2,131 total views

REVIEW WAHANA
RSUD Dr.Drajat Prawiranegara/PKM Kramatwatu
Serang – Banten
September 2018 – September 2019

1. STASE PUSKESMAS

  • Jam kerja 07.30-14.00 kecuali jumat sampai jam 11.00, ada jaga sore dari jam 14.00 – 21.00
  • Kewajiban selama bertugas : 80% ukm, dan 20% ukp berupa jaga poli umum dan mtbs (poli anak), serta jaga sore (jaga igd dan visite pasien ranap kalau diminta).
  • Pembimbing : dr. Enik Utmawati (baik tapi perfectionist, awal2 kita ikutin aja maunya beliau lama2 nanti bisa lebih fleksibel)
  • Proses perizinan : insyaAllah mudah
  • Tanggung jawab selaku internsip : hampir 100%
  • Tambahan penghasilan : 0 (nihil)
  • Kelebihan : tanggal merah libur (no shift)
  • Kekurangan : tanggal merah hari raya idul fitri Jaga IGD selama cuti lebaran gantian, gak ada tambahan pemasukan apa-apa, dan hati-hati ada oknum puskes yang mengadukan absen fingerprint dan hasil cctv ke kapus

2. STASE IGD RUMAH SAKIT

  • Jam kerja : pagi 07.00-14.00, siang 14.00-21.00, malam 21.00-07.00
  • Yang shift pagi wajib ikut apel pagi jam 07.15 di lapangan RS, bulan puasa jam 07.30
  • Pembimbing : dr. Susan (baik asik dan kocak, berasa kaya ke temen aja)
  • Proses perizinan : insyaAllah mudah
  • Tanggung jawab selama di IGD : awal-awal 30% dokter internsip dan 70% dokter definitifnya, tapi kalo udah lama bisa 40%:60% bahkan 50%:50%
  • Skill : langsung dpt bimbingan dari dr.Ririek SpEM (jaga pagi) dan dr.Atep SpEM (jaga sore) selama stase IGD, ilmu kegawatdaruratannya dapet banget disini, dan bisa ngelakuin banyak tindakan (pasang infus, kateter, blass pungsi, hecting, dll)
  • Tambahan penghasilan : insentif RS 700.000 (mulai dari bulan ke-2), denger-denger mau diajukan kenaikan insentif cuma pas tahun kami gagal naik sih
  • Kelebihan : masih dibawah pengawasan dokter spesialis emergensi, dokter umum, kasus variatif, aa dan teteh perawat baik&membantu (walaupun ada juga yg pasif), dapet makanan pas jaga (kecuali bulan puasa, tp yg non islam dapet snack kalau jaga pagi),
  • kosan disekitar RS masih ada walaupun mahal dan gak semuanya bersih, yang nyari ilmu pas banget milih di RS ini
  • Kekurangan : pasien banyak krn RS rujukan, tapi gak semenyeramkan itu kok. Lama-lama jadi kebiasaan kasih resusitasi di IGD
  • Keterangan lain: kos2an banyak di daerah belakang atau depan rumah sakit kisaran harga 1-2jt (tergantung fasilitas), tapi kalau mau agak murahan sedikit (900k-1juta) dan bersih tapi agak jauh dikit (10-15menit dari RS) bisa ke daerah cipocok (komplek marga wiwitan)

3. STASE BANGSAL

  • Jam kerja : pagi 07.00-14.00, siang 14.00-21.00.
  • Yang shift pagi wajib ikut apel pagi.
  • Pembimbing : dr.Iis Aisah (baik, bijak, dan keibuan sekali)
  • Proses perizinan : mudah yg penting saling backup dan ada yg jaga aja. Jadwal fleksibel
  • Tanggung jawab selama di bangsal: kerja 100% keliling bangsal (termasuk VIP dan VVIP kecuali VK dan ruang bayi), panggilan pasien gawat, dan konsul dokter spesialis. Tapi kewenangan kita buat tatalaksana pasien cuma sekitar 20% aja, karena dokter definitifnya yang berwenang kasih tatalaksana. Kita yang nulis di cppt rekam medis, tapi kita kudu cantumin nama dokter definitif yang jaga bareng kita selain nama kita. Saat jaga pagi gantian ikut jaga poli, dan kadang ditelpon untuk ikut ODS (bedah minor kaya ekstirpasi lipoma, dll).
  • Skill : Bisa ngelakuin tindakan saat ODS dan jaga sore, bisa sharing ilmu dari dokter definitif pas jaga sore kalau dokternya mau diajak diskusi, dan bisa kenal langsung sama dokter spesialisnya dibanding saat di IGD karena saat pagi kita ikut visit dokter spesialis di bangsal dan pas jaga sore bisa sampe kita yg nelpon ke dokternya kalau memang ada keadaan yg harus nelpon beliau (kecuali dr. T,SpAn yang kudu nelpon dokter definitifnya)
  • Tambahan penghasilan : insentif RS 700.000 (mulai bulan ke-2)
  • Kelebihan : kasus variatif, ada kamar dokter internsip di ICU, jadwal atur sendiri, dapet makanan pas jaga (kecuali bulan puasa, tp yg non islam dapet snack kalau jaga pagi), dan gak ada jaga malam (gak tau ya batch selanjutnya bakal tetep gak ada jaga malam atau bakal diadain)
  • Kekurangan : jaga pagi di bangsal agak jenuh karena ngikutin konsulen visit, tapi anggap aja lagi refreshing ilmu lagi. Seru kok kalo misal ikut visit dr.S,SpJP sambil refreshing kasus jantung dan interpretasi ekg lagi. Kalau lagi banyak keluhan pas jaga sore atau jaga pagi hari minggu rasanya capeeek banget harus datang kesana-sini, banyak doa aja dan atur taktik kalian dalam menghadapi keluhan. Sabar aja ya kalau dokter definitifnya gak ikut dateng ke pasien gawat/ pasien lain yg butuh diperiksa langsung, yang penting ttp komunikasi sama beliau. Tapi sabar juga kalau dokter definitifnya susah dihubungin pas jaga bareng, kebanyakan responsif kok.

4. Lingkungan sekitar wahana

  1. Tempat tinggal: kos-kosan banyak di sekitar RS harga 1-2jt tergantung fasilitas. Di PKM kramatwatu disediakan mess/rumah dinas untuk internsip tapi begitu deh keadaannya, kalau ngerasa oke dimanfaatin aja gapapa. Naik mobil dari serang ke PKM sekita 15menit lewat tol RP 3.500, kalau lewat biasa 20-25menitan.
  2. Tempat makan: shift pagi dapat snak dari RS, shift sore dapat makan dari RS bagian gizi, shift malam dapat snak biasanya roti sama susu (ultra atau milo). Tp kalo mau jajan di belakang sama depan RS juga banyak. Bulan puasa yang jaga sih gak dapet makanan sahur atau makanan buka, tapi buat yg non-islam kalau pagi ttp dapet snack kok. Di IGD sih pas puasa kalau buka atau sahur suka pada bancakan sama perawat2nya.
  3. Kalau di PKM tinggal ke depan banyak yg jualan kok. Makanan gratis pas PKM kadang-kadang kalo ada yang beliin, tapi bulan puasa kalo jaga IGD dikasih mie instan+telor, silahkan bikin sendiri wkwk.
  4. Hiburan: ramayana tinggal nyebrang dari RS 🤣. Bioskop di serang ada cinemaxx, tapi kalau mau xxi bisa ke cilegon atau tangerang. Kulineran gak begitu variatif, disini banyaknya makanan ikan-ikanan sih. Harga makanan mirip kaya di jabodetabek, tapi kalo sekitaran puskesmas masih agak lebih murah sedikit. Kalau ke pantai sih masih jauh juga ya sekitar 1-2jam dari Serang, tergantung juga sih mau ke pantai mana. Kalau kafe juga gak begitu banyak. Tapi tempat gym ada kok hahaa.
  5. Budaya di rs, pkm, atau masyarakat sekitar: orang2nya baik dan kekeluargaan, walaupun mungkin kaget kalau kaya agak teriak-teriak gitu. Bahasa sunda atau jawa serang gapapa bisa kok nanya ke perawat2 utk bahasa.
  6. Transportasi: Kalo gak ada kendaraan pribadi, kendaraan umum disini cenderung gak variasi yaa gak kaya umumnya di kota provinsi lainnya. Angkot dalam kota banyak, tapi denger-denger bisa diputer-puterin abangnya auk nyampenya kapan. Ojek online mudah kok dapetnya, mau sampe ke daerah PKM kita yg notabene udah di luar kota serang masih pada ngambil kok, dari PKM ke serang juga masih gampang mau malem pulang dari pkm juga. Buat ke jabotabek bisa naik bis kota dari terminal pakupatan, range harga 30-50k kelas ekonomi AC. Travel resmi ada, travel gak resmi alias mobil elf gitu banyak di deket toko oleh-oleh. Kalo naik kereta agak ribet karena krl dari Jakarta cuma nyampe ke Rangkasbitung, abis itu nyambung lagi naik kereta lokal merak yg cuma ada kelas ekonomi (jamnya dikit banget dlm sehari). Bandara terdeket ya soekarno-hatta, kurang lebih 1,5-2jam kesana, bisa naik damri.

5. Kesimpulan Wahana

Kelebihannya masih lebih dominan ketimbang kekurangannya sih. Bisa enjoy di wahana ini atau gaknya tergantung orientasi kalian apa. Kalo orientasinya mau nyari ilmu tapi gak berat, bisa dapat tambahan BHD yg lumayan, dan masih deket jabodetabek, ya disini pas banget. Tapi kalo maunya hidup senang dan amat santai ya mungkin wahana tetangga jawabannya. Cuma ngingetin aja sih, abis internship itu kita bener-bener praktek sendiri, jadi pertimbangkan dengan baik yaa mau internship yang kaya apa

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!