4,752 total views

Periode Agustus 2020 – Mei 2021

Kabupaten Karanganyar

Wahana :

1.RSUD Karanganyar,
2.Puskesmas Karanganyar,
3.Puskesmas Matesih,
4.Puskesmas Jumantono,
5.Puskesmas Jumapolo

Sistem : RSUD – _Puskesmas Karanganyar – Puskesmas Matesih_ *atau* RSUD – _Puskesmas Jumantono – Puskesmas Jumapolo_

.

Keterangan:

RSUD Karanganyar :

 Ngga ada jasa medis (ya iya lah namanya iship), atau insentif daerah / RS tapi  jadwal jaga lebih senggang (mudah diatur).
 Shift jaga IGD-nya ada 3 (08.00-14.00; 14.00-21.00; 21.00-08.00).
 Jaganya tandem 1 dokter definitif + 1 dokter internship.
 Kemarin kami karena cuma berempat, bahkan dibolehin buat hari minggu pagi & senin pagi kosong ga ada internship, biar jam kerja kita ga ngelebihin maksimal total jam kerja seminggu (42 jam).
 Dokter IGD-nya baik-baik semua dan ngajarin, beberapa kadang sering jaga dari kamar, tapi itupun juga bisa disamperin ke kamar kalo perlu apa2 atau mau konsul selalu stand by.
 Ngga ada stase bangsal dan poli selama pandemi, tapi sebelumnya katanya ada stase bangsal, dapat makan siang kalo jaga siang, dan snack kalo jaga malam.
 Perawatnya baik2 dan ramah banget.
 Menurut operan sebelumnya untuk cowok nyari kos agak susah (ga tau juga sih aku karena rumah) kos cewek banyak dan murah, akses gampang (belakang RS, kebanyakan penghuninya bareng koas UMS).
 IGD dibagi dua, COVID & Biasa, tapi sistemnya depan-belakang bukan dua pintu (Pasien suspek di serambi depan, pasien biasa di IGD proper), tim jaga IGD nya yang nanganin sama.
 Peralatan lengkap sebenernya, tapi beberapa ga rutin dipake, jadi mungkin bakal kagok (AED misalnya, di sini ada tapi hampir ga pernah dipake, pengalaman waktu mau pake malah saling bingung sendiri timnya karena jarang, jadi malah kita yang maju).
 Kasus semenjak pandemi segila2nya 30 pasien, tapi rerata belasan.
 Oh iya, di RSUD juga ada magang sama dokter spesialis yang dibuka buat anak-anak Iship (ga wajib kok), di empat besar + Mata. Jadi lumayan, sambil kalo mau cari surat keterangan magang sehabis iship. Kerjaannya ikut Poli dan kegiatan beliau aja (kalo OK atau Visite ya ikut dst.), sama kalo ada event mbikin paper (ini case by case SPV-nya ya)

.

Puskesmas Karanganyar :

 Puskesmasnya overall enak, Puskesmas Rawat Jalan doang.
 Lokasinya masih termasuk Karanganyar kota tapi agak masuk, dari RS paling 6-7 menit.
 Dokter pembimbingnya bu Kapusnya sendiri, beliau fisio dan teliti tapi baik.
 Masuk 6 hari kerja. Pembagiannya, karena kami dulu berdua, sistemnya 3 hari pertama aku UKP (BP & IGD, yang mana sebenernya satu ruangan besar, jadi tugas utamamu ngelayanin pasien periksa, tapi kalo mendadak ada pasien kegawatan ya ke sisi IGD) 3 hari setelahnya UKM, terus dibalik gitu minggu depannya.
 Buat kegiatan UKM cara cari tahunya nanya aja pas harimu UKM ke PJ Promkes (beliau alumni Undip 2009 wkwk).
 Kegiatan UKM-nya banyak yg bikin PPT, jadi ga cuma modal cuap-cuap doang.
 Jam kerjanya sebenernya jam 08.00-14.00, tapi dokter BP-nya baik, jadi kalo pas jatahmu hari itu BP, dan BP udah kelar, biasanya dibolehin boleh pulang (tapi jangan ngomong2 Bu Kapus, antara kamu sama dokter BP-nya aja wkwk). Jadi lumayan kalo ada kegiatan lain, ato misal kamu magang di RSUD bisa lanjut magang.
 Kalo mau bikin Mini-Pro saranku di sini aja karena kegiatannya variatif dibanding Tiga Puskesmas lainnya.

.

Puskesmas Matesih :

 Puskesmas ini rawat inap, tapi paling dua minggu sekali isi udah bagus, lebih sering kosongnya.
 Mostly kamu di sini UKP UKP dan UKP, UKM-nya sangat minim (aku dua bulan di sini baru jalan dua kali), ditambah sekarang pandemi 😂.
 Kalo kamu cowo kerjaanmu di BP & IGD (gantian sehari2). Kalo cewek BP & KIA.
 Jam kerjanya 08.00-13.00. Pulangnya ga boleh sebelum jam 1 🙁 , jadi semisal kamu BP / KIA, setelah itu ya lanjut ke IGD sampe jam 1 (jadi siap2 kalo kamu magang di RSUD, hampir ga bisa lagi ngikutin SPV-nya kalo udah di salah satu dari 3 PKM ini)
 Lokasi Puskesmas ini dan 2 Puskesmas lainnya tu ngga di Karanganyar kotanya. Tiga Puskesmas ini satu sama lain jaraknya belasan menit, dan letaknya agak di gunung (dari RSUD 25 menitan kalo yang Matesih). Jadi ini sih kekurangannya aja paling. Kelebihannya ya tiap pagi sambil berangkat bisa liat pemandangan :p
 Orangnya enak2 juga, dokter perawat & bidannya ramah2.
 Perawatnya yang senior di IGD (udah hampir 20 tahun di sini) bahkan sopan banget, biarpun sama iship.
 Operan sebelumnya ada 1 dokter yang “spesial”, tapi pengalamanku kalo kamu ga aneh2 ga ada masalah kok. Intinya nggih2 ala koas aja kalo sama beliau.

.

Puskesmas Jumantono & Jumapolo Aku ga dapet di situ, jadi ga bisa komen.

Semua Puskesmas wahana ga ada yang jaga siang (kalo di Sukoharjo misalnya, ada), jadi guaranteed jam 1 maks udah pulang.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!