938 total views

Periode: Oktober 2019-2020

Daerah : Kabupaten Minahasa Tenggara(Ratatotok-Molompar Belang)-SULUT

Wahana RS: RSUP Ratatotok Buyat

Wahana Puskesmas : Puskesmas Molompar Belang

Jumlah peserta : 6 (Kuota 12 peserta)

.

KETERANGAN:

1.Rumah dinas :
 untuk RS sementara tidak ada(diwacanakan akan dibbuat) tapi bagi iship yang domisili Manado bisa tinggal di kamar jaga dokter jika dinas.
 Bagi iship dari luar daerah disarankan cari kos2an dekat RS(range kos 500 yg murah-yang mahal 1.600.000)
 biasanya kosan sudah ada isinya minimal kasur.
 Kalo di PKM iship ditawarkan untuk tinggal di rumdis PKM(bareng sama perawat dan dokter jaga) jika lagi dinas atau di Pustu.
2.Kendaraan dinas :
 di RS tidak ada, tapi banyak bentor dekat 3000-5000,
 kalo ngekos dekat rumah sakit tinggal jalan aja.
 Di PKM juga ga ada,
 tapi kalo tinggal di Rumdis tinggal jalan aja.
 akses kemana2 bisa pake bentor.
3.Insentif Daerah :
 dapat dari RS 500.000, dibayarkan tiap bulan biasanya.
 kalo dari PKM ga ada.
4.Jaspel PKM/RS :
 tidak ada tapi jika ada dinas luar atau iship mengikuti kegiatan seperti: jaga posko atau baksos,bisa dapat 50rb-400an tergantung dari acaranya(tapi jangan terlalu berharap)

.

Akses jalan menuju wahana :

1.Dari kota Manado ke Ratatotok(RSUP) sktr +/- 3½-4 jam, Kendaraan darat (Taksi gelap avanza,inova,bus,dll)
2.ongkosnya 60ribuan kalo naik taksi gelap.
3.kalo udah akrab sama pegawai RS,bisa nebeng sekalian dari manado.
4.Dari Manado ke Molompar belang(PKM)sktr 2½-3jam,kendaraan sama biasanya taksi gelap.
5.Akses RSUP & PKM
 Kos-kosan tepat didepan RSUP, tinggal nyebrang jalan sampai.
 RSUP ke PKM sktr 1 jam.

Jadwal RSUP:

1.Begitu nyampe RSUP,wajib lapor ke komite medik,kepegawaian,bidang pelayanan,dan direktur RSUP.
2.Iship wajib ikut kredensial(dengan komite medik) dan harus punya SIP untuk praktek.

.

STASE IGD 4 bln

 IGD awal(pas masa orientasi) kami berdua dari jam 07.30 pagi sampe jam 14.30.
 Begitu udah selesai orientasi,1 iship 1 dokter definitif,jam dinasnya tetap sama.
 Jaga,1×24 jam
 Awal2, jadwal iship biasanya dipasangkan sama dokter definitif yang PNS.
 Jadwal disusun oleh pembimbing IGD dan diskusi bareng ketua Iship.
 Kerjaan:
a)Anamnesa Pasien sendiri2, Kalo pasien rame dibagi2,
b)utk Pemeriksaan Penunjang & terapi konfirmasi dokter jaga(kebanyakan mereka ga intervensi kecuali pasien gawat) & Spesialis,
c)utk terapi pasien rawat jalan & Tindakan Hecting kita isip/ perawat.
d)Visum kita cuma boleh liat aja,ga boleh nulis sendiri,harus dokter definitif.
 Tim dokter, perawat, semuanya ramah & baik.
 Dokter definitifnya ada dokter PNS dan dokter kontrak. Semua baik ,ramah dan mau ngajarin.
 Pasien IGD rata2 kalo dinas pagi paling banyak 5. kalo jaga 24 jam kadang nyampe 20an tapi jarang. Rata2 belasan.
 kasus IPD bervariasi,Bedah kebanyakan KLL,pasien Obsgyn lumayan banyak.
 kalo lapor pasien ke spesialis harus lengkap dengan pemeriksaan penunjang dan kita harus udah kasih terapi lebih dulu baru ntar dikoreksi atau ditambahin sama spesialis

.

STASE Poli/Ranap 4bln

 Setiap hari dinas pagi 07.30-14.30
 Jaga 1×24 jam.
 Jadwal sama,dibikin pembimbing ruangan diskusi bareng ketua iship.
 Stase:
a)Rawat Inap Umum dan bedah
b)Rawat inap kelas&VIP
c)Rawat inap obsgyn/VK
d)Poli: poli umum(biasanya iship disini),poli geriatri,poli anak,poli bedah,poli obsgyn,poli neuro,poli interna.
 Pagi sblm Visite, lengkapi status SOAP pasien, kemudian Visite(disini iship dikasih kesempatan visite sendiri/berbagi sama dokter definitif yang dinas ruangan)
 siang kalo spesialis visite,biasanya kita ga perlu ikut lagi,tinggal terapi kita dikoreksi sama spesialis.
 Kalau ada pasien gawat atau aneh bisa lapor ke spesialis kelar kita visit, kemudian lanjut Poli.kalo di poli umum biasanya kita sendiri.
 Konsul dr. Spesialis bisa telpon + Wa.
 Ruang ICU tidak ada, tetapi hanya HCU.pasien masuk HCU harus dikonsul oleh spesialis ga boleh kita.jadi jika ada indikasi masuk HCU kita lapor dulu ke spesialis penanggung jawab,baru beliau konfirmasi ke dokter HCU.
 Poli setiap hari senin-sabtu, jam kerja 08.00-14.00
 kalo ada OK boleh ikut /tidak tergantung niat masing2.Tapi biasanya spesialis suka nanya kalau ada yang mau ikut atau nggak,jadi siapin diri aja.
 Iship juga bantu preop pasien yang mau naik operasi,lapor ke dokter anestesinya(harus udah hapal baik pasiennya dan pemeriksaannya harus lengkap).
 preop biasanya senin-kamis doang.
 Spesialis anestesinya yang standby ada,cuma sekarang lagi WKDS jadi spesialis anestesinya dari RS lain.sekarang ada 2 dokternya,berbagi hari.
 Dokter Spesialis:
 Sp.PD, Sp.OG, Sp.A, Sp.B, Sp.An,Sp.N.
 Jaringan hanya telkomsel.
 Tim Perawat,Bidan,CS,Orang Lab,Radiologi,Supir Ambulans,Satpam,ramah dan baik2 intinya tergantung kita dengan mereka.
 Secara keseluruhan diRSUP tidak ada kendala.
 Iship wajib ikut Apel pagi senin,rabu,jumat(biasanya jumat dirangkaikan senam pagi bersama),hari2 besar(akhir tahun,hari kesehatan,dll)yang diinfokan oleh dokter pembimbing.

.

3.Puskesmas

 rotasi /4 bulan wajib hadir seluruh stase puskesmas
 Jam kerja 08.00-12.00 ishoma 14.00-16.00,
 Senin-Jum’at masuk pagi untuk poli bareng dokter puskesmas atau kapus.
 Rata2 semua pasien perhari sktr +/-150an total seluruh poli bukan 1 poli saja.
 Kerja: Pengobatan diPoli, tindakan diIgd, Penyuluhan, Pusling.
 Dokter definitif puskesmas sering tidak berada di tempat dan melimpahkan pekerjaan sama dokter intership,dan balik ke puskesmas hanya untuk absen pulang.
 Uang jasa : –
 Insentif: –
 Rudis: ada,tapi tergantung kalau mau menetap musim pandemi begini biasanya rudis full sama pegawai puskesmas,jadi harus nyari kontrakan/kosan(biasanya dibantu sama perawat puskes untuk nyari)kontrakan/kosan biasanya tergolong mahal,tapi bisa ditawar,minta bantuan aja ke perawatnya buat tawar menawar.

.

Daerah

1.Panas kering, Pake AC lebih nyaman tapi kipas angin cukup
2.lumayan sering mati lampu tapi biasanya ga lama(kebanyakan mati lampu pas kita lagi stase jadi aman di RS tetap ada listrik)
3.kota termasuk ramai(kecuali puskes,sepi)
4.Air PDAM sering mati jadi kebanyakan pake air sumur bor,karena termasuk daerah pertambangan bekas newmont,air bau dan berwarna butek(disarankan beli saringan keran air)kalo mau nyuci jas mending pake saringan karena kasian jas putihnya ntar,ato nitip laundry ke temen domisili manado.
5.Di tiap kos biasanya ada tangki Penampung Air yg besar.
6.Di puskesmas juga sama airnya karena dekat pantai jdi ga terlalu bagus,mending beli air isi ulang buat mandi dan sikat gigi.
7.Tidak bisa untuk ngamen (jaga klinik), kliniknya dikit,dan jauh.
8.Internet Telkomsel 4G
9.Kekurangannya kalo hujan atau mati lampu, sinyal mati/hilang. Biasa memang seperti itu dimana pun.kalo di PKM internet pake im3,murah dan signal bagus.
10.Indomaret 5 menit di bolaang mongondow timur(dari RS).di PKM hrus ke belang sekutar 15menit untuk ruko yg agak besar dan lengkap.
11.ATM BRI, SULUT Go, jangan khawatir kalau kita hanya punya BNI dan BCA karena atm disini LINK tidak di pungut biaya
12.Tempat makan lumayan banyak bisa pesan antar juga ada kafe standar bukan remang remang.di RS maupun PKM tinggal tanya ke perawat,mereka biasanya punya nomor penjual yg delivery makanan.
13.Sarapan banyak yg jualan diPKM & RS harga 5rb-10rb(nasi kuning)/bubur manado mulai dari 6-8ribu
14.Hiburan/wisata di ratatotok pantai lakban(terdekat)lumayan bagus ada tempat nongkrong pinggri pantai yang lumayan pengelolaannya,kalian bisa jajan disini menikmati hidangan khas sulawesi utara,taman Megawati,pulau naga,dan ikon penduduk sekitar tempat ibadah kristen dan muslim yang bersebelahan(ada monumennya juga).Di belang pantai tumbak,pulau baling2.
15.Pasar sktr 3-5 mnt dari RSUP.klo di PKM harus ke belang,tapi biasanya ada penjual sayuran keliling lewat,kalo beruntung biasanya masyarakat sekitar suka ngasih ikan mentah untuk diolah secara cuma2
16.Plaza terdekat sktr +/-1,5 jam, di ibukota kabupaten MITRA,Ratahan.
17.Lingkungan sejauh ini aman,tapi kalau takut pulang kemalaman,bisa minta tolong satpam RS atau orang RS buat anterin(mereka biasanya mau,karena baik2 banget), mayoritas muslim,dan kristen masyarakat sekitar ramah, tergantung bawa diri masing masing, Bahasa dusun & Indonesia imbang.
18.Biaya hidup: termasuk standar, cukup dari BHD, tergantung gaya hidup masing2.karena disini kalo mo nabung kayaknya lumayan susah.
19.LIBUR tergantung jadwal, untuk liburan biasanya kalau di RS paling lama 4 hari dan wajib minta izin dari pedamping kalau mau libur lebih lama(selama alasan jelas dan masuk akal,pasti dikasih kok,yang penting rajin2 & bertanggung jawab kalau stase)dan di PKM juga harus minta izin mau wa atau surat.

.

Kesimpulan

1.wahana di rekomedasikan untuk sejawat yang mencari suasana kerja nyaman,dan banyak tindakan.wahana ini juga untuk sejawat yang mau belajar bisa banget,kasusnya beragam(buat bekal praktek mandiri di daerah kalo yang mau PTT).
2.Kalau buat yang nyari duit lebih,mungkin ga terlalu disarankan.but FYI kerja disini sebanding sama income kita,jadi buat kita yang sementara iship fine2 aja(apalagi kalo yg domisili manado,klo yang dari luar juga sejauh ini masih oke karena suasana kerjanya yang bener2 nyaman)
3.Untuk perawat,dokter di PKM atau RS , baik ramah dan mau sharing tergantung kita bawa diri

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!