1,309 total views

Review wahana RSUD Cengkareng

Jl. Bumi Cengkareng Indah No.1, Cengkareng Tim., Kecamatan Cengkareng, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Internsip periode februari 2021 ( sedang berjalan)

.

Wahana

1.RSUD Cengkareng
2.Puskesmas Kecamatan Kalideres
3.Puskesmas Kelurahan Tegal Alur 2

.

Profil Kesehatan

1.Penyakit terbanyak:
a)Kalau di puskesmas, penyakit terbanyaknya adalah ISPA, dispepsia, gangguan muskuloskeletal (myalgia, LBP), kelainan kulit (infeksi dan dermatitis), dan penyakit kronis (hipertensi, DM).
b)Kalau di RS, penyakit terbanyak untuk true emergency meliputi penurunan kesadaran dengan berbagai etiologi, stroke, CHF, ACS, dyspnea ec berbagai etiologi (pneumonia, PPOK, asma, TB, BE dll), demam dan kejang pada anak. Kalau yg non emergency biasanya gastroenteritis, dispepsia, demam.
2.Penyakit endemik: Katanya sih kalau akhir tahun banyak DBD
3.Riwayat bencana / KLB: –

.

Kegiatan

1. RS (hanya IGD)

 Durasi 4 bulan
 Jam kerja : shift pagi pukul 07.00-14.00, shift sore 14.00-21.00, shift malam 21.00-07.00
 Kegiatan harian di IGD umumnya adalah jaga triase. Biasanya shift malam 2 orang, shift sore 1-2 orang dan shift pagi 1 orang. Kalau shift sendirian, tugas internsip adalah sebagai dokter triase. Kalau shift berdua, 1 orang di triase dan 1 lagi membantu follow up pasien dalam IGD.
 Di RSUD Cengkareng, internsip kerja dengan supervisi, jadi kalau di triase setelah asses pasien (anamnesis, PF), internship melaporkan ke dokter umumnya, kita mengusulkan rencana diagnosis dan tatalaksana pasien, dan dikerjakan setelah acc dokter umumnya. Kecuali pasiennya gawat, misalnya sesak, intersip boleh langsung bawa masuk ke dalam dan tangani misalnya kasi oksigen, inhalasi dll baru dilaporkan dan minta acc untuk tatalaksana berikutnya. Jadi kita ga ditinggal sendirian.
 Kalau mau tindakan misalnya hecting, pasang IV, NGT, kateter, intubasi sangat bisa, tinggal minta aja ke dokter umum atau perawatnya.
 Kalau jaga berdua dan tugas di dalam IGD, biasanya bantu follow up pasien yg sudah masuk dan tulis di RM pasien (SOAP). Kalau ada yang penting, misalnya TD turun, demam tinggi dsb, laporkan ke dokter umumnya. Seperti biasa kalau mau mengusulkan terapi, harus dengan acc dulu.
 Di RSUD Cengkareng, yg bertugas mengonsulkan pasien ke dokter spesialis adalah dokter umumnya, jadi kita ga perlu ngurusin konsul2 itu. Lalu kalau lagi jaga di dalam, internsip juga diminta membantu menemani transpor pasien yang TSR (terapi sesuai ruangan) yaitu pasien yang misalnya harus ICU, tapi karena full jadi masuk ke IW atau ruangan biasa.
 Setiap hari kecuali hari kamis, dan minggu ada morning report di ruang komite medik. Morning report yang melaporkan adalah dokter umumnya dan hanya berupa laporan jumlah kasus, jumlah kematian dsb. Internsip hanya mendengarkan saja.
 Kegiatan mingguan setiap hari kamis ada ronde kasus. Sasarannya sebenarnya untuk koas, tapi internsip diminta untuk ikut. Biasanya membahas kasus menarik, dari anamnesis sampai terapi. Yang biasa ditanya2 adalah koasnya. Internsip mendengarkan saja dan boleh bertanya kalau ada pertanyaan.
 Kegiatan insidentil misalnya ada konsulen tertentu (biasanya perina) mau kasi kuliah ke koas atau ada jurnal reading, kadang internsip disuruh ikut mendengarkan juga.
 Dokter pembimbing, dokter umum dan perawatnya rata-rata baik ke intersip. Jadwal jaga dibuat oleh internsip dengan ketentuan setelah jaga malam harus lepas dan jangan shift berlanjut.
 Per hari biasanya pasien IGD totap 70-90 pasien, per shift sekitar 20-30 pasien.
 Bersama dokter umum di triase dan follow up pasien dalam. Dokter umum yang mengonsulkan pasien ke dokter spesialis. Usulan rencana diagnosis dan terapi dijalankan setelah acc dokter umum.

2. Puskesmas Kecamatan Kalideres

 Durasi 4 bulan
 Jam kerja : pukul 07.30-16.00 (16.30 untuk hari jumat)
 Kegiatan hariannya adalah kerja poli. Internsip dibagi ke 2 poli umum, 1 poli MTBS, 1 poli KIA, 1 poli PTM/jiwa, 1 poli HR (high risk) dan pusling (puskesmas keliling). Poli dimulai pukul 08.00-12.00 dan lanjut siang pukul 13.00-15.00 untuk poli umum saja.
 Di setiap poli kecuali poli KIA sudah ada dokter umumnya, jadi bekerja berdua. Kerjanya mandiri, kecuali ada yang bingung boleh konsul ke dokter umumnya. Puskesmasnya sudah punya pemeriksaan lab sederhana.
 Suasana kerja baik baik saja. Puskesmas kecamatan kalideres termasuk puskesmas yang ramai pasien. Karena pasiennya banyak, kadang kita disuruh cepat-cepat sama perawatnya, jadi anamnesis dan Pfnya harus cepat tepat. Rata-rata dokter, perawat dan stafnya juga baik2 ke internsip.
 Poli umum sehari rata2 mencapai 100an pasien, MTBS 60an, PTM 90- 100an, KIA 50an, HR 10an.
 Internsip bekerja sama seperti dokter umum lainnya. Tatalaksana pasien secara mandiri.

3. Puskesmas Kelurahan Tegal Alur 2

 Durasi 4 bulan
 Jam kerja : pukul 07.30-16.00 (16.30 untuk hari jumat)
 Di PKL, tugas internsip dibagi ke 1 poli umum, 2 di poli KIA, 3 penyuluhan dan 1 bantu-bantu di farmasi. Di poli umum, internsip bersama dengan dokter umum, di poli KIA internsip bersama bidan. Penyuluhan dibagi menjadi penyuluhan dalam gedung dan luar gedung. Setiap harinya ada penyuluhan dalam gedung.
 Selain kegiatan poli, setiap hari senin, rabu dan kamis ada posyandu. Yang biasanya berangkat ke posyandu adalah yg tugas KIA dan penyuluhan. Di posyandu, yang KIA biasanya membantu di pos imunisasi dan yang penyuluhan memberikan penyuluhan.
 Internsip juga membantu kegiatan puskesmas lain seperti imunisasi ke sekolah, kunjungan rumah, pembagian tablet tambah darah ke sekolah, penyuluhan ke sekolah dll.
 Suasana kerja baik, secara umum lebih santai daripada di kecamatan karena pasiennya tidak terlalu ramai. Stafnya juga baik-baik.
 Rata-rata jumlah pasien per hari Sekitar 40an pasien per hari.
 Internsip bekerja sama seperti dokter umum lainnya. Tatalaksana pasien secara mandiri.

.

Fasilitas Kesehatan

1. RS

 Dokter pendamping : Dokter pendamping ramah dan baik. Walaupun sibuk, masih menyempatkan diri untuk follow up internsip. Sejauh ini aman, tidak ada keluhan
 Poli : Internsip tidak ditugaskan di poli
 Spesialis : Spesialis lengkap (IPD, anak, bedah, obsgyn, kulit, THT, mata, anestesi, jantung, rehab medik, paru, ortopedi dll)
 VK : ada
 OK : ada
 Ketersediaan obat : obat lengkap
 Ambulans : ada
 Tenaga kesehatan : cukup
 Fasilitas rujukan : RSUD Cengkareng merupakan rujukan se-Jakarta Barat. Kalau ada pasien yang perlu rujukan ke RS lain ada fasilitas ambulans.
 Info tambahan : CT scan sedang rusak, jadi kalau perlu CT scan, biasanya menumpang di RS PIK

2. Puskesmas Kecamatan Kalideres

 Dokter pendamping : Baik dan tegas. Asalkan tidak membuat masalah, semua baik baik saja. Dokternya sibuk banget jadi agak jarang bertemu.
 Poli : Poli umum, KIA, MTBS, PTM, gigi, jiwa, lansia, haji, HR
 VK : ada
 OK : tidak ada
 Ketersediaan obat : standar obat puskesmas
 Ambulans : ada
 Tenaga kesehatan : cukup
 Fasilitas rujukan : rujukan ke RSUD Cengkareng, RS Hermina Daan Mogot yang tersering. Terjangkau dalam 30 menit jika tidak macet. Bisa menggunakan ambulans.
 Info tambahan :
a)Terkadang internsip diminta bantuan untuk menggantikan dokter umum di puskesmas kelurahan jika ada rapat dsb.
b)Puskesmas ini punya IGD yang buka 24 jam. Internsip di rolling untuk jaga hari sabtu bersama dengan dokter IGD pukul 08.00-15.00. Setelah jaga, minggu depannya akan diganti dengan 1 hari libur. Jika mau minta izin, bisa diganti dengan jaga hari sabtu, jaditidak potong jatah izin 4 hari.

.

3. Puskesmas Kelurahan Tegal Alur 2

 Dokter pendamping : baik banget, yang penting semua dikomunikasikan saja dengan beliau. Dokternya sangat mengayomi dan menemani dalam hampir semua kegiatan bersama.
 Poli : poli umum, KIA
 VK : tidak
 OK : tidak
 Ketersediaan obat : standar obat puskesmas
 Ambulans : tidak
 Tenaga kesehatan : cukup
 Fasilitas rujukan : rujukan ke RSUD Cengkareng, RS Hermina Daan Mogot yang tersering. Terjangkau dalam 30 menit jika tidak macet.
 Info tambahan : mini project dikerjakan individual, dan biasanya dokter pembimbing mengarahkan agar ada manfaatnya untuk puskesmas atau masyarakat.

.

Finansial

1.Insentif diluar BHD  : –
2.Jumlah : 
3.Periode pembayaran : Setiap bulan, biasanya awal bulan
4.Peluang pendapatan tambahan lain: di luar kegiatan internsip

.

Fasilitas Penunjang

1.Rumah dinas : –
2.Alternatif selain rumah dinas : –
3.Kendaraan dinas : –
4.Fasilitas lain yang diberikan  : –

.

.

Akses

1.dari Jakarta ke kota/kab. wahana: TransJakarta, ojek online, taksi online
2.dari wahana ke bandara terdekat: 30-40 menit
3.dari tempat tinggal ke RS : tidak ada masalah
4.dari tempat tinggal ke PKM  : tidak ada masalah

.

Keseharian

1.Biaya hidup per bulan : Tergantung masing-masing individu. Standar biaya hidup di Jakarta
2.Provider sinyal adekuat : di IGD sinyal agak sulit, jadi pakai wifi saja, kalau di puskesmas sinyal tidak ada masalah
3.Listrik : stabil
4.Air : lancar
5.Keamanan : aman
6.Tempat ibadah : lengkap
7.Makanan : standar
8.Hiburan : banyak mall

.

Cuti

1.Kesempatan cuti selama internsip : sesuai ketentuan KIDI
2.Kesempatan cuti melebihi peraturan : sesuai ketentuan KIDI
3.Prosedur izin : yang penting dikomunikasikan saja. Ada dokter pembimbing yang meminta untuk buat surat izin dulu.

.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!