1,153 total views

Review Wahana RSUD H. Badaruddin Kasim Tanjung

Periode: Feb ’21 – Feb ’22

Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan

.

1. RSUD H. Badaruddin Kasim Tanjung

 RS tipe C
 Lokasi di dekat Islamic Center Maburai. RS agak keluar kota.
  Masih belum banyak pemukiman di sekitar RS.

a. Stase bangsal

 Visite ruang RPD, NICU, ruang anak, bersalin, dan bedah.
 Pembagian stase disusun sendiri. Jam dtg menyesuaikan saja biasanya sebelum jam 7 WITA sudah sampai ke RS.
 Kegiatan mengisi SOAP rekam medis kemudian menunggu dokter spesialis datang untuk ikut visite.
 Kalau spesialis sudah visite ada pasien baru masuk boleh dikonsulkan ke spesialis.
 Di bangsal sampai jam 2 siang (senin-kamis), jam 11 pagi (jum’at), jam 1 siang (sabtu).
 Tidak ada shift sore dan malam, hari minggu, cuti bersama, dan tanggal merah tidak visite.
 Tidak ikut kegiatan di poli. Pas stase bangsal bersalin dan bedah bisa ikut ke ruang OK, stase NICU ikut resusitasi bayi baru lahir jg di OK.
 Rotasi bangsal setiap 2 minggu.

.

b. Stase IGD

 Kami menyusun jadwal shiftnya PPSSMLL dan jaganya pagi 2, sore 2, dan malam 1 (tergantung berapa jumlah isip/kelompok).
 Jadwal jaga kita sendiri yang susun.
 Jam jaganya,
a)shift pagi (08.00-14.30),
b)sore (14.30-21.00), dan
c)malam (21.00-08.00).
 Dokter definitif IGD nya kalau pagi dan sore kadang bisa jaga 2 orang, dan malam 1 orang.
 Setiap terima pasien bisa konsul ke dokter IGD dulu, atau kalau sudah kasus spesialis bisa konsul via WA atau telepon, meskipun ada DPJP yg tidak mau ditelepon.
 Komunikasi yang efektif ke pasien dan keluarga terkait diagnosis pasien, pemeriksaan penunjang, dan ketersediaan ruangan (kalau bangsal penuh pasien dirawat di selasar dan harus tanda tangan persetujuan dirawat di selasar) apalagi kalau butuh ICU tapi lagi penuh harus inform consent tentang ruangan.
 Masyarakat tabalong sedikit banyak yang kritis, dan seringkali bisa protes via grup FB Tabalong, jadi sebaiknya komunikasi ke pasien harus jelas dan baik.

.

2. PKM Murung Pudak

 Rotasi setiap 1 minggu, jadwal diatur oleh pembimbing PKM.
 Setiap isip pegang di Poli umum, IGD (sebenarnya ruang tindakan dan observasi karena IGDnya tidak 24 jam), MTBS, KIA, poli lansia-Pusling, Promkes-Penyuluhan, dan Kesling-Gizi (2 stase terakhir jarang ada kegiatan, jadi ikut bantu jaga IGD, atau ngecover isip lain yang berangkat kegiatan luar).
 Untuk kegiatan diluar koordinasi dengan pemegang proker di PKM, dan kegiatannya cukup banyak, terutama di akhir tahun. Beberapa kegiatan bisa dapat uang tambahan.
 Kegiatan di PKM kurang lebih kayak pas stase IKM. Kegiatan luar misalnya pemeriksaan telinga, penyuluhan ke sekolah, pemeriksaan karyawan perusahaan, pusling, jaga event.

.

KETERANGAN:

1.Fasilitas belum ada rumah dinas dan kendaraan dinas. Banyak kontrakan dan kost tersedia. Ada pembimbing yg punya rumah kosan dengan fasilitas yang cukup lengkap, dan dekat dengan PKM, tetapi jauh (20 menit) dari RS, ada 10 kamar, ada yg sendiri/berdua. Disarankan untuk isip untuk membawa kendaraan pribadi (minimal sepeda motor) untuk mobilisasi karena belum difasilitasi. Angkot ada, tetapi berangkatnya siang.
2.Insentif tetap Rp. 2.500.000/bulan/orang. Harus membuat laporan rekap pasien (nama inisial, umur, diagnosis), dan absensi setiap bulan dan dikumpul ke dinkes di awal bulan berikutnya sebelum tanggal 5.
3.Jasa pelayanan di RS dapat uang jaga malam IGD RP. 50.000/orang/jaga malam (buat laporan jaga malam dikumpul ke bag pelayanan RS tiap akhir bulan), pas lebaran dapat Rp. 100.000/org/shift. Kalau dari PKM antara Rp.45.000 sampai Rp. 100.000 tambahan lain dari kegiatan di lapangan (ke perusahaan, jaga event, dll)
4.Akses jalan menuju wahana jalan darat sudah diaspal semua, sudah tersambung dari Banjarmasin-Tabalong (tidak ada jalan setapak dan jalan berlumpur, apalagi mendaki gunung dan melewati lembah). Estimasi dari Banjarmasin 6 jam dan dari bandara di Banjarbaru 5 jam. Kendaraan umum pakai Mitsubisi L300 (Mobil Colt) AC alami, atau bisa juga naik travel Avanza atau Hiace ke Tanjung (biaya 120-160 rb). Dalam kota ada ojek online (Indojek), tapi agak mahal. Grab sudah masuk, tapi drivernya g ada.
5.Biaya hidup satu kali makan bisa antara 10-50 ribu, tergantung gaya hidup, bisa dihemat kalau masak sendiri. Tidak ada alfamart dan indomaret tetapi ada mini market lokal/swalayan yang cukup lengkap. Hiburan ke pasar malam setiap malam sabtu, jajanan tiap minggu di pendopo, ada karaoke.
6.Jadwal kegiatan di RS disusun isip sendiri dan harus di acc pembimbing dan untuk PKM jadwal sudah dibuat pembimbing PKM.
7.Sekilas Tabalong: Sebuah kota pertambangan dan perusahaan, kota cukup besar dan cukup maju, tetapi lingkungan cukup panas. Jalan kota sudah beraspal semua, ada fasilitas seperti hotel, kafe, taman, gym, karaoke, minimarket setara alfa/indo, bandara (tetapi masih dalam pengembangan dan belum dibuka untuk umum). Tempat ibadah banyak masjid, ada beberapa gereja kristen, dan 1 gereja katolik. Kota ramai, banyak pendatang dari luar pulau, terutama jawa.
8.Pembimbing pro isip, perizinan cukup strict sesuai ketentuan PIDI, tetapi bisa dibicarakan baik2 dan dinego dengan pembimbing.
9.Wahana ini recommended

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!