647 total views

Periode : Mei 2019 – Mei 2020

Nama Wahana : RSU Permata Medika dan Puskesmas Alian, Kebumen-Jawa Tengah

Kuota: 15 orang

.

Keterangan

1.Untuk thn ini, pembekalan kita di Yogyakarta. Dari yogyakarta ke kebumen, hanya ada “travel” dengan waktu perjalanan 5-6jam. harga travel kurang lebih 150rban. Bisa naik kereta, tapi lebih lama perjalanannya.
2.Di Kebumen ini tidak ada mall. Tapi masih ada cafe2 dan pusat perbelanjaan. Indomaret alfamart ada. Untuk fast food seperti kfc, mcd, tidak ada. Paling mentok hny ada CFC dan itu pun di terminal bus yg jaraknya agak jauh dr kota. Dari alun2 kota ke RS, kalau naik kendaraaan hanya 5-10 menit.
3.Kostan banyak. Rata2 kostan dengan AC 800.000-1.200.000 diluar token listrik. Dan kostan tanpa AC rata2 350.000-800.000.
4.Untuk makan sehari2, termasuk murah. Dgn 10-20rb sudah bisa makan enak kalau beli di ponggiran. Kalau di cafe2, harga standart cafe pada umumnya.
5.Transportasi sudah ada grab/gojek. Tapi untuk angkutan umum, jarang. Lebih enak kalau bawa kendaraan sendiri.
6.Wisata : banyak pantai-pantai, banyak bukit juga. Dari kota ke tujuan rata2 1-2jam. Dan harus naik kendaraan sendiri, repot kalau pakai transportasi umum

.

Fasilitas :

a)di RS ada semacam mes untuk beberapa orang. Tapi kami ga ada yg tempati karna kami periode pertama isip di RS ini dan tidak tahu ada mes. Utk kondisi mesnya juga kurang paham karna tdk pernah tengok ke mes nya
b)di RS disediakan kamar jaga igd dan bangsal. Kamar nyaman. Karna benar2 welcome iship. Dapat makan juga setiap shift. Kalau shift pagi dan siang dapat makan besar, kalau shift malam hanya dapat cemilan tapi pas paginya dapat sarapan.
c)Pemasukan : BHD tiap bulan. Tidak ada insenda. Insenda dari RS masih direncanakan sampai sekarang, dan rencana diberikan pada akhir kelar internsip
d)Pembimbing : Ada 3, 2 di RS dan 1 di PKM.
e)Pendampingnya baik-baik. Ngebantu banget. Kalau ada masalah,bisa sharing. Dan suka ajak jalan-jalan bareng, bareng dokter2 lainnya disana.
f)Untuk libur, mau alasan apapun itu, tetap dihitung cuti maksimal 4x per tahun. Tidak bs nego.
g)Untuk jadwal, atur jadwal sendiri tetapi tidak bisa rapel libur lama2. Jadwal kami sekarang maksimal libur 4 hari. Pernah mau rapel sampai 5-7 hari tapi tidak diijinkan. Dan per orang dalam sehari jaga 2 shift jg tidak diijinkan.
h)OH IYA, kami bikin jadwal igd dan bangsal digabung. Jadi seminggu igd, seminggu bangsal,dst selama 8 bulan. Tp kalau mau dipisah sendiri2 bangsal 4 bulan, igd 4 bulan, boleh juga.

Stase IGD (4 Bulan)

 Dibagi 3 shift (pagi 07.30-14.30, siang 14.30-21.00, malam 21.00-07.30)
 Untuk total personil jaga per shift sebenarnya terserah. Kalau kami, IGD 1 orang per shift,
 bangsal 1 orang per shift, demi mendapat libur panjang dikarenakan per hari tidak boleh 1 org jaga rapel 2 shift.
 Jumlah pasien musiman. Kalau lagi rame2nya, per shift bisa sampai 20-30 pasien. Tapi kalau lagi sepi2nya, per shift bisa hanya 4-6 pasien
 Jaganya iship + dokter definitif.
 Dokter definitif enak-enak semua. Sudah serasa teman sendiri. Suka pergi2 nongkrong bareng isip juga.
 perawat baik-baik n cekatan
 Di IGD, isip bebas menangani pasien apa saja. Kalau memang ada yg bingung dalam menangani pasien, bisa diskusi dgn dokter definitifnya.
 Kalau pasien lg banyak juga dokter definitifnya ikut periksa. Jadi disini dokter definitifnya ga membiarkan kita memeriksa sendirian kalau pasien lg membludak datang.(tiba2 dalam 1 waktu lnsg datang 5-6 pasien)
 Dokter definitifnya biasanya inisiatif bantu, gantian periksa pasien. Kecuali kalau lagi sepi, misal pasien datangnya hanya 1 1 , biasanya internsip yg tangani sendiri.
 mau tindakan juga diperbolehkan. Bebas. Perawatnya biasanya mau asistensi.

.

Stase Bangsal (4 Bulan)

 TIDAK ADA POLI
 ada jaga pagi,siang dan malam.
 untuk shift pagi, kerjanya visit pasien kelas 3. Lalu isi assessment awal pasien baru dan apabila lab sudah keluar, langsung konsul dpjp. Setelah itu terserah mau ngapain, tapi tidak bs pulang. Harus menunggu sampai jam ganti shift
 untuk shift siang dan malam, kerjanya hanya isi assessment awal pasien baru dan lab keluar, konsul dpjp.
 kalau sdh tidak ada kerjaan, bisa istirahat di kamar jaga bangsal.
 biasanya kalau ada yg urgent, atau keluar hasil lab pasien baru, atau ada pasien mau pulang, isip di WA oleh perawat bangsal utk melengkapi berkas.
 disini ga diwajibkan untuk ikut operasi, atau ikut visit spesialis. Tapi kalau mau ikut, diperbolehkan.

.

Untuk “Tugas” saat di RS:

a)harus membuat 1 laporan kasus besar disertai teori dan dipresentasikan di komite medis bareng ketua komed, spesialis sesuai kasus, semua dokter umum dan pendamping dan semua isip.(dan kadang pak direktur juga hadir) Dan harus berbeda kasus setiap oranh.
b)Kalau kami, di rs 10 orang, skali maju 2 orang 2 orang. Jadi 2 org itu harus mengambil kasus dengan bagian yg sama. Misal nya 2 org pertama ambil anak, 2 org pertama ambil bedah, dst.
c)membuat 4 laporan kasus kecil tanpa teori, hanya di presentasi kan di kelompok kecil (isip+pendamping)
d)untuk maju presentasi, diawal bulan biasanya sudah mulai. Kami di bulan ke2 sudah mulai maju presentasi kasus besar dan maju setiap 2 minggu.
e)banyak seminar2, workshop di RS ini.

.

Stase Puskesmas

 jarak dari kota ke puskesmas ini agak jauh. 30menit an memakai kendaraan. Disarankan pakai motor. Biar kalau tugas luar, enak. Dan jalanan dr kota ke puskesmas jg lebih enak utk pengendara motor.
 hanya ada jaga pagi, walau puskesmas ini ada ranapnya
 pendamping dan pemegang UKM di puskesmas enak bgt dan dokter2 disana dan perawat bidan disana juga enak-enak, welcome.
 Dateng pukul 07.30
 Start kegiatan kalau dalam (BP/KIA/MTBS/PTM) 08.00 tet, kalo luar tergantung pemegang program (bisa <8.00 bisa >8.00)
 Tugas poli: BP dan KIA (MTBS/PTM optional hanya bila diminta)
 Tugas luar: macem2, ada posbindu, posyandu, pelatihan CTPS, dokter kecil, pemicuan STBM, screening ke sekolah, perkumpulan lansia, dsb
 Dapet minum gratis, kalau mau bikin minum silakan
 Hampir tiap hari ada yang bawain makanan di pantry, mulai dari gorengan, rujak, brownies, sampe makanan berat
 Disarankan bawa kendaraan karena perjalanan dari Kebumen Kota jauh
 Mayoritas masyarakat berbahasa jawa ngapak jadi harus bisa bahasa Jawa dalam komunikasi dengan masyarakat
 Untuk “Tugas” di puskesmas, buat 1 mini pro per orang. Dalam 1 kelompok, boleh judulnya sama, tetapi beda wilayah per orang.

.

Kesimpulan :

a)overall, enak sih di RS ini. Kalau mau berniat belajar tekun, di rs ini bisa banget karna bebas mau ngapain aja dan mau diskusi sma spesialis jg bole, atau ikut kegiatan spesialis. Tapi yg mau malas-malasan juga bisa, tinggal ikutin jadwal saja hahaha
b)puskesmas juga bener2 enak bgt. Enjoy deh!

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!