485 total views

RS Sobirin Musi Rawas/Puskesmas Muara Kelingi
Sumatera selatan
Periode agustus 2016- agustus 2017

RS Sobirin

Stase IGD:

  • dibagi jadi 3 shift, pagi siang malem. Masing-masing satu doksip.
  • Jaganya betul-betul kaya dokmum jaga, ga ada tugas-tugasan lain-lain. Ada dokter umumnya. Jadi jaga berdua dengan dokter umum.
  • Dokter umumnya baik-baik, ngasih kita kewenangan kayak dokmum. Kalo ada yg bingung juga ga bakal ditinggalin sendiri.
  • Perawat bidannya senior, tinggal kasih instruksi aja, semua dikerjain sama mereka. Untuk tindakan spesialistik, konsul ke dokter spesialis, langsung dijawab.
  • Untuk yg obgyn, dokter cuma nulis status dan konsul aja, semuanya bidan yang ngerjain dari awal-masuk rs.
  • Jaga IGD ngatur sendiri, jadi jadwalnya bisa diatur. Yang penting ada yang jaga aja.
  • Kasusnya bagus dan banyak, krn srg nerima alih rawat dr rs di sekitarnya, dari muratara, linggau, curup, tebing tinggi.
  • Untuk tindakan sih semuanya perawat yg ngerjain, tapi kalo emang mau, tinggal bilang aja. Kalo hecting, biasanya perawat ngerjain, tapi kalo tugas dokter kaya nulis status udah kelar, bisa kok hecting.

Stase Bangsal:

  • Kerjanya Senin-Sabtu sesuai jam kerja (tapi kadang sering nunggu sampe selesai visit konsulen).
  • Bangsalnya ya kaya biasa; interna, bedah, obgyn dll. Kerjaannya visit pasien pagi, nulis status, ikut visit konsulen (wajib ga wajib sih, disesuain aja).
  • Kerjaan ya duduk di bangsal, makan, main sama temen di bangsal lain. Rotasinya bisa ngatur sendiri.
  • Untuk Bedah, biasanya visitnya pagi sekali, terus langsung masuk OK, biasanya sama residen sih (mantap).
  • Selesai OK bisa pulang biasanya. Obgyn ga wajib ikut OK, biasanya nunggu aja di bangsal, tapi yang tertarik ikut OK bisa ikut.
  • Mata biasanya OK nya malem, ga ada kewajiban untuk ikut. THT juga ga ada kewajiban ikut, tapi kalo mau ikut, ikut aja.
  • Jadi semua kegiatan yang wajib itu cuma pas jam kerja (jam 14.00 senin-kamis) di luar jam kerja, bukan kewajiban untuk ngikutin.
  • Pas bangsal itu kita presentasi kasus, 1 aja. Jadi dari 5 kasus syarat internsip, 1 yang dipresentasiin 4 lainnya dikumpul aja.
  • Perawat bangsalnya udah senior, jadi nanyain obat enak, tindakan juga tinggal bilang aja, ga perlu supervisi kita.
  • Di bangsal kita punya kewenangan untuk ngasih tatalaksana sesuai pasiennya baru setelah itu konsul sama spesialisnya.
  • Spesialisnya pada baik sih, jadi bisa diskusi, nerima pendapat kita juga.

Puskesmas Muara Kelingi:

  • Sekitar 1 jam dari RS. Kerjaan pagi di poli, igd, dan ke lapangan.
  • Poli: umum, kia. (Isi 1 orang semua)
  • Igd: 1, Lapangan: ngisi posyandu beberapa tempat. Kesling biasanya gabut.
  • Sore malem: jaga igd 1-2 orang (biasanya yang igd pagi lanjut jaga malem)
  • Tinggalnya di Puskes, ada rumah untuk dokship. Agak terpencil gitu, tapi enak buat mencari pengalaman baru kalo emang anak kota banget, main ke sungai dll, apalagi kalo temen sekelompoknya enak.
  • Kasusnya di sana biasanya sih KLL, digigit ular, selebihnya kayak kasus biasa. Kalo ada yang partus, biasanya sama dokter.
  • Perawat bidannya enak, tinggal bilang aja tatalaksananya.
  • Presentasi minipro di puskes.

Gaji:

  1. BHD aja. Dari IGD ga dapet (2 tahun lalu ga tau sekarang).
  2. Tapi silakan urus insenda pas baru masuk. Mau minta file-nya boleh. Langsung ajukan seminggu pas masuk. Puskesmas ada dapet kalo partus, dan biaya-biaya lain.

Kelebihan:

  1. kasus banyak
  2. ilmu terjaga uptodate
  3. ketemu residen yang mana sering jalan bareng dan bisa minta bimbingan lagi dan lebih enak mau diskusi
  4. ketemu koas di bangsal dan IGD yang mana bisa jalan bareng bisa main bareng
  5. kerjanya kaya dokter umum bukan kaya dokter internsip yang lagi nyari tugas
  6. perawat handal
  7. konsulennya lovely, pinter, baik, sering ngasih bimbingan
  8. cuma sekali aja presentasi kasus
  9. dokter pendamping internsip baik
  10. jadwal kerja yang bisa ngatur sendiri
  11. di pusat kota Linggau
  12. Linggau sekarang udah ada mall, ya jadilah

Kekurangan:

  1. RS nya kotor dan sempit (kalo dulu sekarang kan udah akre)
  2. puskesnya jauh dari kota
  3. kosan mahal kalo mau yang di depan RS

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!