1,471 total views

REVIEW WAHANA RSUD MUNTILAN KAB. MAGELANG PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE MEI 2016

1. STASE PUSKESMAS

 Jam kerja :
a.Senin-Kamis pkl 08.00 S.d. 12.00
b.Jum’at pkl 08.00 S.d. 10.00
c.sabtu pkl. 08.00 s.d. 11.00
d.minggu libur
 Tugas : Poli Umum, IGD, Anak.
 Tugas luar kebanyakan meliputi UKS.
 Ada rawat inap serta jaga IGD 24 jam.
 Pembimbing : dr. Riyono.
a.Kesan baik namun kaku dengan aturan serta proses perizinan susah.
b.Mudah tersinggung, jika ada masalah tidak mau dibicarakan secara langsung tetapi lewat wa group
 Proses perizinan : susah. Misal ingin mengajukan cuti lebih dari empat hari harus mengganti setelah internship berakhir serta internship yang lain diminta menyesuaikan jadwal untuk menutupi kekurangan personil.
 Tanggung jawab : 100% memegang pasien sendiri tanpa pendampingan
 Skill : anamnesis, pfisik, edukasi, penyuluhan massal (kita lebih diminta untuk handle pelayanan kuratif dari ada kegiatan luar gedung. Contoh jaga ugd, poli dan mtbs)
 Tambahan penghasilan : tidak ada. Di akhir stase biasanya diberi bingkisan berupa barang tidak bergerak (toples, seprei, dkk)
 Dokumen yg dilengkapi peserta: list kasus f1 blablabla, absensi, laporan program, minipro.
 Kelebihan :
a.jadwal bisa diatur sendiri.
b.Perhari kebutuhan personil iship adalah tiga orang sehingga jadwal dapat didesain sedemikian sehingga dapat memadatkan jadwal untuk libur lebih banyak
 Kekurangan :
a.jaga igd, lebih banyak pelayanan kuratif,
b.minim kegiatan luar gedung,
c.pembimbing yang susah diajak kerjasama,
d.staf perawat yang beberapa “bermuka dua”

.

2. STASE RUMAH SAKIT

 Jam kerja :
a.shift pagi 07.00-14.00,
b.siang 14.00-20.00,
c.malam 20.00-07.00
 Tugas : stase IGD, stase bangsal standby di ug bila ada panggilan code blue serta diminta mengganti visite dokter spesialis atau juka ada konsula
 Pembimbing :
a.dr. Triyono: baik, kebapakan, pro iship, kooperatif, bersedia membimbing, ngayomi
b.dr. Ismy: baik, seumuran, pro iship, tetap memegang peraturan tetapi beliau yg penting “ambil gampangnya aja, jangan dibawa ribet”
c.Proses perizinan : mudah. Asal alasannya jelas
 Tanggung jawab : 100% memegang pasien sendiri tanpa pendampingan, apabila ada kesulitan staf lain siap dikonsul dan mengawasi
 Skill : anamnesis, pfisik, tindakan2 di IGD seperti hecting, injeksi, sampling, intubasi dll. Terkadang sampai diajarin USG kegawatan oleh spesialis
 Tambahan penghasilan : tidak ada. Sementara ini pembimbing meminta dokship membuat proposal pengajuan insentif dari rumah sakit untuk diajukan ke struktural, tapi sampai sekarang belum ada tanggapan dari struktural ybs. Tetapi dapat jatah mie instan tiap bulan
 Dokumen yg dilengkapi peserta: absensi, laporan kasus 5 buah terdiri dari kasus umum 3, kasus pediatri 1, kasus medikolegal 1. Dipresentasikan tiap hari senin.
 Kelebihan :
a.jadwal bisa diatur sendiri. Sehingga dapat memadatkan jadwal jika ada keperluan libur, ganti jaga gampang ,
b.staf rs secara umum ramah2 dan merasa tertolong dengan kehadiran iship sehingga mereka tidak benci dengan iship malahan menyayangi
c.dokter umum dan spesialis bersedia membantu serta mudah dikonsul
d.sistem pelayanan rs yang sudah lege artis sehingga dapat dijadikan pakem apabila sudah selesai iship
e.kasus bervariatif, pasien banyak dan lumayan banyak diagnosisnya sehingga bisa belajar banyak (ini kelebihan apa kekurangan ya wkwk)
 Kekurangan : ga dapet tambahan penghasilan aja sih
 Tempat tinggal : tidak disediakan. Nyari kos2an sendiri
 Sistem libur jaga : intinya bisa diatur sekehendak kita, sehingga yg mau libur agak lama bisa memadatkan jadwal jaganya.

.

3. Lingkungan sekitar wahana

a.Rata2 rate kos – kosan : 300-500 ribu. Kamar mandi dalam bagi kos cowok. Kamar mandi luar bagi kos cewek. Pemasangan wifi sendiri. Rata2 tanpa AC
b.Contact person penjaga kos yang direkomendasikan :
a.Ibu Rafael ( kos cowok) : 081215673053 (sementara ini beliau baru bersedia buka kos2an lagi di bulan Agustus karena sedang mengurus acara nikahan anaknya)
b.pak Tono (kos cewek) : +62 812 2773862

.

KESIMPULAN : WAHANA INI DIREKOMENDASIKAN KARENA:

1.Bisa belajar banyak dari pasien, dokter umum dan spesialis bersedia mengajarkan. Terutama bagi yang seneng kasus2 kegawatan, wahana ini cocok banget.
2.Buat yang ke depannya banyak keperluan (misal: nikah, bulan madu, umroh, dll) tetep bisa dijalanin
3.Dekat dengan pusat kota (kota Magelang 15 menit, Jogja 30 menit).

.

.

.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!