1,067 total views

Kota Kupang, NTT

Rumah Sakit Angkatan Laut Samoel J. Moeda – Puskesmas Oebobo

Periode: Mei 2019-2020

Daerah : Kota Kupang, Ibukota NTT

Wahana RS: RSAL Samuel J. Moeda

Wahana Puskesmas : Puskesmas Oebobo

Kuota iship : 12 orang

Jumlah iship mei 2019 – 2020 : kami hanya ber 5.

.

Puskesmas Oebobo :

Fasilitas:

1.Rumah dinas : (Rencana baru mau dibuat)
2.Kendaraan dinas : –
3.Insentif Daerah : –
4.Penghasilan tambahan : –

.

RS :

Fasilitas:

1.Rumah dinas :
 ada 2 (di lingkungan angkatan AL). Ini mudahin kita banget sih buat langsung ke RS. cm tnggal jalan 1 menit juga sampe.
 Di rumah dinas udah ada  lemari, tempat tidur,tanki air) tapi kalo mau  nambah AC/ kulkas/TV diperbolehkan banget . udah okedeh buat nginep 1 taun kedepan.
 Listrik juga gratis. kecuali buat listrik depan rumah. Isi pulsa 25rbu juga udah bisa buat setaun.
 tapi kalo mau ngkost juga bisa, kisaran 1.5 jt/bulan udah lengkap ada ac, kamar mandi malem wifi. (tp jaraknya sekitar 10 menit dari RSAL)
2.Kendaraan dinas : –
3.Insentif Daerah : –
4.Penghasilan :
 ada jasa visite dan jasa IGD (per pasien ranap) (tergantung kesepakatan di awal).
 Di periode kami, jasa visite : 10.000/pasien/hari, sedangkan untuk jasa IGD : 25.000/ pasien ranap.
5.Makan setiap jaga (kecuali malam : dapet snack). Bisa ngirit bgt sih jadinya wkwkw.

.

6.Makan di deket2 RSAL : harga bervariasi sih. cm kami disni harga 10ribu – 15 rb juga udah kenyang beb.

.

Akses jalan menuju wahana :

1.Dari Pusat Kota ke RSAL kurang lebih 15 – 20 menit
2.Puskesmas tepat di kota.
3.Jarak RS ke PKM +/- 15 – 20 menit
4.ada kendaraan umum (angkot), tp blm pernah naik juga. Lebih baik sewa motor (500 – 750 ribu/ bulan) / grab. go jek gak ada.

.

JAM KERJA

Karena kami hanya berlima, maka di awal dibentuk kesepakatan semua iship di RS dulu selama 8 bulan. Selama 8 bulan, kami shiftnya langsung IGD – Bangsal. Tidak dibagi per 4 bulan.

1. IGD – Bangsal

 Dalam sekali periode shift ( 2 hari jaga)
 Hari pertama :
1.Bangsal (07.00 – 15.00)
2.IGD sore (15.00 – 21.00)
 Hari kedua
1.Bangsal – IGD (07.00 – 15.00)
2.IGD malam (21.00 – 07.00)
 Jaga IGD bareng 1 dokter definitif. Rata rata masih muda, asik, bisa diajak diskusi, bisa juga diajak main + karokean + barbequan bareng. Intinya :
 Perawat dan staff RSnya asyik, terampil, suka bercanda, ramah. Kalo emng masih bingung2 perkara praktek, bisa tnya2. ntar didampingin kok. Intinya : perlakukan mereka sebagaimana kamu ingin diperlakukan.
 Di igd jumlah pasiennya bervariasi + kasusnya lumayan beragam (tergantung rejeki kawan).
 Untuk sifat – sifat pasien ya gitu sih ada yg nurut ada yg ngeyel. ada yg keras, ada yg ngajak berantem. Banyak2 berlapang dada dan berdoa.
 Di bangsal : kerjaan iship visite pasien.
 Kasus dibangsal sejujurnya ga terlalu banyak. karena masih Rumah Sakit tipe D , jadi sedikit ada kasus aneh pasti akan langsung rujuk).
 Dokter spesialisnya baik – baik, asal tau tindakan awal untuk suatu kasus + jaga attitude, lancar2 aja. kalo bingung,bisa tanya beliau2.
 Ada presentasi kasus juga. (ya sesuai yg diminta kemenkes lah)

2. Puskesmas (Tidak melayani IGD dan Rawat Inap)

 Jam kerja Puskesmas (08.00 – 14.00)
 tapi kita harus datang pukul 07.15 untuk itu apel / doa pagi.
 Program (posyandu, posbindu, atau penyuluhan dll)
 Di PKM ini ada 1 Puskesmas Pembantu juga, jd nanti dalam seminggu ada rotasi Di puskesmas induk (oebobo) dan Pustu.
 Kegiatan lebih diutamakan ke UKM drpada UKP (pengobatan).
 Di Puskesmas ada 2 dokter PNS, 1 dokter PTT , dan 1 dokter struktural (kapus)..
 Perawat, petugas kesehatan, dan bidan baik2 kom. tinggal pembawaannya kita ke mereka sperti apa.
 Puskesmas di tengah kota, mau makan apa aja ada sih. santai.

.

Tempat wisata :

1.Untuk wisata alam di Kupang sendiri sih ga terlalu banyak karena emng kota (udah ada da bioskop, lippo mall,transmart, happy puppy, j.co, kfc, McD, kopi soe, janji jiwa, pizza hut – udah aman deh kalo mau hedon2 dikit)
2.tapi kalo mau keluar dari “zona kupang” banyak wisata alam yang bisa di explore.
3.Bisa juga kalo mau ke pulau2 luar kaya Pulau Semau,P. Rote,P. Alor dll (asal kuat dana dan punya waktu aja) wkwk.

.

Overall

Untuk wahana RSAL – Puskesmas Oebobo, iship masih bisa belajar dan bermain sih.

.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!