1,508 total views

RSBP batam & PKM Sei pancur
Periode Nov 2019-Sep 2020
Batam, Kepulauan Riau

1. STASE RS

  • RS tipe B
  • Pembimbing ada 2 : personalnya baik, muda, disiplin, gaul, enak diajak diskusi, agak iseng
  • Secara pengalaman, dokter2 dan pegawai disana fleksibel tergantung gimana mendekatkan diri
  • Shift pagi : jam 07.30 -14.30
  • Shift siang : 14.30 – 21.30
  • Shift malam : 21.30 – 07.30
  • Jaga IGD ditemanin 1 dokter definitif, sekarang karna lagi covid ada dokter PIE. Nanti kalo ada pasien, iship tetap megang semua pasien dan hasil anamnesa dan pfnya dilaporin ke definitif untuk terapinya jangan terapi sendiri tanpa konfirmasi dr. Definitif, nanti konsul ke spesialis sendiri, mandiri, tapi kadang dr. Definitifnya yg ngelapor tergantung situasi dan kondisi tidak ada kamar jaga, jadi cari2 tempat saja buat tidur.
  • Jaga bangsal ditemenin dr. Definitif tapi kadang susah dihubungi (nggk semua sih) tugasnya terima laporan ada keluhan2, buat resep, edukasi pasien/keluarga, ngelengkapin form2 yg belum lengkap misalnya sio op. Trus klu ada keluhan2 anamnesa dulu, pf dulu trus lapor ke dr. Definitifnya dulu, terutama klu ada yg gawat. Nanti tergantung dr. Definitifnya, ada yg mau liat dulu, ntar sama2 kasih diskusi buat terapinya, atau disuruh langsung lapor ke dpjp, tergantung keluhan, atau lapor lab nanti. Klu sempet mau ikut dr. Dpjp visite silahkan (rata2 pada ngajarin pas visite) klu ada tindakan boleh juga ikut. Pokoknya dpjp sebagian besar baik2 dan tipe pengajar semua
  • Jaga malam tugasnya buat resep semua ruangan, bidan2nya rata2 mandiri untuk lapor2 ke Sp.OGnya tapi tergantung kasus jg.
  • Untuk iship ruangan udah ada kamar jaga untuk tidur atau nyanti bentar.
  • Klu mau libur/cuti bisa temennya harus back up, dikasih 4 hari tapi harus tetap GANTI jaga hehehehe
  • skill dan ilmu: bebas bisa masang infus, kateter, ngt, partus dll, disesuaiin aja sama kondisi biar kondusif, ilmu bisa.diskusi sm dpjp, perawatnya juga baik2 kok super enak BANGET dan pengalaman semua rata2 pada ngajarin, klu mau intubasi disini tempatnya dikasih banget usahain ada dr. Definitifnya yg nemenin.
  • Tambahan penghasilan dari RS : 400 rb an (dengan catatan absen harus lengkap dan di ttd pembimbing)
  • Kelebihan : buat nambah dan ngasah ilmu disini tempatnya, dpjp, dr. Definitif, perawat bidan baik2 banget bikin betah disana
  • Tugas diluar pelayanan:
    • setiap senin pagi (dihadiri yg igd dan bangsal) ada ronde, didampingi definitif (jarang) dipimpin spesialis. Cari 2 case, nanti persentasiin secara lisan sama konsulen dan didepan pasien. Spt diskusi dan suka ditanya2.
    • Setiap rabu dan sabtu (terutama stase IGD) : ada laporan jaga di komite medik, untuk laporan jaga rabu ( persentasiin semua pasien yg kita terima di igd darihari sabtu siang sampai selasa malam) untuk lapjag sabtu (pasien yg diterima dr hari rabu siang sampai jumat malam). Format nya SOAP berupa PPT, yang ditampilkan SEMUA PASIEN BAIK YANG DIRAWAT MAUPUN YG DI PULANGKAN (lapjag bisa jadi sarana belajar banget karena iship sering dikejar dan ditanya2 teori dan dasar penegakkan diagnosisnya, konsulen2 cukup kritis. Tapi seru sih ). Tapi bagi yg dipulangkan ga bikin SOAP nya. Tampil di depan spesialis dan definitif.
  • Untuk laporan kasus masing2 5 semua di tampilkan didepan DPJP dan 1 wajib di Komite Medik
  • wahana : gedung baru, ada roti o, dan indomaret. Ga menutup kemungkinan ada starbucks, apalagi pembimbingnya starbucks addict

2. STASE PKM

Wahananya ramah, kekeluargaan. Dokter definitif, Perawatnya, bidan baik2, yg penting mau berbaur, nanti ikut apel, rapat lokakarya mini, segala program2 puskes. Terutama Program keluarga sehat (ini udh tugas akhir kita) lokasi pkm dengan RS lumayan jauh ujung ke ujung. Kerjaan cukup santai, bisa nabung libur

Untuk pendapatannya :

  1. BHD 3.150.000
  2. Insentif daerah : tidak ada
  3. RS : 400 rb an (absen harus lengkap)
  4. Puskesmas : Tidak ada
  5. Tidak ada rumah dinas, mess, jadi harus cari kos/kontrakan sendiri

Lingkungan batam : batam kota banget, mallnya udah adekuat, kulinernya mantep2, tempat nongkrong banyak. kalo bosen, ke singapore cuma 45 menit (tunda dulu ya lagi corona soalny)

Intinya : Wahana RSBP recommended untuk yang rajin dan haus ilmu

Catatan : kalau untuk yang santai, mau sering liburan, atau mau cari uang (apalagi insentif daerah ditiadakan) bukan tempatnya

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!