1,341 total views

wahana internship Sept 2019 – Sept 2020
RSUD Encik Mariyam, Daik, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau

  1. Periode thn kemarin gaada rotasi bangsal – IGD – PKM, semuanya dilebur, tapi periode kami (okt 2019-sept 2020) diberlakukan rotasi tsb
  2. Dokter pembimbing baik-baik, fleksibel, gaada yang ngatur-ngatur atau bersikap seperti atasan, kita semua dianggap sama karena sudah teman sejawat.
  3. Bahkan terapi yang kita kasih kadang gadikoreksi karena mereka takut nyinggung kita, tapi tetep dibenerin kalo ada yang salah, atau kalau kita nanya tetep dikasitau.
  4. Jaga IGD atau bangsal ada dokter pembimbing yang mau ikut mendampingi, ada juga yang bahkan ga datang, jadi bener-bener sendiri, tp masih bs nanya2 sama temen internship lain krn 1 shift jaga ishipnya berdua. Kalau memang mentok, kebetulan dokternya ga ditempat, mereka oke oke aja kalau ditelfon buat nanya2, kalau urgent bahkan mereka mau datang.
  5. Selo banget, borang online isi bebas, ga ditagih2, ga dicek juga kayanya kalo blm mau kelar ishipnya.
  6. Dokter spesialis jarang ada yang mau kesini, untuk terapi bisa kita konsulkan ke dokter spesialis di pulau tetangga, tapi DPJP nya tetep kita yg ttd.
  7. Inget walaupun kita ttd DPJP, kita masih internship, kalau memang ada apa-apa kita gabisa disalahkan krn tujuan internship adalah pemandirian dan pemahiran dalam artian kita harusnya masih dibimbing dan masih dalam proses belajar. In case ada sesuatu, seringnya sih aman-aman aja.
  8. Cuma itu, karena gaada spesialis jadinya gatau terapi yang bener apa, jadi dilema kalau ngasih terapi terus diubah sama temen sejawat.. gaada yang menengahi atau ngasih advice mana terapi yg tepat, jadi terapi pasien bs berubah2 terus, ya tapi kalau mau ngajak diskusi bisa bisa aja demi kepentingan pasien.
  9. Jadi kalau mau untuk belajar, disini kurang banget, pemeriksaan penunjang pun ga lengkap, pasien sangat sedikit tp kalau mau belajar sendiri juga bisa kalau memang rajin sih.

FASILITAS:

  1. jaman kami untuk 10 orang dapet 3 tmpt tinggal. 2 orang cowo dapet 1 kosan, gatau bentuknya gimana krn blm pernah masuk. 4 orang cewe di rumah kontrakan daerah sawin, rumahnya lumayan.. ada 2 kamar tapi 1 kamar ada springbed 1 nya lagi gaada, jd ngemper pake kasur aja dibawah, sekamar buat 2 orang, kamar mandi bersih, air lumayan jernih, dapet kipas 1 per kamar, perlengkapan alat masak lumayan lengkap, lingkungan bagus, deket warung dan tmpt makan, tetangga baik-baik dan sering kumpul makan2 atau masak2 atau olahraga. 4 lagi cewenya dpt 1 rumah kos tapi lebih kecil di daerah cening, 1 kamarnya kecil banget 1 nya lumayan dan pake ac, lantai semen dikasih karpet plastik, periode kami kipasnya rusak jd tidur berempat dalam 1 kamar ber ac, air mampet jd nebeng pake selang ke tetangga, wc mampet krn septic tank nya udh penuh tp disini gaada sedot wc jd gabisa dibenerin, semoga periode selanjutnya pindah rumah aja krn lumayan ga layak buat tmpt tinggal, lingkungan sepi.
  2. semuanya air dan listrik ditanggung rs.
  3. dapet motor dinas, 1 motor untuk 2 orang, tapi kebanyakan motornya udah butut jd harus ngengkol2 dulu baru idup. kalo awal2 masuk motornya diservisin sama rs, tapi selanjutnya setelah kita pake kalo rusak kita benerin sendiri, sering2 dicuci dan ganti oli.
  4. kalau mau protes atau butuh sesuatu, tinggal hubungi aja kasi yanmednya, kalau bs dibantu pasti dibantu, sangat kooperatif.

LINGKUNGAN

  1. ga sepelosok yang dibayangin, orang-orangnya baik, ramah, ga rese, lumayan maju pemikirannya.
  2. makanan variasinya lumayan, cuma mahal2. sekali makan+minum bs lebih 30rb, kalau mau hemat bs masak aja, sebulan kalau 4 orang, patungan 500rb/org cukup.
  3. Ga ada mall indomaret atau alfamart, tp minimarket ada 2 lumayan lengkap, banyak toko kelontong dan cafe2an.
  4. tempat wisata ada pantai2 tapi kurang bagus, 1 pantai ada buaya muara jd harus hati2.. dipelabuhan atau sungai pun ada buaya, tp sampai sekarang gapernah lihat, kejadian digigit buaya ada tp biasanya ada penyebabnya ky pembunuhan buaya dll gitu kata orang sini dan sangat jarang terjadi. tempat wisata lain ada air terjun dan museum, nongkrong2 juga sering di pelabuhan.
  5. kalau mau pergi jalan2 boleh banget pinjem mobil operasional rs atau mobil spesialis kalau lagi nganggur, izin sama kasi yanmed.

PERIZINAN

  • sangat fleksibel, kalau udh izin sm pembimbing dan dpt pengganti jaga, libur bs sampe 3 minggu bahkan sebulan kalau memang urusannya penting. jadwal atur sendiri.
  • kalau udh nikah izin bs lebih banyak lagi tp dibagi jd bbrp kali izin, gabisa sekali izin langsung lama.

DINAS

  • 1 hari jd 3 shift
  • pagi 07.00 – 14.00
  • siang 14.00- 21.00
  • malam 21.00 – 07.00

IGD

  • pasien rata2 bisa 0 sampai 7 orang per shift
  • sakitnya pun kadang ga emergency
  • perawat2 baik, cuma kadang suka ga fokus lupa ttv tp sibuk tindakan kalau ada luka atau sesak dll, sebagai dokter boleh bgt ngasih instruksi tp caranya yg baik dan berkenan.
  • pembimbing IGD sangat santai dan fleksibel, gangasih tugas sama sekali.

BANGSAL

  • pasien rata-rata 2 sampai 11 orang.
  • gaada ICU, adanya HCU
  • perawat dan bidan baik-baik. bidannya mau ngajarin dan ga rese, kooperatif banget.
  • Visit pagi dilakuin tiap pagi termasuk hari libur.
  • kalau ada spesialis, kita visit duluan pasien mereka biar bs bantuin nulis status.
  • kalau mau ikut tindakan spesialis juga boleh kaya ke poli, SC atau op lain, asal sudah izin dan gaada tanggungjawab yg kita tinggalin, kalau pas dinas lagi gaada pasien atau pas lagi libur bs iseng datang ke rs buat belajar.
  • jaga bangsal pagi sambil jaga poli umum juga. pokoknya jaga pagi paling ribet dan melelahkan.
  • jaga sore aman biasanya bs tidur nyenyak.
  • jaga malem di RS ishipnya cuma 1 orang bareng dokter definitif, kalo sial kadang jaganya sendiri bgt dan jaga IGD sekaligus bangsal. tp kadang gabut juga krn gaada pasien igd dan pasien bangsal gaada keluhan.
  • pembimbing bangsal asal ada aja tugasnya presentasi 1 case report per orang.

PUSKESMAS

  • masuk jam 08.00 – 14.00
  • pagi dan siang selalu ada apel, kecuali jumat dan sabtu, gaada apel siang.
  • sekelompok biasanya 3 org, per hari ada 1 orang dinas poli, 2 sisanya dinas luar.
  • kalau gaada kegiatan luar jdnya gabut, nongkrong2 aja di pkm.
  • jam 12 semua pada kabur cari makan tp jam 14 balik lagi buat apel.
  • tiap selasa siang ada meeting, sabtu makan bareng. santai banget pokoknya.
  • tugasnya 1 miniproject per orang.

INCOME

  1. Saat penyambutan, transportasi ditanggung sampai ke lokasi iship, dpt uang saku juga.
  2. BHD daerah kepri Rp3.150.000/bln biasanya tpt waktu kecuali awal thn.
  3. Insenda Rp1.400.000/bln, katanya mau dinaikin tp wacana terus dibayar 3 bulan sekali.
  4. Jaga malam dpt Rp200.000/jaga, perbulan kurang lebih dpt 1jt dibayar 3 bulan sekali.
  5. Kegiatan luar kaya jd tim medis bs dpt sekitar Rp200.000.
  6. Ikut khitan masal sekitar Rp500.000-Rp1.000.000 biasanya 1x selama iship.
  7. Mendampingi ngerujuk pasien Rp1.600.000 tp sudah termasuk biaya transport, makan dan tmpt stay.
  8. Kegiatan lapangan puskesmas Rp150.000-200.000/kegiatan.
  9. Tempat ngamen ada tp sudah diisi sama dokter definitif sendiri atau dokter ptt.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!