh dengan tempat berpendapatan besar tapi dengan pengeluaran yang besar juga).

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!