1,719 total views

REVIEW DOKTER INTERNSIP KABUPATEN LUWU UTARA, SULAWESI SELATAN

Angkkatan II Periode Mei 2019- Mei 2020,

RSUD ANDI JEMMA MASAMBA

PUSKESMAS SUKAMAJU

.

KABUPATEN LUWU UTARA

1.Kabupaten ini berjarak sekitar 324 km dari Kota Makassar. Dapat ditempuh dengan Bus malam yang nyaman dengan biaya sekitar 200 ribu an dengan waktu sekitar 8-11 jam. Dapat juga dengan pesawat terbang (Wings air, Garuda, Lion air, melalui Bandar Udara Bua, Luwu.).
2.Biaya hidup di sini standar, harga makanan di warung sudah bisa dapat antara 10-30 ribu, itu juga tergantung di pusat kota atau tidak, dan tergantung juga jenis makanannya.
3.Untuk hiburan, umumnya di kabupaten ini, tempat wisata adalah sungai.
4.Di kabupaten ini tidak ada laut. Laut ada, tapi terletak di kabupaten tetangga, yaitu di Kota palopo atau kabupaten Luwu TImur.
5.Tempat hiburan yang ramai, yaitu di Tana Toraja, Danau Matano di Luwu Timur, Kota Palopo. Semuanya terletak di luar kabupaten Luwu Utara. Namun, kabupaten ini terkenal kaya akan buah-buahan, salah satu yang terkenal dikenal sebagai penghasil Durian. Makanan Khas di kabupaten ini adalah Kapurung.
6.Kondisi di sini masih cukup tenang, dan masyarakatnya lumayan baik, yang penting kita selalu menjaga tata krama saling menghargai dan menghormati.
7.Kita mendapatkan insentif dari Kabupaten sebesar 1,5 juta rupiah setiap bulannya (Dinas PKM terima di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten dan dinas di RS terima di RS). Namun kadang tidak langsung cair tiap bulannya seperti BHD.

.

STASE RSUD ANDI JEMMA MASAMBA

 RS tipe C ini punya cukup banyak spesialis, mulai dari 4 bagian besar (Bedah, Obsgyn, Interna, Pediatri) dan 7 bagian kecil (Saraf, Ortopedi, THT-KL, Anestesi, Mata, Radiologi, Patologi klinik).
 Jadwal dinas dari Senin – Sabtu, libur pada hari Minggu dan tanggal merah.
 Di wahana ini, rumah dinas di sediakan dari rumah sakit dan tempatnya terletak tepat di dalam kompleks RS. Namun, sewaktu-waktu dapat dipindahkan karena adanya perbaikan beberapa rumah dinas lainnya termasuk rumah dinas yang ditempati dokter internsip.
 Untuk detail rumah dinas, kami juga belum tahu seperti apa nantinya. Untuk listrik dan air ditanggung oleh RS, untuk wifi kami bayar pertahun dan akan diteruskan jika dokter insternsip selanjutnya bersedia.

.

1. Perawatan

 Di stase ini, para dokter akan diberikan jadwal untuk stase di tiap bagian, yaitu Bedah, Interna, Obsgyn, Anak, Neuro, THT-KL, Mata, dan Ortopedi. Tugas di tiap bagian secara mendetail berbeda tergantung bagian masing-masing. Tapi secara umum, diawali pada pagi hari dengan melakukan visite pasien, lalu menunggu  dan menemani DPJP untuk visite kembali. Setelah visite, mengikuti DPJP ke poliklinik masing-masing mendampingi DPJP.
 Kalau ingin mengikuti tindakan, seperti operasi bisa dikomunikasikan dengan DPJP nya. DPJP disini sangat baik dan ramah, kalau ada yg tidak dimengerti bisa ditanyakan.
 Stase ini kerjaannya paling mudah, kalau mau ijin, lapor pada DPJP dan dokter pendamping. Budayakan tepat waktu karena semua DPJP disiplin dan baik-baik.
 Untuk soal uang tambahan disini, jasa umumnya di kasih full dan jasa bpjsnya di bagi persen tergantung tiap DPJP (tapi ini sewaktu-waktu bisa berubah sesuai BPJS ataupun DPJP).

.

2. IGD

 Stase ini di bagi menjadi 3 shift jaga 6 x 24jam, yaitu Pagi (08.00-14.00), Sore (14.00-21.00), Malam (21.00-08.00).
 Tiap shift jaga di dampingi oleh 1 dokter definitif UGD.
 Pekerjaan di IGD cukup banyak, dan tugas kalian di IGD itu bekerja secara MANDIRI sama seperti dokter pada umumnya. Mulai dari anamnesis, pemeriksaan fisik dan penunjang, diagnosis, dan terapi sendiri.
 Dokter definitifnya sama sekali tidak mengganggu hak kalian dalam melakukan terapi pasien, tapi kalau masih awal sebaiknya tanyakan dulu ya, soalnya terapi tiap DPJP beda2 terutama utk jenis penggunaan antibiotik.
 Perawat dan dokter IGD nya pro iship sekali loh. Kalian disini SANGAT di hargai sama seperti dokter2 lainnya (tidak dianggap dokter baru) yang penting dari pribadi kita sendiri juga baik dan menghargai mereka. Jadi instruksi aja apaan, pasti perawatnya langsung menindaki.
 Jadwal jaga nya disini diatur oleh dokter internsip sendiri. Terserah mau ngaturnya gimana.
 Kalau mau libur disini gampang sekali, sisa rapelkan jadwal jaga kalian, tapi jangan lupa ijin ke pembimbing ya kemanapun kalian mau pergi ke luar daerah.
 Khusus kondisi pandemi covid, ada pemisahan untuk penerimaan pasien ODP dan PDP. Jadi, saat menerima sisrute dari PKM sebisa mungkin sudah anamnesis riwayat perjalanan ke zona merah maupun kontak.
 Dokter internsip tidak diperkenankan memeriksa di ugd isolasi, kecuali dokter definitif berhalangan hadir, atau pasien luput anamnesis sehigga diterima di ugd-non isolasi. (Sewaktu-waktu ketentuan ini dapat berubah)
 Pendapatan dari sini itu yaitu 100% dari jasa umum pasien igd yang kalian tangani sendiri + 10% dari total pendapatan BPJS rawat inap IGD dan rawat jalan IGD, yang nantinya di dibagi rata sama semua iship yang lagi rotasi UGD.

3. STASE PUSKESMAS SUKAMAJU (Pendamping: dr. Made Agus)

 Puskesmas ini berjarak kurang lebih 22,5 km (20-30 menitan) dari kota Masamba. Terdiri dari pelayanan IGD, poliklinik, poli batuk, dan rawat inap.
 Sebelum covid: Untuk dinas pagi, tugas kami melakukan pelayanan bersama dokter definitif, baik di UGD (8-14), poli umum (8-12), atau turun ke masyarakat (posyandu atau penyuluhan).
 Poli yang lain seperti poli KIA dan MTBS dipegang oleh bidan dan kemudian dikonsul ke poli umum jika butuh penanganan dokter karena jumlah isip di batch kami sedikit, tapi jika berminat utk belajar pasang implan atau IUD kami diperbolehkan ke sana asalkan tidak mengganggu pelayanan di poli umum.
 Pasien poli berkisar antara 60-90 pasien setiap hari, kecuali Jumat dan Sabtu 40-50.
 Sedangkan untuk UGD siang (14-21) dan malam (21-08) diisi oleh dokter definitif/isip yang bertugas untuk jaga (1 orang untuk siang dan malam), jadi saat jadwal kami pada hari itu giliran jaga maka kami diperbolehkan tidak hadir dinas pagi jam 8-14 dan diliburkan 1 hari keesokan harinya setelah jaga (jadwal poli dan jaga dibuat oleh dokter pembimbing,
 jadwal turun UKM isip atur sendiri).
 Saat covid: jadwal dinas pagi dibagi antara poli batuk (08-11) yang melayani pasien ISPA dan pasien dengan riwayat bepergian (1 dokter definitif/isip) dan poli umum (08-11) + UGD pagi (08-14) siang (14-21) malam (21-08) (1 dokter definitif/isip), jadi dalam 1 hari hanya 2 dokter yang bertugas selebihnya libur.
 Jumlah pasien di poli batuk berkisar antara 3-15 pasien, sedangkan di poli umum 20-40 pasien.
 Jadwal poli dan jaga ditentukan oleh dokter pembimbing. UKM ditiadakan selama adanya covid.
 Fasilitas pelayanan mapun obat-obatan di PKM ini lumayan baik disbanding puskesmas pada umumnya, karena PKM ini juga merupakan salah satu puskesmas besar di Luwu Utara dan termasuk PKM percontohan untuk SulSel.
 Untuk jasa medik di PKM, diberikan sepenuhnya ke dokter yang memberikan pelayanan,baik umum ataupun BPJS.

.

Tambahan

1.Masyarakat kecamatan Sukamaju terdiri dari campuran orang asli Luwu, Jawa, dan Bali. Karena daerah ini merupakan daerah transmigrasi. Harga makanan di Sukamaju enak dan murah-murah, berkisar antara 10 -20 ribu. Bahkan ada yang 5 ribu.
2.Akhir kata dari kami, Kabupaten ini cukup jauh dari Kota Makassar, uang jasa mungkin tidak sebanyak kabupaten lain dan fasilitas hiburan/liburan tidak terlalu banyak. Tapi, untuk kenyamanan kerja disini sangat baik dan nyaman.
3.Para mitra kerja kita disini (dokter pendamping, dokter umum, dokter spesialis, perawat, bidan dan staf staf baik RS maupun PKM, sampai kepada pihak pemda) maupun masyarakat pada umumnya sangat baik dan ramah, menghargai kita sebagai dokter yang menolong kita. Terlebih lagi di RS dan PKM, walaupun posisi kita sebagai dokter internship, tapi kita dipercayakan dan dihargai layaknya dokter, sejawat, dan keluarga mereka. Tidak diperlakukan layaknya dokter baru.
4.Karena itu, kami memohon agar rekan-rekan dapat membalas itu semua dengan mengutamakan dan menjaga tata krama yang baik, sopan santun, dan ramah pada masyarakat dan staf disini. Dengan itu pula, mereka akan sangat baik dan menjaga kita disini layaknya keluarga.
5.Detail untuk periode teman-teman sekalian mungkin dapat berbeda dengan yang kami tuliskan disini. Karena itu untuk pastinya, nanti dijalani sendiri yah.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!