599 total views

Review wahana RSUD Kabupaten Lombok Utara

Jl. Tioq Tata, Tunaq, Tanjung, North Lombok Regency, West Nusa Tenggara

Internsip periode November 2020 – 2021

.

Wahana

1.RSUD Kabupaten Lombok Utara
2.Puskesmas Kayangan

.

Profil Kesehatan

1.Penyakit terbanyak: Hipertensi, DM, CKD, CHF, TB
2.Penyakit endemik: –
3.Riwayat bencana / KLB: selama satu tahun internship ngga pernah ada bencana, anginnya lumayan kencang, jarang hujan di sini. Hati-hati pohon tumbang di jalanan.

.

Kegiatan

1. RS

 Durasi 8 bulan
 Jam kerja 42 jam per minggu (IGD), 56 jam per minggu (bangsal)
 Untuk kegiatan di IGD setiap kali jaga ada 2 orang dokter internship dan 2-3 orang dokter umum (dokter PTT). Setiap ada pasien datang akan diperiksa, diberikan terapi, dan dikonsulkan ke dokter spesialis. Enaknya di IGD adalah bisa diskusi dengan dokter umumnya jika masih kesulitan.
 Jumlah pasien ngga bisa diprediksi, kadang rame kadang sepi. IGD juga pegang VK dan yang pegang adalah iship, dokter PTT ngga pegang VK.
 VK dibantu bidan, tugas iship konsul ke SpOG ii. Untuk kegiatan di ruangan adalah visite ruangan (ruang rawat dewasa kelas III, ruang rawat anak, NICU, VK ruangan, dan nifas) setiap pagi. Yang paling berat  adalah VK karena di sini banyak banget pasien Obsgyn. Di VK kita ngga visite tetapi setiap ada pasien baru dikonsul ke dokter SpOG, kalau ada SC kita ikut naik menangkap bayi bersama dengan SpA.
 Untuk kegiatan di ruangan murni jaga di ruangan, ngga ke poli. Jadi ada jaga malam di ruangan seperti halnya IGD, dan ngga enaknya lagi adalah yang jaga ruangan murni dokter internship (2 orang setiap malam), ngga ada dokter umum. Jadi kebayang lah capeknya seperti apa.
 RS ini memang lagi berbenah untuk akreditasi, jadi agak sedikit rempong, misalnya harus ikut apel setiap pagi hari Senin-Kamis dan semua pekerjaan harus sesuai SOP. Tapi suasana lingkungannya lumayan karena masih bangunan baru.

2. PKM

 Durasi 4 bulan
 Jam kerja sekitar 104 jam/bulan
 Di PKM kerjanya di balai pengobatan/poli, KIA, dan IGD 24 jam.
 Kadang diminta ikut kegiatan luar seperti posyandu. Di sini suasana kerjanya enak karena stafnya ramah-ramah. Pasien juga tidak sebanyak di RS.

.

Fasilitas Kesehatan

1. RS

 Dokter  pendamping  :
a)Di RS ada dua dokter pendamping, satu pendamping IGD, satu pendamping ruangan. Lumayan asik, kadang ditraktir makan dan nonton. Beliau-beliau baik dan fleksibel.
b)Tetapi di akhir-akhir jadi terkesan cuek karena kedua pendamping lumayan sibuk. Ada yang terpilih jadi ketua IDI Kabupaten, ada yang sedang persiapan melahirkan.
c)Pendampingnya kayak ngga peduli sama iship. Pas ada masalah nyerahin semuanya ke iship.
 Poli :
a)Di sini dokter internship ngga pegang poli karena poli dipegang langsung oleh dokter spesialis. Ruang poli yang ada yaitu poli mata, poli penyakit dalam, poli anak, poli bedah, poli kebidanan, dan poli gigi.
b)Pernah karena kepepet banget disuruh pegang poli bedah sama IPD.
c)RS ini managemennya kacau balau, jadi kalo ngga ada dokter spesialis yg isi poli main tunjuk aja.
 Spesialis : Spesialisnya ngga ada yang dari UI, kebanyakan dari Udayana, Unair, dan UGM. Kebetulan ada spesialis yang lagi wajib kerja (WKDS) juga.
a)SpPD : ada 2. Satunya careless kalo visite cepet banget
b)SpB  : ada 1. Baik sih tapi kalo udah marah sampai ngeluarin kata-kata kasar.
c)SpS  : ada 1. Kalau konsul harus detail.
d)SpOG : ada 2. SpOGnya suka marah2 juga tapi ga sampai ngeluarin katakata kasar. Yang satunya WKDS dan suka manipulasi pasien biar SC -  -
e)SpAn : ada 2, salah satu WKDS, keduanya baik
f)SpM : ada 1, jarang terpapar dengan dokter internship
g)SpPK : ada 1, baik
h)SpA : ada 1, WKDS. Sangat perfectionis, moody, kalo udah marah sampai ngeluarin kata-kata kasar
 VK : ada
 OK : ada, bisa asistensi (kalo mau)
 Ketersediaan obat : beberapa obat ngga ada misalnya diazepam sup, NS 100cc
 Ambulans : ada
 Tenaga kesehatan : kurang. Dokter umum di ruangan kagak ada

.

 Fasilitas rujukan : RSU Provinsi NTB, waktu tempuh tempuh sekitar 1 jam, akses darat

.

2. PKM

 Dokter  pendamping : baik dan fleksibel
 Poli : umum, KIA, gigi
 VK : ada
 OK : tidak
 Ketersediaan obat : Terbatas, banyak yang ngga ada. Terutama obat injeksi
 Ambulans : ada
 Tenaga kesehatan : cukup
 Fasilitas rujukan : RSUD KLU, waktu tempuh sekitar 30 menit, akses darat

.

Finansial

1.Insentif diluar BHD  : insentif dari RS (jasa pelayanan)
2.Jumlah : 400.000 ‛ 500.000 per 2 bulan
3.Periode pembayaran : setiap 2 bulan, tidak tepat waktu
4.Peluang pendapatan tambahan lain: –

.

Fasilitas Penunjang

1.Rumah dinas : RS tidak ada rumah dinas, hanya ada kamar jaga. Untuk puskesmas sebenarnya ada rumah dinas tetapi karena ditempati oleh kepala puskesmas yang baru jadi dokter internship diminta mengosongkan rumah dinas tersebut
2.Alternatif selain rumah dinas : Cari kost atau kontrak rumah bersama-sama teman. Untuk kost di sekitar RS, biaya sekitar 600.00 (non AC) ‛ 1.000.000 (AC). Untuk periode ini karena kami dokter internshipnya kebanyakan orang Lombok, jadi lebih memilih pulang pergi meskipun waktu tempuh perjalanan ke kabupaten ini sekitar 1 jam dari kota Mataram. Selain kost di sekitar RS, bisa juga mencari kost di kota Mataram karena lebih mudah mencari makanan dan lebih banyak hiburan.
3.Kendaraan   dinas : Tidak ada

.

Akses

1.dari Jakarta ke kota/kab. wahana: Menggunakan pesawat dari Jakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, biaya pesawat sekitar 600.000 ‛ 2.000.000 tergantung maskapai dan musim liburan atau ngga
2.dari wahana ke bandara terdekat: Menggunakan kendaraan jalur darat, ada dua jalur
 melewati kawasan hutan (jalanan berkelok-kelok dan rawan longsor saat hujan,
 melewati kawasan tepi pantai (lebih jauh).
 Ada kendaraan umum namanya engkel (sejenis angkot), damri (jarang), dan taksi. Grab/Gojek/Uber belum sampai wilayah ini
3.dari tempat tinggal ke RS : Tergantung kalau kost di sekitar RS bisa jalan kaki. Kalau kost di Mataram waktu tempuh sekitar 1 jam tapi melewati 2 jalur yang sudah dijelaskan di atas
4.dari tempat tinggal ke PKM  : Intinya jarak RS ke PKM sekitar 27 km.

.

Keseharian

1.Biaya hidup per bulan tergantung masing-masing orang, kalau mau hemat di sini bias makan nasi 1 porsi dan lauknya 5.000 per makan. Jika ditambah dengan harga kost dan kebutuhan lain sekitar Rp ‛ Rp 2.000.000 (versi hemat)
2.Provider sinyal adekuat : XL (4G), Telkomsel (4G)
3.Listrik  : karena ini Kabupaten baru jadi yang paling sering mati dibanding kabupaten lain
4.Air : Lancar, kebanyakan pakai sumur
5.Keamanan : Sejauh ini aman, yang perlu diwaspadai bagi pejalan kaki adalah anjing-anjing lumayan banyak. Tapi pernah ada PTT yang kemalingan di kosan.
6.Tempat   ibadah : Mayoritas penduduk Muslim 45%, Hindu 30%, Budha 24%, Kristen 0-1%. Jadi untuk Masjid di setiap desa ada, pura ada, vihara ada, gereja sepertinya tidak ada (adanya di kota Mataram)
7.Makanan : Satu porsi makanan paling murah 5.000 (nasi bungkus), ada beberapa warung makan, ikanikan mudah ditemui karena dekat daerah pantai
8.Hiburan  : Pantai, Gili Trawangan-Air-Meno, air terjun, kebun binatang

.

Cuti

1.Kesempatan cuti selama internsip : ada
2.Kesempatan cuti melebihi peraturan : bisa
3.Prosedur izin : tidak sulit

.

Info lain

Untuk melakukan penelitian mandiri kurang ada yang membimbing

.

Kesimpulan

1.amat sangat tidak direkomendasikan jika mencari ilmu. Iship sangat diberdayakan karena kekurangan tenaga sehingga beban kerja terlalu menumpuk. Iship ibarat babu di ruangan. Udah capek mikir, capek fisik, capek hati. RSnya tmm oukh drama, penuh gosip2 ngga penting.
2.Manajemennya kacau, spesialisnya juga begitu. Ngga ada menghargai iship sama sekali. Dokter2nya pengen kabur dari RS itu. Kalo bisa, pengen tutup wahana ini. Sekian

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!