1,438 total views

REVIEW WAHANA
Periode: Mei 2018-2019
Daerah : kabupaten Indragiri Hulu
Nama Wahana : RSUD Indrasari Rengat
Nama Wahana Puskesmas : puskesmas Airmolek

KETERANGAN:

  • fasilitas : rumah dinas ada, dalam bentuk asrama. Fasilitas nya temoat tidur, dan kipas angin. Serta kamar mandi didalam. Nah asrama terletak samping rumah sakit yg jarak nya hanya beberapa meter. Dulu masih sedikit iship yang mau tinggal di asrama, selebihnya lebih banyak ngekost di rumah salah seorang dokter di RSUD tersebut, sedangkan di Puskesmas kita wajib kost ataupun Pulang pergi jika sudah tinggal di daerah rengat jaraknya cukup jauh 40 menit naik mobil/motor.
  • Kendaraan tidak disediakan baik motor maupun mobil. Jadi klw bisa punya kendaraan pribadi.
  • insentif daerah: Tidak ada.
  • jasa pelayanan : Ada, utk RSUD nya jasa berupa uang BPJS dan JPU, kisarannya gak menentu tergantung indek bulan tersebut. Kalau pasien ramai lumayan utk tambahan uang jajanlah.
  • akses jalan menuju wahana: aksesnya jalan lintas timur dan wahana RSUD berada di pinggir jalan. Sedangkan wahana puskesmas agak masuk kedalam Kabupaten. Dari Pekanbaru kota jaraknya 4 jam diakses dengan travel ataupun bus. Ada pesawat juga di dekat kota air molek. Namanya bandara japura. Untuk domestik penerbangan msh sangat terbatas. Ada indomaret dan alfamart. Dan Rengat plaza serta Pasar buah belilas. Tapi mohon maaf belum ada bioskop dan mall besar. Kalau mau ya harus ke kerinci ataupun Pekanbaru kota.
  • biaya hidup: terjangkau apabila kalo masak sendiri. Seafood banyak. Kalo jajan di luar kira2 10-30ribu sekali makan( tp tergantung makan nya apa dlu)

RSUD Indrasari

  • jadwal: kalo di RSUD ada dua bagian, Ruangan dan IGD di roling per 4 bulan. Kita dulu setiap tim ada 6 org.
  • jaga Ruangan :
    1. finger print dulu sebagai absensi lalu follow up dan Visit pasien bangsal sendiri
    2. menulis SOAP di status dan setelah itu stand by di ruangan (interna/obgin /anak /KB/VIP bedah),
    3. kemudiaN ikutin dokter spesialis nya visit (tergantung dokter spesialis ada yg visite pagi banget jam 7.30 jadi kita followup harus lbh pagi).
    4. Kadang ada yang datangnya jam 11 an juga. Jadi kita standby.
    5. Nah pulang jam 2 siang bagi stase bangsal. Dan finger print pulang.

IGD :

  1. dibagi 3 shift (08.00-14.00, 14.00-20.00 dan 20.00-08.00) yang jaga 1-2 iship. Saat Jaga di temenin sm dokter jaga tetap nya disetiap shift. Kita gak bener2 di lepas sendiri, tapi ada juga dokter yang menghiang2 dan bertingkah kalau lagi jaga tapi itu hanya beberapa saja tidak semua, Jd stand by di igd isip, dokter definitif dan perawat.
  2. Jam kerja tergantung jumlah orang dan pandai2 kita membuat dan disetujui sama pendamping. Oendamping di RSUD buaiiikkkkkkk bangettttt.. Ngerti isi hati kita dan mau di ajak curhat. Perawat dan bidan nya baik2 dan ramah sama dokter. Walaupun ada juga sih yang aneh mau ninggalin dokternya. kayaknya hampir disetiap tempat gitu klwnawal jumpa, entar klw udh lama ngerti sendiri situasinya.
  3. Masyarakat nya agak kurang juga nilai etikanya, jadi lebih hati2lah. Bahasa sehari2 pake bahasa melayu. Dokter isip nya d kasih wewenang sepenuh nya untuk tindakan , anamnesis, pemeriksaan dan terapi pasien. Selain pegang IGD yg jaga IGD juga megang pasien Poneg dan pasien bangsal diluar jam kerja bangsal. Kalo masih jam kerja ada pasien gawat di bangsal iship dan dokter definitif IGD sore dan malam yg bertanggung jawab.
  4. Uang jaga IGD = Sore 104.500 dan Malam 161.500
  5. Dokter pembimbing baik. Untuk tugas presentasi kasus masing2 kasus dan di cabut undi dopingnya siapa serta di persentasikan di forum besar terdiri dari dokter spesialis bersangkutan, seluruh iship, seluruh dokter umum, dan staff managemen yg di undang (konsumsi dari Rumah sakit)

Puskesmas :

  • Masuk jam 7.45 ikut apel tidak boleh telat. pulang nya tergantung tutup poli Dibagi jadi 3 bagian yaitu poli umum, poli anak (anak bawah 5th) dan IGD. Semua Kita lakukan secara mandiri.
  • Kalo ada kegiatan luar wajib ikut gantian ishipnya (karena dlm 1bln itu sangat sering ada kegiatan luar contoh: posyandu, lansia, dokter kecil dll dan tempatnya beda tiap harinya)
  • Pembimbing nya baik.
  • Tugas mini project seorang satu. Kasus mini project di tentukan pembimbing,dan di akhir2 stase puskesmas di persentasikan di forum besar. Dapat uang jaga sore dan malam utl IGD per shift nya 40 rb.

Terima kasih semoga bermanfaat

Sejauh saya menjalaninya enak kok..

Dan masih dapat uang jaga dll kok walaupun gk ada insentif daerah.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!