2,448 total views

UPDATE REVIEW WAHANA

RSUD Komodo, Puskesmas Labuan Bajo

Manggarai Barat, Flores, NTT

RS tipe D

Jumlah isip saat ini 12 orang, isipnya masih sementara berlangsung sampai bulan Oktober 2020 (8 orang stase RSUD, 4 orang stase PKM)

.

[RSUD Komodo]

Stase IGD-Ruangan (8 bulan)

 Di sini stase IGD dan ruangan digabung karena pasien sedikit apalagi di masa covid19 ini.
 Kebanyakan jaga di IGD, bila pagi biasanya ikut visite dokter spesialis (semenjak covid19 tidak perlu ikut visite) kemudian ke poli, vk, nicu, icu bila ada pasien.
 Ikut SC untuk tangkap bayi/resusitasi bila perlu. Bila tidak ada pasien, jaga di IGD.
 Bila ada pasien gawat atau indikasi rawat inap, konsultasi dokter spesialis.
 Setiap hari minggu atau hari libur, visite pasien dan konsul ke dpjp pasien.
 Shift
1.Pagi: 07.30-14.00
2.Sore: 14.00-20.00
3.Malam: 20.00-07.30
 Dokter spesialis:
1.Penyakit Dalam
2.Bedah
3.Anak
4.Obgyn
5.Kulit
6.Radiologi
 Fasilitas rontgen saat ini belum ada (sedang proses).
 Lab tidak begitu lengkap, tidak ada pemeriksaan elektrolit, AGD, LED, Enzim jantung, dsb
 Laporan kasus biasanya bikin 4, masing2 departemen 1 lapkas dan semua dipresentasikan pada saat morning report.
 Tapi semenjak covid19 MR ditiadakan. Sehingga lapkas pun belum jelas akan bagaimana.

.

[Puskesmas Labuan Bajo]

 Puskesmas dengan IGD 24 jam + rawat inap
1.Pagi 08.00 – 14.00
2.Sore 14.00 – 21.00
3.Malam 21.00 – 08.00
 Untuk jaga pagi bisa dibagi jaga IGD /VK & Ranap / Poli Umum / Poli MTBS / Poli Tindakan.
 Kalo jaga poli, setutupnya loket dan gak ada pasien, bisa pulang yang kurang lebih biasa jam 13.00.
 Kalo jaga IGD/VK & Ranap, pulang jam 14.00.
 Kalau untuk jaga sore biasanya oncall.
 Kalau untuk jaga malam saat ini isip yg jaga (UGD-VK-RANAP), harus standby di UGD.
 Saat ini berhubung karena pandemi, Turun Lapangan (TL) ditiadakan dan setiap hari stase di PKM.
 Ada juga nanti jadwal stase di gedung karantina pasien suspect covid-19 seminggu 3x bergantian tiap minggunya sesuai jumlah isip di PKM.
 Jadwal jaga diatur oleh DU. Terkadang DU suka minta diganti/ ijin jadwal mendadak ( lumayan sering ) jadi bisa dapat pasien Poli limpahan jadi kesimpulan nya jadwal PKM tidak pasti. ( dari libur bisa jadi masuk ).
 Pegang pasien sendiri – sendiri , tidak ada diskusi dengan DU.
 Keberadaan iship terkesan DIMANFAATKAN oleh DU untuk ijin/ bolos jadwal.
 Untuk ketersediaan APD, saat ini bantuan APD ke PKM masih berdatangan. Perawat dan dokter pakai APD seadanya, namun sudah dibuatkan faceshield handmade dan apron handmade tinggal minta ke perawat atau PJ UGD.
 Isip boleh minta masker dan nurse cap di ruang farmasi, dipakai sekali untuk sekali stase.
 Miniproject harusnya per orang, namun karena pandemi miniproject dibuat 1 aja dipresentasikan bersama.
 Fasilitas
1.Dapet rumah dinas di belakang PKM, namun saat ini rumdin sedang ditempati 12 isip periode berjalan. Belum tau untuk isip periode bulan Mei apakah diberikan rumdin atau tidak.
2.Dapet kendaraan dinas 1 unit motor untuk kegiatan operasional di PKM.
3.Untuk ojek diatas jam 18.00 sudah sulit. Makanan juga agak sulit, karena diatas jam 20.00 semua warung/supermarket/alfamart sudah harus tutup.
4.Sudah ada grab.

.

[Pendapatan]

1.RSUD : BHD + Insentif 1,8jt ( udah potong pajak )
2.PKM : BHD + jaspel BPJS ( 500.000/ bulan ) + Insentif.
3.Note : insentif dirapel, jadwal rapelan tidak jelas, tergantung dinkesnya. Insentif tidak selalu dijanjikan, tergantung pemda setempat jika ingin memberikan.

.

Dokter umumnya:

1.RSUD: 6 dokter umum (4 PNS + 2 PTT)
2.PKM: 3 dokter (2 PNS + 1 PTT)

.

[Hiburan]

1.Saat pandemi seperti ini Labuan Bajo jadi sangat sepi karena semua trip dan pelayaran ke destinasi wisata ditutup.
2.Ada alfamart, ada mini mall, ada starbucks, minimart/supermarket dengan kearifan lokal, tapi semua akan tutup pada pukul 20.00 wita sesuai peraturan pemda setempat.
3.Semua cafe dan pusat kunjungan turis ditutup.

.

Tambahan

1.Biaya hidup klo irit 2-2.5jt ( masak dirumah ) karena kalau makan diluar paling murah 20.000/makan.
2.Masyarakat baik, ramah dan ringan tangan (suka membantu)
3.Labuan Bajo karena terletak di daerah pelabuhan/pantai cuacanya klo siang cukup panas, klo malem terkadang adem, siapkan stok sunblock dan jaket.

.

KESIMPULAN:

1.Wahana ini tidak direkomendasikan bagi yang mencari ilmu.
2.direkomendasikan bagi yang ingin mengabdi.
3.saat ini RSUD Komodo menjadi rujukan Covid-19 untuk 3 kabupaten (Manggarai Barat-Tengah-Timur) dan SDM sangat terbatas apabila ada lonjakan kasus nantinya.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!