1,603 total views

RSUD PLOSO-JOMBANG

Periode Februari 2020

Wahana Kabupten Jombang, Jawa Timur

Total 6 bulan (poli-ruangan DAN igd) 3 bulan puskesmas (belum mulai)

[RSUD Ploso, RS tipe D, RS rujukan covid-19 di kab. jombang]

Spesialis yg ada : IPD Bedah Obgyn Anak Kulit Saraf Paru

(Rencana sementara) PKM Tapen, Keboan (ada kemungkinan nambah)

.

Gambaran umum

a.Jarak tempuh dari Jombang Kota sekitar 15-30 menit (10 Km). Jarak tempuh dari jalan tol (GT Jombang) terdekat 5-10 menit.
b.Transportasi bisa menggunakan mobil/motor pribadi, ojol.ada angkutan umum (Bus/Bemo) Jombang Ploso pp tapi jumlahnya sedikit dan lelet.
c.Kalau motor disediakan tempat parkir, untuk mobil juga disediakan tempat parkir.
d.Kos dekat RS ada, harga relatif terjangkau kisaran 400-500k/bulan, fasilitas seadanya
e.Kontrakan ada di dekat exit tol..di kawasan perumahan (Alam Jombang Regency)
f.Ke Surabaya naik tol 68k sekali lewat , naik bus via tol 20-30k (40-60 menit) , kereta 10-12k (90-120 menit)
g.Ke Jakarta naik kereta 100-500k tergantung waktu tempuh dan kelas kereta (10-16 jam)
h.Rumah dinas RS : tidak ada
i.Kendaraan dinas : tidak ada
j.Insenda RS : sejauh ini tidak ada (operan sebelumnya katanya ada)
k.Jasmed RS : sejauh ini tidak ada
l.Rumah dinas PKM : tidak ada
m.Insenda PKM : tidak tahu (belum stase disitu)
n.Jasmed PKM : tidak tahu (belum stase disitu)

.

  Stase IGD

 Pembagian jadwal jaga IGD dibuat sendiri (permintaan dr. pembimbing shift pagi ada 2 iship yg jaga
 Shift IGD : operan sebelumnya ada 3 shift jaga, bisa nego biar bisa libur banyak. Untuk dr. organiknya tetep main 3 shift
 Pasien per shift +/- 20-30an. Tapi sejak covid berkurang menjadi +/- 10-20.
 Ada 1 dokter definitif yang mendampingi tiap shift.
 Kamar jaga khusus buat iship disediakan
 Perawat+Bidan masing2 2+1
 Jaga igd enak banget bener” mandiri terserahmu pasiennya mau diapain (janlup ditulis di RM nya), dr. definitifnya tetep ada dan beliau” percaya aja sama kita, kalo pasien mrs yauda kita yg ngurus mau dikasi terapi apa aja, setelah itu langsung konsul ke dpjp nya (via telfon igd, kalo malem ada yg minta di wa juga sih)
 Kalo mau tindakan apapun di IGD dipersilakan, monggo kerso.kl tidak ya jg gpp.
 Disini iship sangat dihargai sekali seperti dr. definitifnya.
 Semisal nemu kasus sulit dan kalian bingung mau di assessment apa bisa konsul dr definitif nya atau ada juga dr definitifnya yg ambil alih.
 Rangkuman tugas iship di IGD:
a.Periksa pasien, diagnosis, terapi, sampai konsul ke DPJP.
b.Menyiapkan pasien yang rencana operasi, konsul anestesi.
c.Memproses rujukan, ikut/tidak ikut merujuk pasien terserah kita dan menerima rujukan dari pkm/klinik atau rs lain.
 APD di IGD berupa gown, masker bedah, N95 , handscoon , faceshield -> disarankan di igd selalu apd lengkap baik px covid maupun non covid
 Sejauh ini iship tidak memegang rujukan pasien covid (kecuali kalo udah deket sama dr. nya kadang di prank minta kita yg masuk nerima px baru isolasi), jika ada pasien dgn gejala covid (sangat tidak bisa diandalkan   px gastritis pun bisa reaktif pas di rapid).
 Rapid covid tidak diwajibkan dan tidak dijadwalkan untuk iship, kalo mau monggo rapid dgn biaya sendiri/ bpjs bisa (karang” dikit).

.

  Stase Ruangan +Poli

 Jam jaga 7-14 (atau seselesainya poli)
 TIDAK ADA JAGA MALAM
 Tiap harinya 1 iship (7jam kerja (7-14), masuk senin-jumat saja, sabtu minggu dan tanggal merah libur
 Jadwal jaga dibuat sendiri.
 Apd ada gown , masker , faceshield , handscoen (disarankan pakai apd lengkap ya)
 Tugas di ruangan:
a.Melengkapi rekam medis, ikut visite dr. dpjp nya (ada dr. yg walaupun ngga ikut visite gapapa)
b.Melengkapi rujukan pasien (bila ada) dan tidak ikut merujuk
c.Menanggapi komplain bila ada
 Kamar jaga : tidak ada, main aja kekamar iship igd kalo nganggur
 Ikut poli dr. spesialisnya
 (Poli pada umumnya senin-jumat pkl 07.00-14.00)
 tugasnya ya ikut poli dr. nya, ada yg minta ngisi RM dan nulis resep
 Disini total ishipnya 14 orang
 7 orang IGD, 7 orang Poli
 Tiap hari Rabu ada MR, poli semua datang, perwakilan IGD 1 aja (kasus dari IGD 1 yg menarik)
 Dosen pembimbing enak untuk diajak diskusi
 Lapsus 1 aja yg dipresentasikan..dosen pembimbing baik dan bisa diajak diskusi
 Dokter Pembimbing baik dan pro iship
 NB :
a.Tempat makan di sekitar Ploso maupun Jombang murah meriah tapi variasi nya tdk banyak (soto,pecel,sate,nasi goreng,burger,nasi kucing,dkk)
b.Lahan macul di klinik banyak

.

Kesimpulan

1.Wahana ini sangat direkomendasikan kalo pengen libur banyak dan kerja santai..
2.tapi kl mau cari ilmu banyak kurang rekomen.
3.Kl mau jalan2 , nikah , umrah misal covid sudah berakhir bisa banget.
4.APD yang diberikan sudah cukup memadai walau tidak bisa 100% diandalkan.

.

ttd iship

feb 2020

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!