933 total views

Review Wahana Internsip Periode Mei 2020-2021

Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan

[RSUD Balangan]

[Puskesmas Paringin kota]

.

Review Umum:

1.Lokasi Geografis :
 +/- 193Km dari kota Banjarmasin
 ±4 jam an naik mobil, mau jalan2 PP sehari pun msh bisa dan jalan relatif bagus karena aspal
 Balangan merupakan kabupaten baru masih 12 tahun, jadi sedang berkembang dengan pesat.
 Daerah tambang batubara dekat PT ADARO.
2.Akses
 mudah dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, seperti angkutan antar kota dan travel, juga ada penyewaan mobil.
 Ada bandara baru 30 menit dr wahana di kabupaten sebelah, sudah aktif tapi harga penerbangannya lebih mahal 2x lipat drpd penerbangan bila dari Banjarmasin/Banjarbaru.
3.Rumah ibadah:
 mesjid/mushola tersebar di sekitar tempat tinggal,
 untuk kapel katolik ada setiap sabtu sore di paringin,
 untuk gereja hari minggu bagi protestan/katolik ada di daerah warukin/tanjung tabalong.

.

KETERANGAN:

1.Fasilitas yang didapatkan:
 Rumah dinas 4 (2 dipuskesmas untuk cewek dan cowok, 2 di dekat RS untuk cewek dan cowok),
 motor dinas 7,
 mobil dinas bisa pinjam ke dinkes jika butuh (biasanya sabtu minggu / libur untuk jalan2).
 Rumah dinas RS di perum pemda, anti mati lampu, karena terhubung dengan genset pusat, keamanan 24jam terjaga satpam, air bersih aman.
 Komplek perumahan bisa untuk lari pagi-sore untuk memenuhi kesehatan jasmani, apalagi untuk menurunkan berat badan.
 Fasilitas rumah: rumah kosong namun banyak barang2 yang siap dinego untuk diturunkan seperti ac, wifi, kulkas dll.
 Rumah dinas puskesmas berada di lingkungan puskesmas. Ke puskesmas tinggal ngesot. Kemana2 dekat. Jadi enak.
2.BHD 3.6jt
3.Insentif daerah: 1,5 juta (+ jaspel puskesmas, kadang dapat jasa untuk kegiatan luar puskesmas).
4.Jasa pelayanan di rs: tidak ada.

Rumah Sakit Umum Daerah Balangan

a)Lokasi : 1,7km masuk dari jalan utama, dikelilingi hutan karet.
b)Lokasi jajan: 2 warung di dalam rs, 3 warung depan rs.
c)Sinyal: Telkomsel paling bagus, tiap bangsal juga ada wifi jadi aman.
d)Lingkungan dan karyawan rumah sakit baik, ramah, bersahabat.
e)Morning report: tidak ada.
f)Tugas perorang: 1 case report wajib (presentasi), 1 case report sunnah (presentasi), 3 case report tertulis (tidak presentasi).

.

IGD:

 Jadwal (fleksibel):
a)PP (08.00-14.00)
b)SS (14.00-21.00)
c)MM(21.00-08.00)
d)LLLL
 Jaga santai, pasien lumayan sedikit, bisa 0-20an paling banyak 1 shift,
 perawat SANGAT baik, friendly, sering makan makan (hatihati timbangan naik),
 jaga ditemani dokter jaga. Dokter jaga baik, sering berbagi ilmu, pro intership,
 tindakan ada juga bila berminat mengerjakan, dihormati sebagai dokter. Kalo dah dipercaya dokter jaga bisa terapi sendiri semuanya.
 Tidur kadang gabung perawat kadang sama dokter jaga tergantung dokter jaganya cewek atau cowok wkwk.
 Sangat direkomendasikan bagi teman2 yang ingin jaga santai, menyenangkan, kekeluargaan, dan menambah ilmu.
 Dokter pembimbing sangat baik, sangat pro intership.

.

BANGSAL (dibagi per dpjp):

 Rotasi
a)Interna 2 org
b)Anak 1 org
c)Obsgyn 1 org
d)Bedah 1 orang
 Job desk :
a)Visite pagi, follow up, nunggu sp. visite  nanti bikin resep & resume & ngisi kajian 24 jam pertama pasien dtg.
b)interna: + ikut poli sampai selesai
c)bedah: + ikut operasi dan dapat diminta mengerjakan tindakan minor bahkan mayor
d)obgyn: + jika selesai visite dapat mengikuti operasi & poli (fleksibel)
 Jasa pelayanan : Tidak ada.
 Orang2 di sekitar :
a)Perawat dan bidan baik & ramah2.
b)Sp baik, suka bagi ilmu, sering kasih bimbingan, dan juga traktiran hehehe.
c)Tidak menyusahkan iship dan yang terpenting menghargai kita sebagai dokter umum.

.

PUSKESMAS PARINGIN KOTA

 Lokasi
a)tepat berada di tengah kota paringin,
b)sangat dekat dengan pasar. Kepleset langsung sampe pasar deh.
c)Hari pasar setiap senin lho gaessss.
 Lingkungan kerja:
a)Kapuskes dokter, sementara ini ada 1 dokter umum ptt dan 1 dokter gigi ptt juga,
b)perawat bidan baik baik, sering acara makan makan dan masak masak, timbangan bisa naik dengan cepat.
 Masuk jam 7.30, apel pagi, setelah itu bersih bersih lingkungan puskesmas.
 Jam pelayanan dalam gedung 8.00-12.00 di Poli Umum, Poli Lansia, MTBS, R. Tindakan/Imunisasi, dan KIA.
 Tugas diluar jam pelayanan 12.00-15.00, Pusling, Penyuluhan, Kelas Ibu hamil, dll.
 Puskemas ada jaga VK/poned (oncall partus), jadwal gantian dibuat sendiri, kalo dapat callingan dari bidan wajib datang salah satu atau sesuai jadwal, ikut menolong partus, kalo perlu dirujuk ya dirujuk.
 Biasanya ada tugas lain di luar puskesmas seperti jaga posko kesehatan, jaga acara jalan santai, pemeriksaan kesehatan, merujuk pasien ke luar kabupaten yang kadang dapat jasa berupa uang.
 Tugas KIDI: 1 minipro/orang.
 Jaspel di dalam puskesmas: tidak ada.

.

Kesimpulan:

1.Wahana yang santai, lingkungan kerja nyaman, masyarakat ramah, dapat ilmu banyak.
2.Hubungan antar staff sangat baik, tekanan kerja rendah.
3.Jalan-jalan saat libur bisa  banget dooong, bahkan bisa jalan2 ke kaltim dan kalteng lewat darat.
4.Makanan banyak pilihan, atau jalan2 kuliner ke kabupaten tetangga seperti barabai, amuntai, dan tanjung juga bisa. Apalagi skrng udh ada grab, indojek, dan sanggamku (gofood-nya balangan), jadiii kalau malas beli sendiri tinggal pesan nanti, sesuai aplikasi ya kak 😉
5.Kesempatan nabung? Bisa banget dong gaes, biaya hidup standar, apalagi kalo masak sendiri, hemat  Bisa nabung kalau ga kebanyakan jajan pentol, nongs di indomart/alfamart/coffee shop, atau belanja2 cantik di warung irma/langganan tiap hari sih ya hihi.
6.Sangat Recommended (white heart)

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!