458 total views

REVIEW WAHANA

AMPANA – Kab. Tojo Una-Una (Sulteng)

Periode: Februari 2019-2020

Daerah : Ampana, Kab.Tojo Una-Una, Sulteng

Wahana RS: RSUD Ampana

Wahana Puskesmas : Puskesmas Ampana Timur

Jumlah iship : 9 orang

.

1.Untuk Cari Ilmu, Pengalaman dan Pemahiran (Direkomendasikan) tapi disini malah iship SANGAT diberdayakan :p
2.Untuk Mengumpulkan Pundi2 Uang persiapan Nikah atau lanjut Sekolah (Tidak Direkomendasikan) knp? Lanjut baca sampai selesai..

.

KETERANGAN:

Fasilitas

Rumah dinas :

 Ada, baru periode ini, itupun dipinjam rumah BTN tipe 36 dari pegawai Rs (tapi cuma 1, Laki-laki dan Perempuan serumah , dan kita bersembilan 3 pria ,6 wanita bayangkan kita semua serumah dengan WC yg cm 1 dan 2 Kamar, alhasil ada yg tidur di ruang tengah dengan kasur dan tikar.
 krn WC cma 1 jadinya rutinitas tiap pagi antrian mandi, kadang kalau kehabisan air bisa nyebrang ke mesjid atau lgsung ke Rs buat mandi dgn muka bantal nyuci muka aja gak kebagian air apalagi mandi hehe ..
 disini jg sering mati air apalagi kalau musim hujan, harusnya kalau hujan itu nyenyak tidur kan ? Kalau kami justru was” takut kebanjiran ..jd tiap hujan auto angkt brang ke ruang tengah krna dapur pasti banjir :(.
 Oh iya.. Fasilitas dlm rumah ada Kulkas, Kompor Gas, Perlengkapan dapur, meja makan dll. kurang kipas angin aja krn daerah ampana Sangat Panas hahaha.
 Oh iya disekitar rumdis jaringan telekomunikasi susah yah apalagi jaringan internet. Jadi Wajib pasang Wifi.

Kendaraan dinas :

tdk ada, kami saja kendati kirim kendaraan kesini, apalagi rumdis jauh dri pangkalan ojek, ataupun angkutan umum, jadi agak susah kalau nggk ada kendaraan kalau mau pergi dinas.

.

RS :

1.Insentif RS (Rp.1.000.000/bulan di potong pajak) dirapel, nanti dibayar di akhir kepulangan iship.
2.Jasa pelayanan termasuk jasa BPJS (tdk ada)

.

Puskesmas :

1.Jasa pelayanan termasuk jasa BPJS (tdk ada)
2.Insentif PKM rangkap Insentif Daerah 1juta/bulan (dipotong pajak)
3.Rajin2 turun lapangan utk kegiatan UKM Puskesmas supaya dapat 100rb/tiap kali turun (Note: tergantung kebijakan Kapus dan Bendahara)
4.Penghasilan : BHD Only (Hanya uang ini yg murni digunakan sehari2, jadi pintar2 berhemat gaes)

.

Akses jalan menuju wahana :

1.Utk bisa ke Ampana, Utk perjalanan Darat membutuhkan Waktu 8-10 jam dari Palu dan 3-4 jam dari Luwuk.
2.Utk Pesawat dari Palu – Ampana hanya butuh 50 menit (sementara bandara tutup)
3.ke RSUD Ampana: Jarak dari rumah ke RS sekitar 5 km
4.ke Puskesmas Ampana Timur: Jarak dari rumah ke PKM sekitar 6-7 km.
5.Disekitar rumdis kami jarang ada ojek, becak ataupun angkutan umum, jadi pertimbangkan lagi soal kendaraan.

.

JAM KERJA

Jadwal RSUD Ampana:

1. IGD :

 Utk Shift jaga dibagi 2 shift (12jam) (shift pagi-sore, dan shift malam)
 Bisa 2 kali libur dlm seminggu (tergantung jumlah ishipnya aja)
 Kamar jaga layak (ac, wc didalam, TV), dapat makan pagi dan sore dari dapur.
 Utk jaganya bareng dokter definitif, semuanya baik, bisa di ajak diskusi, kadang ditraktir. meskipun mmg ada oknum dokter yg kadang kami dikasi tinggal jaga sendiri dgn berbagai alasan.
 Utk perawat dan staf di ugd semua baik2, terampil dan cepat tanggap, iship sangat dihargai, di igd rasa kekeluargaannya sangat terasa, jadi tdk akan terbebani jika kerja di ugd, meski pasien banyak hahaha
 Di IGD, kalian sdh jadi dokter yg memeriksa dri anamnesis, hingga rencana terapi, tindakan bedah, kedaruratan dll, konsul ke spesialis, bahkan memasukkan pasien ke ICU (utk ini kalian hrs bisa buat B1-B6 pasien, alasan masuk icu dll krn sp anestesinya pasti responsi, kadang dikasi PR kalau salah melapor wkwk), tambahan jadi dokter jaga ugd + dokter jaga ruangan, kalau ada sc cyto pun kita ikut kalau lagi posisi dokter definitif lagi tdk ada.
 Jaga di UGD kalian siap2 jadi single fighter kalau di tinggalkan dokter definitifnya
 Utk Jumlah pasien terbanyak kami terima 20-30an kalau dpt sepi, pasti sepi pasien, dgn variasi kasus yg banyak, dari kasus medik, bedah, medikolegal hingga kedaruratan, krn RS kami berada dijalan poros dan penghubung dgn 2 kabupaten di sekitarnya.

.

2. Bangsal (rawat inap-poliklinik)

 Stase: Ranap : Interna, Bedah, Saraf, Jiwa, Anak.
 Poli : Jiwa, Saraf, Kulkel, Mata, Bedah dan Interna (jika Sp minta di back up)
 Jam kerja 08.00-14.00
 Tugas:
 Utk di Ranap,
a)semi koas.
b)Tunggu Dokter asisten datang, baru ikut visite. Selesai visite bantu tulis SOAP di RM pasien.
c)Kalau dokter asisten tdk dtg, baru iship visite sendiri.
d)Menunggu spesialis datang utk visite, melapor rencana operasi, konsul dll, dokter spesialisnya semua baik2, suka membimbing, enak diajak diskusi, kami diberikan wewenang utk terapi dan tindakan selama ini sesuai kompetensi, utk terapi spesialistik hrs izin dpjp.
e)Bbrp kadang meminta jadwal iship utk membimbing iship.
 Utk Poli
a)kita buka meja sendiri, periksa pasien sendiri terutama pasien baru.
b)kadang kyk koas, dtg pasien cuma liat spesialis memeriksa.
c)Jika spesialis lagi keluar, iship yg back up poli.
 Spesialis di RS : 2 Sp.B, 1 Sp.A, 2 Sp.OG, 1 Sp.PD, 1 Sp.S, 1 Sp.KJ, 1 Sp.KK, 1 Sp.M, 1 Residen Sp.PK
 Utk kegiatan di RS :
a)Morning report bedah tiap hari jumat khusus iship rotasi IGD, jadi kasus bedah yg didapatkan selama jaga hrs di dokumentasikan dan dibuat MR nya
b)Spesialis anestesi biasa memberikan tugas, dan diskusi tiap hari sabtu
c)Utk kegiatan tersebut fleksibel tergantung jadwal spesialisnya. Kadang di tunda jika jadwal mereka padat.
 Untuk meminta libur, harus jelas alasannya krn dokter pendampingnya sangat bergantung dgn iship (iship hilang sedikit pasti di cari hahaha) dan taat aturan. Kami kalau izin harus buat surat izin yang di ttd oleh dokter pendamping rs.

.

3. Puskesmas

 Jam kerja Puskesmas
 jam 08.00-13.00, ikut apel pagi dan siang.
 Nanti disana buat jadwal bersama dokter tetap PKM utk pembagian tugas utk isi Poli Umum, MTBS, Lansia, KIA-Kamar Bersalin, UGD. Setiap awal bulan ada jadwal turun lapangan utk kegiatan UKM Puskesmas (iship di rekomendasikan ikut utk mengisi kegiatan di borang online)
 Biasanya kita di libatkan utk turun jadi tim medis jika ada kegiatan.
 Tugas: Pelayanan pasien, tindakan minimal, sering dipanggil buat penyuluhan.
 Tugas wajib Puskesmas hanya minipro
 Kasus pasien: standar puskesmas, jika alat dan obat2an tdk memadai pasien di rujuk ke RS
 Utk meminta libur, di puskesmas kita dikasi libur oleh dokter pendamping selama ada iship yg standby di puskesmas. Dokter pendampingnya juga sangat mengerti iship dan super baik.

.

Tenaga medis

 Staff RS/Puskesmas: Baik, ramah, suka ngajak ngobrol, santuy,
 Perawat: Rata-rata udah pengalaman dan sangat terampil. Jadi kita bisa sharing dgn mereka soal tindakan, mereka jg sangat menghargai dan percaya dgn iship.
 Dokter umum: Ramah, baik, ga kaku, suka ngajak jalan, kaya temen banget lah santuy. Terbuka banget kalau mau diskusi kasus
 Dokter spesialis: Sangat memfasilitasi kebutuhan belajar kita kalau kita mau minta dan nanya. Di undang makan jika ada acara.
 Meski ada spesialis yg cukup horror, tapi kan iship udh melewati fase koas, jadi jgn manja dan minder jika di marah atau dikasi tugas haha

.

Budgeting

Biaya hidup:

a. Makanan:

 Lumayan mahal utk makan seporsi biasa hrs siap dana 15-30rb utk kelas warung sari laut, warung makan. Jdi disarankan beli bahan makanan, masak sendiri di rumdis.
 Tempat nongkrong lumayanlah ada cafe, dan warkop disini utk ngilangin stres hehe

B. Tempat wisata:

 Ampana terkenal punya pantai dan pulau yg indah yaitu kepulauan togean, disamping itu banyak wisata alam yg bisa dikunjungi.
 tapi krn jadwal iship padat merayap jadi susah atur waktu utk jalan2 bareng hiks

e. Keamanan dan Warga :

 Utk hampir setahun kami disini, kami tdk ada masalah dgn warga maupun diganggu2.
 Tindakan kriminal disini sedikit, warga2nya juga sopan dan baik2, tdk gampang tersinggung.

.

Overall :

a)Jika ditanya apakah Wahana ini direkomendasikan atau tidak itu tergantung kalian tujuan internsip utk apa.
b)Internsip di wahana ini cukup berat, jadwal padat merayap, pasien banyak, di RS susah dapat izin tergantung kebijakan pendamping, Kerja dan tanggung jawab berat tapi tdk sebanding dgn Jasa yang kami terima.

.

Utk itu kami beri Nilai 5,5/10

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!