637 total views

Review wahana RSU Maguan Husada Pracimantoro

Jalan Raya Giri Belah No.Km.6, Pondok, Suci, Pracimantoro, Wonogiri, jawa Tengah

Internsip Periode : Feb 2020-Nov 2020

.

Wahana

1.RSU Maguan Husada Pracimantoro
2.PKM Pracimantoro 1

.

Review umum :

 Kuota (saat ini gatau tergantung PIDI)
 Regulasi terbagi menjadi 6 bulan RS, 3 bln Pkm (karena Covid)
 Jarak RS-Wonogiri 1 jam, RS-Solo 2 jam, saran bawa kendaraan sendiri soalnya angkutan umum ada tapi jam2 tertentu dan nggak begitu sering. Untuk jalan ke praci dbn baanget, hampir gaada naik turun atau belokan yg curam. Aman walopun agak sepi.
 PKM ada 4: Pracimantoro 1, Pracimantoro 2, Giritontro, Giriwoyo 2
 Tugas yg harus dilengkapi selama di RS:
 Borang, Presentasi kasus ke pendamping aja kmrn karena Pandemi jd cuma 1x presentasi
 Tugas PKM borang dan 1 mini projek per orang
 Bagi yg mau ikut seminar dan pelatihan seperti ATLS/ACLS bisa banget karena semua pembimbing mengijinkan
 Untuk perizinan misal ada keperluan tinggal tuker2 ajaa diatur sama temen2 nya sekelompok yg penting ada yg jaga.

.

Fasilitas :

 Rumah dinas : ada mess, jarak sekitar 1.5km dari RS
 Kendaraan dinas : –
 Insentif: RS 500k/ bulan(tergantung kebijakan), PKM : di Pkm Giriwoyo 2 sm Giritontro selalu dpt makan siang. Giriwoyo 2 full 6 hari dpt makan siang, kl Giritontro Senin-Kamis.
 Lingkungan RS dan PKM cukup kondusif dan bersahabat tergantung cara kita membawa diri yaa.
 biaya makan standart yang 10 ribuan ada tapi sekali makan 40 rb juga adaa hehe
 Hiburan : Wisata alam banyak, terutama pantai disini banyak bangett, ada museum karst juga lumayan buat joging dan jalan2 sore.

.

1. STASE PUSKESMAS

 Jam kerja: 07.00-14.00,sistem rotasi per minggu
 Jaga Poli Umum, UKM, Ranap(hanya Praci 1) Admen, KIA
 Pembimbing: baik, bijaksana. untuk perizinan diperbolehkan asal tidak keterlaluan dan ada alasan yang memang masuk akal. Pmbimbing praci 1 dan 2 dr. Cahyo, orangnya agak kaku hehe kalo pembimbing Giritontro dan Giriwoyo 2 dr. Zaenal orangnya superrr selowww
 Proses perizinan: fleksibel banget
 Skill: lbh baik bisa bahasa jawa, dokter internsip setara dokter umun dan bisa melakukan tindakan sesuai kompetensi dan kemampuan kita
 Dokumen yg dilengkapi peserta: borang pkm + tugas mini project 1 org 1 judul dan ngisi materi kespro, prolanis dan penyuluhan lain saat UKM

.

2. STASE IGD

 Satu kelompok 3-4 orang
 Jam kerja: dibagi 3 shift
a)Pagi 07.00-14.00 (2 orang internsip)
b)Siang 14.00-21.00 (2 orang internsip)
c)Malam 21.00-07.00 (1 orang internsip)
 Jadwal: pas aku kita mengajukan jadwal ke pembimbing trs diatur lg sm beliau tp fleksibel mok
 Proses perizinan: intinya tidak boleh ada shift tanpa Isip, jika ada kepentingan bertukar shift dgn teman sekelompok. bila ada kejadian yang luar biasa (keluarga sakit/meninggal/menikah) diizinkan maksimal 3 hari, selebihnya disuruh mengganti.
 Tanggung jawab selama di IGD: Periksa pasien, boleh menangani sendiri. menulis status IGD secara lengkap, mengusulkan diagnosis dan terapi ke DU Namun kalau sudah dicap mampu biasanya dibebaskan ambil keputusan sendiri. Untuk konsul spesialis pada pasien2 yg gawat atau kita bingung sebaiknya sih dikonsulin langsung ke dpjp.
 Skill: lbh baik bila bisa bahasa jawa, jaga igd skill lbh terlatih utk bekal ACLS, ATLS
 Tambahan penghasilan; insentif 500k/bln (tergantung kebijakan ya)
 Kelebihan: IGD nyaman, adem, masih dibawah pengawasan dokter umum, kasus beragam, perawat baik & membantu.
 Kekurangan: pasien lumayan banyak 10-20an per shift kalo beruntung bisa 30 an lebih soalnya gaada poli umum pasien dan lumayan banyak kasus emergency (jangan terpikirkan karena daerah jauh dari kota dan swasta jadi sepi, lokasi RS strategis karena dilingkungannya hanya satu RS dan jadi rujukan untuk banyak kecamatan lain)
 Keterangan lain:
a)presentasi kasus kecil dari kasus yang menarik bersama dengan yang jaga bangsal, kasus bebas yang penting menarik.
b)DUnya dbn dan percaya sama kita.

.

3. STASE BANGSAL

 Jam kerja:
a)Pagi 07.00-14.00 (2 isip)
b)siang 14.00-21.00 (2 isip)
c)malam 21.00-07.00 (1 isip)
 Tugas: kita hanya memeriksa dan mengisi assesment awal dari pasien baru dibangsal, jadi saat kita jaga kita muter muter semua bangsal untuk mengecek kondisi pasien baru dan assesment awal pasien
 kita juga sebagai orang pertama yang akan dikonsultasi oleh perawat bangsal saat ada pasien gawat atau ada keluhan (kalau lagi aman paling konsul pasien sulit tidur atau mual, disini kita boleh terapi sendiri. tapi kalau lagi jelek dapet pasien kegawatn diruangan kalo bisa minta pendapat DU IGD untuk konsultasi)
 total bangsal 6 bangsal termasuk HCU
 Dokter ranap : gaada 🙂
 Tanggung jawab selama di bangsal: assesment pasien baru, firstgate konsul pasien bangsal saat ada keluhan, ikut visite dokter spesialis
 Skill: bisa minta tindakan, tetapi untuk menambahkan terapi tertentu harus diacc oleh DPJP. Bisa banyak belajar kok di sini.
 Tambahan penghasilan: insentif 500K/bln (tergantung kebijakan yaa tapi)
 Kelebihan: kasus beragam dan lumayan banyak, DPJPnya sering beri bimbingan dan baik banget sama internsip.
 Kewajiban : isi borang, kasus kecil dan besar diatur sendiri aja mau ambil pas rotasi IGD atau bangsal

.

Kesimpulan :

rekomendasi buat yang pengen cari ilmu, mengasah skill tapi dengan cara yang lebih selow + dapet tambahan insentif (jika masih diberikan)

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!