1,285 total views

Review RS MA Sentot Patrol Indramayu Jawa Barat
Puskesmas Sukra September 2018- September 2019
Kuota iship 21 orang terisi 19 orang

1.RS

a. Stase IGD

  • Dibagi 3 shift
  1. pagi (jam 07.00-14.00) 2 iship jaga,
  2. shift siang (14.00-21.00) 1 iship jaga,
  3. shift malam (21.00-07.00) 1 iship.
  • Jumlah pasien per sift sekitar 10-30, kasus variatif, iship di berikan wewenang layaknya dokter jaga, konsul ke konsulen.
  • Untuk jadwal jaga kita yang membuat tetapi harus di ACC pembingbing terlebih dahulu,
  • Untuk tugas portofolio ada 4 maju bersama pendamping.
  • Jaga sering di tinggal oleh dokter definitif (jadi kalau iship nya bingung ya bingung sendiri).
  • Kadang kadang beberapa perawat suka hilang juga, jadi di IGD cuman iship di temani 1 orang perawat. Kalau pasien lagi rame ya apes aja.
  • Iship di berikan kamar jaga tapi tidak ada kasur (kasur patungan anak anak iship).
  • Tipikal pasien pakai bahasa jawa Indramayu 80-90% dan karakter orang orang pesisir pantai .. ya tau sendiri lah.
  • Kesimpulan IGD :
  1. bagus buat belajar mandiri dan buat iship yang mau capek cocok .
  2. Dapat uang makan 20 rb buat yang jaga siang dan malam,
  3. hali libur dan tanggal merah juga dapat 20 ribu lumayan lah ya..

b. stase bangsal

  • Di sini nama ruangan di kasih nama ikan2… Lucu ya
  • Ruang Bandeng 1 jumlah bed 28
  1. Ada ruang isolasi, isi 3 ruangan… Kita FU jam 6 man lah tulis SOAP, nungguin konsulen visit, nulis resep, kalau konsulen ga visit ya kita konsul via WA…,
  2. Kita ga ikut poli. Nunggu di ruangan sampai pulang jam 2.
  3. Konsulen baik baik, ada yg ngajarin dan ada juga yg biasa aja.
  • ruang bandeng 2
  1. Jumlah bed 16
  2. Sama kya bandeng 1, cuman ruangannya lebih baru dan bagus.
  3. ruang blanak (anak) dan R kerang (peri)
  4. Konsulen anak baik dan perhatian sama iship, cuman suara agak pelan jadi kita harus fokus apa yang sedang di bicarakan.
  5. Follow up datang jam 5 subuh, nulis SOAP nunggu konsulen datang jam 7 atau jam 8 nan.
  6. Habis selesai visit nulis resep, selebihnya nunggu sampe jam 2 siang. Mirip kya koas lah kita ini…
  • ICU
  1. Bed 8
  2. Nulis SOAP, jaga enak, perawat baik baik. Lapor ke konsulen kalau ada pasiennya. Edukasi ke keluarga kalau terjadi perburukan.
  • ruang rajungan (bedah)
  1. Kita follow up kya biasa, untuk hari senin, selasa, kamis kita ikut OK… Kalau ga ikut nanti di cariin konsulen.
  2. Bagi yang suka ilmu bedah bagus buat belajar,… Kalau ga suka bedah ya agak males sih ikutnya juga.
  3. Pulang bisa sore kalau oprasinya banyak..
  • Di bangsal tidak ada jaga malam, perizinan agak susah harus ada surat dan ruangan ga boleh kosong.
  • Tanggal merah dan hari minggu libur.
  • Tugas maju kasus 1 dengan konsulen
  • NB : di sini kita ga pegang pasien kebidanan dan obgyn sama sekali, jadi kurang mahir.

Kelebihan RS :

  1. Dapat uang makan tapi di rapel
  2. Dapat ilmu
  3. Terbiasa konsul ke konsulen

Kekurangan :

  1. Kurang cocok bagi iship yang ingin santai
  2. Agak mirip kya koas,

2. Stase PKM Sukra

  • Stase surga, pembingbing pkm, bidan, perawat dan karyawan lainnya super baik
  • Jam kerja
  1. 07.30-13.00 (senin-kamis),
  2. 07.30-11.30 (jumat),
  3. sabtu 7.30-12.00.
  • Pembagian masing masing pegang ruangan mtbs, poli lansia, poli umum, poned, igd pkm dan perawatan, tugas luar.
  • Sering makan makan ,
  • di ajarin usg sama pembingbing.
  • Tugas maju mini pro yang judulnya sudah di berikan pembingbing, tugas penyuluhan, dan tugas maju tentang proker puskesmas.
  • Tidak ada jaga malam.
  • Jarak 5 km dari RS.

Kelebihan : kelebihan semua

Kekurangan : tidak ada

Lingkungan daerah kecamatan patrol :

  1. Harga kos kosan 500-1 lebih juta, kontrakan 15 juta-30 juta/tahun… Itu tergantung pilihan masing masing.
  2. Makanan tergantung lauknya, nasi ayam 15rb, ya 10 rb masih bisa makan lah… Tempat nongkrong ala2 ada deket pasar
  3. Hiburan terdekat pantai pelentong (warnanya coklat gitu).
  4. Jalan pantura banyak truck besar dan bis,
  5. Suhu udara panas karena daerah pesisir
  6. Lingkungan masyarakat biasa aja, ada juga maling.
  7. kalau di sini wajib punya kendaraan pribadi, agak susah kendraan umum
  8. Gojek/grab ada… Cuman makanannya yg mau di pesen sekitar sini cuman itu itu aja
  9. Swalayan Yogya ada,
  10. Stasiun kereta terdekat kurang lebih 15-20 km (30 menit)
  11. Engga cocok buat anak kota lah tempat di sini

Kesimpulan :

  1. Kurang cocok untuk anak iship yang jauh, karena dari lingkungan yang membosankan dan minim hiburan.
  2. Ilmu dapat, jasmed jangan harap yaa (-).
  3. “Wahana ini Biasa saja”

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!