543 total views

Review wahana RSUD Kotabaru / RSUD Pangeran Jaya Sumitra

Jl. Brigjend H. Hasan Basri No.39, Semayap, Pulau Laut Utara, Kab. Kotabaru, Kalimantan Selatan

Internsip Periode Februari 2021. 9 bulan.

4 bulan wahana ke 1, 3 bulan wahana ke 2, 2 bulan wahana ke 3

.

Wahana

1.RSUD Kotabaru / RSUD Pangeran Jaya Sumitra
2.Puskesmas sungai Kupang
3.Puskesmas Serongga

.

Fasilitas:

1.BBH dari kemenkes 3.5 perbulan
2.Insetif daerah 1.9jt perbulan
3.Rumah Dinas tiap PKM dan RS.
4.Kemdaraan dinas di PKM dan RS.
5.Pkm: motor supra jadul, but works
6.RS: mobil avanza 2010 an mungkin, karena kemarin ada mobil nganggur jadi dipenjemin sama RS. Kalau pas di pake konsulen mungkin bisa ada bisa ngga ya, tergatung nanti gmna.
7.Uang BPJS khusus PKM.

.

Geografis:

kalau mau ke PKM nyebrang naik ferry karena kotabaru pisah pulaunya sama kalimantan. Jadi kalau mau ke PKM atau balik ke RS Nyebrang2 gitu ya. 2 jam an lah total perjalanan.

.

RSUD Kotabaru

 Jadwal jaga : Pagi- pagi – siang – malam – turun jaga – libur- pagi – siang- malam- turun jaga – libur- ngulang lagi ke awal.
 Jadwal jaga disesuaikan dengan beban kerja 40 jam per minggu jadi sesuaikan dengan beban jam kerja. Tanya2 Nanti pas operan aja biar enak.
 Dokter organik enak, dokter PNS nya gercep2. Kalau awal2 harus adaptasi, tapi baik bet, dokter non pns ex-isip juga baik2, perawat dan bidan baik2, jaga malam kalau wangi bisa tidur pulas, kasus kasus penyakit banyak dan beragam. Dokter spesialis lumayan lengkap buat RS tipe C.
 Konsulen beragam ada yang enak ada yang nggak enak dan ada yang enak banget. Dokter pembimbing super pro iship. Mau keluhan atau ada masalah enak, bisa langsung ngobrol.
 Bu kepala RS dan bu kepala Dinas Pro iship. Baik2.
 Rumah dinas super luas air lancar. Kamar ada 3, 1 dipakai dokter organik, buat kita ada 2 kamar yg super luas, lebih kaya mess ya, jadi bisa muat buanyak orang, kamar mandi 2, Listrik  bayar sendiri. Air bersih tapi disaring (air sumur), air pam disini keruh beud, jadi disini pake air sumur.
 Kompor ada, tinggal pake. Kulkas ada peninggalan isip, nanti bayar kuklasnya, pas operan. Hehe,
 Sinyal semua aman ya.
 Wisata: samber gelap (minta ke pembimbing RS ya hehehe)
 Teluk tamiyang (4 jam)
 Pantai gedambaan (1jam)
 Teluk  gosong (sebelah gedambaan)

.

Puskesmas sungai Kupang

 Astaga, stase liburan, rebahan, dan jalan2.
 Pokonya kalian enak bgt disini. Cari uang juga bisa ikut perawat ke turun ke desa. Ikut sunat (khusus cowo). Kalau ada apa2 gercep2 aja ikut, misal ikut ngerujuk atau ikut acara pkk atau apa. Bisa nanti dikasi fee. Pokoknya ikut aja, dapat apa ngga itu bonus. Tapi kebanyakan dapet.
 Banyak rejeki pokoknya disini.
 Ada acara mantenan atau pengajian ikut aja. Makan gratis sambil nambah pahala.
 Dokter organik ada 1. Super baik, kepala puskes pro iship, perawat bidan dan nakes lain baik2.
 Boleh nyari tanggal buat liburan ke liang udud. Super seru. Kaya wisata jejak petualang.
 Jadwal jaga:
 Poli – UGD – Dinas Luar- poli
 Dapet uang bpjs 700perbulan dipotong iuran buat bayar perawat dan bidan TKS (terserah kalian mau berapa)
 Rumah dinas 3 kamar 1 ruang tamu, 1 ruang tengah, 1 wc, bersih, air pam bayar sendiri, listrik bayar sendiri, (ber4 bisa 100-200rb), kasur aja ada tapi sudah tipis. Bisa bawa sendiri atau ngelobi ke dinas. Kalau kami yg penting ada rumah dinas dan gratis, jadi ngga terlalu berharap banyak. Ada saja sudah untung. Tergantung lagi kalian kalau mau nayaman ya beli kasur sendiri. lokasi persis sebelah ruang perawatan. Kalau ada pasien perawatnya langsung panggil, bahkan pun mobil pasien bisa kedengar. Jadi super deket dan tinggal jalan kaki.
 Tempat ngga panas2 banget.
 Dapur ada. Tinggal bawa alat masak, kompor ada, tinggal beli gas. Kulkas ada peninggalan isip sebelumnya. Nanti dibayar ya pas operan. Pasar 300 meter dari pkm. Tinggal naik motor. Harga dipasar murce.
 Tempat makan ada di jalan raya. Tutup rata2 jam 9.
 Pasien poli sudah mulai banyak, sampai 20an perhari. Dulu pas pandemi bisa 0 perhari.
 Daerah sini tidak seramai di kota ya (sepi).
 Sinyal: game online: IM3 ping hijau.
 Telkomsel bapuk. Xl lancar, 3 ngga tau
 Wisata: liang udud, sungai jernih

.

Puskesmas Serongga

 Posisi puskesmas di daerah ramai ya karena dekat pasar gitu.
 Jaganya IGD, poli, VK, sama Dinas Luar.
 Kasusnya banyak, udah serasa rumah sakit. Sering ngerujuk. Kalau bisa nyetir boleh2, nanti dikasi fee. Tapi kalau selow aja dan pas supir pada ngga bisa.
 Disini jaga nya juga sama:
 Poli – IGD – Dinas luar- VK
 Disini kalau bau bisa capek si.
 Berangakat pagi jam 8 pagi. Pulang jam 1 siang. Mau ada kegiatan apa ngga tetep ya pulang jam 1.
 Pasar sebelah pkm persis.
 Rumah dinas enak, kasur empuk, air perlu disaring( siapin saringan terbaik) air kalau pas ngga banjir lancar. Tapi katanya pas kemarau bisa kering. Tapi Pas kmrin si lancar aja.
 Rumah dinas sebelah persis perawatan. Satu kompleks sama pkm. Kala ada pasien IGD kalian di telpon. Enak standby di rumah.
 Poli astaga, pas rama bisa 40-60 pasien. Siapin aja energi yg cukup. Pas normal selow bisa belasan aja. IGD nya si yang super variatif. Bisa kalau kll atau bacok2. Pokoknya ya gitu. Lebih hectic aja rasanya disini. Perawat dan bidan super enak. Gercep2. Lingkungan PKM juga enak orang2nya.
 Dokter organik PNS ada 2, enak pokonya. Kala ada apa2 bisa langsung konsul.
 Kompor gas, kulkas (punya dokternya) tinggal pakai. Galon dan gas tinggal telpon, nanti diantar.
 Rumdin grtais. 3 kamar 1 ruang tamu. 1 ruang tengah, 1 kamar mandi. Cuma bayar air sama listrik (dipotong dari uang BPJS pkm ya)
 Uang BPJS 500an ribu perbulan.
 Sinyal: game online enak si pake IM3. (Sinyal indosat bisa hilang 2-3 hari gitu, rutin) Telkomsel enak juga. Xl juga, 3 ngga tau.
 Area sini ngga tau knp lebih panas dari sungai kupang. Kipas ada si dirumah. Tinggal pake.
 Wisata: goa lowo deket PKM.

.

Kesimpulan,

1.buat yang mau nabung bisa banget. Rekomended.
2.Buat cari ilmu ya standar aja. Cari jodoh, bisa banget haha.
3.Orang banjar Kalimantan selatan orangnya ramah2, agamis, toleran naman. Disini banyak suku ya. Ada banjar, dayak, jawa, madura. Bahasa juga adaptasi ya, bahasa banjar.

.

Sekian dan terimakasih.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!