1,340 total views

Wahana: Hulu Sungai Selatan, Kalsel

RS: RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan

PKM: PKM Negara

Periode : September 2018-September 2019

.

Review umum :

1.Kouta tersedia 15, tapi kami melebihi kouta 16 orang krna ada 1 orang yg dapat dispensasi.
2.Regulasi terbagi 3 kelompok kecil yaitu IGD, Ranap dan Puskesmas
3.Jarak Kandangan-Bandara 3 jam, Kandangan-Banjarmasin 4 jam. Ada travel bus dari Tanjung maupun travel mobil L300 dan avanza dgn kisaran harga 50-120rb tergantung travelnya.
4.PKM Negara berjarak 40km dari kota Kandangan.
5.Tugas yg harus dilengkapi selama di RS:
6.Borang, Portofolio Kegawatdaruratan, Portofolio Bedah, Portofolio Medik, Portofolio Jiwa, dan Portofolio Forensik. Jd masing2 org membuat 5 portofolio dan bisa pilih salah satu buat dipresentasikan. 4 lainnya hanya dibuat dan dikonsulkan ke dokter pembimbing.
7.Tugas PKM borang dan 1 mini projek per orang
8.Bagi yg mau ikut seminar dan pelatihan seperti ATLS/ACLS atau hiperkes disarankan saat rotasi PKM lebih mudah izinnya, untuk RS mungkin bisa jika di IGD, tapi jika di rawat inap belum tentu bisa kecuali kalian mau mengganti hari kalian yg terpakai buat izin.
9.Untuk perizinan lainnya harus selalu konfirmasi pembimbing. Dan sesuai aturan PIDI.

.

Fasilitas :

1.Rumah dinas dapat 2 utk cowo 1 cewe 1 jarak sekitar 3-4 Km dari RS.
2.Rumdin ada 3 kamar, dan masing2 rumdin ada 1 AC, mesin cuci 1, kulkas 1. Untuk listrik dan air dibayar sendiri.
3.Untuk di PKM awalnya di kamar ruang kebidanan, tapi sekarang untuk rotasi terakhir di pindah ke rumdin dekat PKM nya, tapi ga tahu lagi untuk periode berikutnya.
4.Kendaraan dinas :
 1 motor dinas,
 1 mobil katana tapi sekarang sudah rusak dan tidak ada kabar perihal diperbaiki atau tidak oleh pihak RS, sekarang kami dipinjami mobil dinas dokter spesialis disana(tapi belum tahu lagi untuk periode berikutnya)
5.Pendapatan
 Gajih : RS : BHD 3.6juta + insentif 2juta total 5.6juta
 PKM : BHD 3.6juta + insentif 1.5juta total 5.1juta (tapi waktu kami insentif dirapel 4bulan)
 Belum termasuk potong pajak ya 🙂
6.Jasmed/jaspel : jangan berharap ada, walaupun selalu di usahakan ada, karena sekarang sistem billing jadi tidak bisa diklaim utk dokter internsip
7.Uang makan utk ranap dan IGD tidak ada lagi, sekarang langsung dapat snack utk dinas pagi, dan kotakan makan utk dinas malam IGD.
8.Lingkungan RS sebagian besar sangat bersahabat dgn kita, ramah, dan menghormati profesi kita. Begitu juga dgn masyarakat sekitarnya.
9.Biaya makan disini berkisar 10-30rb bisa lebih tergantung masing2, ya kalo mau lebih irit bisa masak sendiri.
10.Hiburan :
 Banyak Cafe buat nongkrong klo bosan di rumdin,
 ada pasar makanan dan baju,
 minimarket lokal juga lumayan banyak,
 ada taman kota untuk olahraga sore atau sekedar beli jajanan,
 ada tempat gym dan futsal juga,
 atm di area RS (BNI, BCA, Mandiri) selain itu juga ada atm bank kalsel,
 banyak tempat wisata yg bisa dikunjungi khususnya wisata alam seperti sungai dan gunung.
 Sinyal 3G/4G ada.

.

1. STASE PUSKESMAS

 Jam kerja: 08.00-14.00, (Sebenarnya biasanya cuma sampai 12.00 aja, atau bisa lebih cepat)
 pukesmas Negara rawat inap ya jadi ada jaga IGD dan visite pagi.
 Pembagiannya 1 org jaga IGD 24 jam tapi yg stand by hanya dari jam 08.00-sampai pelayanan rawat jalan selesai setelah itu on call ya dan visite pagi rawat inap.
 1 org di poli umum, 1 org tugas luar, 1 org di MTBS, 1 org libur ( hal ini berlaku jika kelompok kalian 5 orang)
 Loket pendaftaran poli tutup sampai jam 11.00, jadi klo pasien sudah habis bisa pulang cepat hehe.
 Libur sesuai tanggal merah & cuti bersama (IGD ttp jaga)
 Pembimbing: dr. Yessie (baik, untuk perizinan diperbolehkan asal tidak keterlaluan dan ada alasan yang memang beliau perbolehkan)
 Proses perizinan: sesuai ketentuan PIDI dan insyaAllah dimudahkan jika ada alasan yg tepat.
 Tanggung jawab selaku internsip: 95% (Dokter organik nya bantuin kok, jd angka ini bukan beban, feel free to consult about patient)
 Skill:
a)lbh baik bisa bahasa banjar,
b)dokter internsip setara dokter umun dan bisa melakukan tindakan sesuai kompetensi (tp kaka disana baik semua, translator banyak)
 Tambahan penghasilan:
a)dapat insenda 1,5 jt/bln (dirapel 4 bulan)
b)Jasmed/Jaspel tdk ada
 Dokumen yg dilengkapi peserta: borang pkm + tugas mini project 1 org 1 judul beda variabel doang kok bisa kerjain bareng, tapi tergantung dokpem lagi mgkin periode selanjutnya sama atau dirubah.
 Kelebihan:
a)dapat rumah dinas (kosong, jadi bawa perlengkapan sendiri),
b)dpt insenda,
c)jam kerja sampe jam 11.00 jika kerjaan cepat selesai,
d)rumdin dkat pkm,
e)pembimbing benar-benar bertanggungjawab apabila iship ada masalah terkait rujukan.
 Kekurangan:
a)ada jaga IGD dan ranap 24 jam walaupun on call (tp pengalaman nya benar” mematangkan sbg dokter mandiri)
b)byar listrik dan air sndri jika tinggal di rumdin (kami tinggalnya di gedung kebidanan, kamar 2, listrik sama air tidak pernah bayar) tapi seperti yg sudah dibilang sebelumnya baru dirotasi terakhir pindah ke rumdinnya jadi detailnya blm tahu.
c)tidak ada hiburan krna 45 menit perjalanan dari kota kandangan
d)pasiennya lumayan banyak di poli dan kasusnya unik2 (yaa sehari ada 40++)
 Keterangan lain:
a)ada senam jam 07.15,
b)setiap bulan jika prolanis jam 07.00, iship mengisi prolanis materi bebas,
c)ada absensi yg dibikinin sm petugas puskesmas,
d)ada borang kegiatan, tapi di akhir jadinya dirapel hehe.
 Dokter umum nya ada 2 sekarang, sistem jaganya tiap 2 x 24 jam, dokternya baik2 dan kasih kita tanggung jwab sbg dokter.
 Kakak2 perawatnya juga baik2, dan kita bener2 dianggap sdh sbg DU.
 Lingkungan disini penuh dengan rawa2, jd klo musim hujan bisa kena banjir. (mungkin tidak “sebanjir” itu)
 masyarakat dsni sangat padat, dg pola yang sdh terbiasa dg pengobatan alternatif dlu sblm ke dokter, jd harus lebih hati2 saat KIE px. (dokter adalah pilihan kedua, mohonl bersabar)
 Tambahan : Sekedar info kami selama disana kamar pernah kemasukkan ular beberapa kali.

.

2. STASE IGD

 Satu kelompok 5 orang
 Jam kerja: dibagi 3 shift.
1.Pagi 08.00-14.30 (1 orang internsip)
2.Siang 14.30-20.30 (1 orang internsip)
3.Malam 20.30-08.00 (1 orang internsip)
 Jadwal:
1.jadwal diatur pembimbing,
2.tidak ada libur,
3.hanya dibagi shift (P-S-M-Lepas).
4.Rotasi IGD dibarengi dgn rotasi Poli (4 orang di IGD, 1-2 orang di poli. Poli yg diisi : rehab, jantung, kulit masing orang dapat jatah 1minggu per poli.
 Proses perizinan:
1.intinya tidak boleh ada shift tanpa Isip,
2.jika ada kepentingan bertukar shift dgn teman sekelompok.
3.bila ada kejadian yang luar biasa (keluarga sakit/meninggal/menikah) diizinkan maksimal 3 hari, selebihnya disuruh mengganti.
4.Jika izin saat di poli, wajib mengganti di hari lain sesuai jumlah hari.
 Tanggung jawab selama di IGD:
1.Periksa pasien, mengusulkan apakah rawat jalan/rawat inap ke DU Definitif,
2.menulis status IGD secara lengkap, mengusulkan diagnosis dan terapi ke DU Definitif,
3.meminta verifikasi status IGD ke DU Definitif,
4.membantu menulis resep.
5.Untuk konsul sementara tanggung jawab DU karena ada bbrpa konsulen yg maunya DU aja yg konsul, tpi boleh kok sambil belajar konsul minta izin sama DUnya.
 Skill: lbh baik bila bisa bahasa banjar, jaga ugd skill lbh terlatih utk bekal ACLS, ATLS
 Tambahan penghasilan; insenda 2 jt/ bln, jasmed tidak ada
 Kelebihan:
1.IGD nyaman, adem,
2.sering makan gratis,
3.masih dibawah pengawasan dokter umum,
4.kasus beragam,
5.perawat baik & membantu,
6.dpat rumdin (ada isi),
7.dpat kendaran dinas 1 mobil (katana) *yg sdh rusak* dan 1 motor.
8.Dpat kamar jaga sama DUnya, Jadwal diatur pembimbing.
 Kekurangan:
1.pasien lumayan banyak 10-20an per shift kalo beruntung bisa 30 pasien
2.lumayan banyak kasus emergency.
 Keterangan lain: Morning Report tiap Senin dan Kamis yg dilaporkan hanya registrasi pasien selama jaga di IGD dan iship jaga malam yg membawakan presentasi, disini kita bisa mendapatkan banyak ilmu dari dokter2 spesialis.
 DUnya baik dan percaya sama kita jd enak diajak diskusi dan konsul jika ada yg kurang dimengerti. Trs juga gaul, suka ngajak nongkrong hehe.

.

3. STASE BANGSAL

 Jam kerja:
1.pagi 07.00-14.30 (tergantung stase bgsl dimna ,kalau rajin bisa sampe sore- magrib di rs, apalagi stase penyakit dalam) hari Senin-Sabtu.
2.Tgl merah dan hari minggu 1 org visit keliling dgn DU.
 Tugas:
1.bangsal penyakit dalam (1 orang),
2.bangsal kebidanan (1 orang),
3.bangsal anak/nicu picu (1 orang),
4.bangsal bedah (1 orang),
5.bangsal paru (1 orang),
6.bangsal saraf (1 orang),
7.bangsal mata/tht (1 orang),
8.bangsal jiwa (1 orang),
9.ICU (1 orang), HD, Radiologi, PK, PA.
10.Btw, RS di sini spesialisnya sangat lengkap jd bangsalnya banyak. Hehe. Yg suka nambah ilmu bisa bertanya dan berdiskusi langsung sama dokter spesialisnya. (dr spesialis baik semua menurut aku, enak diskusi)
 Pembimbing ranap : dr wandi (beliau baik banar, tp jgn sekali” berbohong lawan sidin, nanti kd percaya lg sidin)
 Proses perizinan: izin aja sma dr pembimbing gantu hari sesuai izinnya.
 Tanggung jawab selama di bangsal:
1.visite bangsal, konsul dokter spesialis, nulis soap dan resep,
2.ikut poli sesuai bangsal yg dipegang (bila kerjaan di bangsal sdh kelar),
3.ikut operasi (diperbolehkan dan jika mau).
4.Kalo bangsal obgyn bisa partusin juga. Hampir semua bangsal ada DUnya.
5.Yg sering ke poli itu stase jiwa, THT, mata, bedah) stase lain banyak di ruangan ,kalau obgyn di OK)
 Skill: bisa minta tindakan, tetapi untuk menambahkan terapi harus diacc oleh DPJP. Bisa banyak belajar kok di sini.
 Tambahan penghasilan: insenda 2jt/bln, jasmed tidak ada
 Kelebihan:
1.kasus beragam dan lumayan banyak,
2.DPJPnya sering beri bimbingan dan baik banget sama internsip.
 Kekurangan: jadwal diatur pembimbing tapi kami rasa tdk masalah jadwal diatur beliau, sejauh ini tempat, teman, dan susasana kerjanya asyik kok.
 Keterangan Lain: Tugas yg harus dilengkapi selama di RS:
1.Borang, Portofolio Kegawatdaruratan, Portofolio Bedah, Portofolio Medik, Portofolio Jiwa, dan Portofolio Forensik.
2.masing2 org membuat 5 portofolio dan bisa pilih salah satu buat dipresentasikan.

.

Kesimpulan :

– rekomendasi

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!