794 total views

testimoni iship kepahiang
Periode : Februari 2018-2019
Kab.Kepahiang-Bengkulu
RSUD Kepahiang
Puskesmas Pasar Kepahiang

KETERANGAN :

  1. Fasilitas : tidak ada, kontrakan atau kos bayar dgn biaya sendiri.
  2. Insentif : 500rb dari RS (tapi kadang pernah cuma 300an) dan di rapel beberapa bulan.
  3. Akses : akses ke bandara sekitar 2 jam. Kepahiang adalah kota kecil, jarak dari tempat tinggal ke rs atau puskesmas sekitar 5-10 menit.

jadwal dinas :

1.IGD:

  • Jadwal jaga terbagi 2 shift (bisa 3 shift, tergantung jumlah iship yg ada). Kita bebas nentuin jadwal jaga. 1 shift 1 dokship dan 1 dokter tetap. Pasien rata2 10-15 gak terlalu banyak, kasus lumayan beragam.
  • karena rs tipe C, banyak kasus yg dirujuk ke bengkulu. Fasilitas IGD yang seadanya juga.
  • Dokter tetap ada beberapa yg suka-suka ninggalin rs, ada sering dtg terlambat sehingga dokship yg handle igd sendirian. Bisa-bisa dipanggil ke bangsal juga. Dokter tetap jg sangat jarang utk konsul ke spesialis apalagi utk pasien2 tertentu, bahkan utk masukin pasien ke ICU aja dokship juga bisa.

2. BANGSAL

  • Stase bangsal terbagi 4 bagian Interna, Bedah, Obgyn,Anak+saraf.
  • Jam kerja : 08.00-14.00
  • Tugas kita visit pagi pasien, nulis status, terus ikut visir dgn spesialis. Selama di stase bangsal banyak ilmu yg didapat krn berinteraksi lgsg dgn spesialis2, jadi bisa lgsg diskusi. Jumlah pasien juga relatif, terutama pasien interna.
  • Utk obgyn tidak ada jaga malam di VK, hanya jaga pagi.
  • Utk bedah, dokship visit dan ikut OK. Spesialisnya super baik, kalo udah sering ikut OK kita bisa dikasih insisi dan hecting sdri utk kasus2 ringan.
  • tiap malam dtg visit pasien masing2 (ini tugas dari pembimbing ishipnya) cuma ini yg agak berat dari stase bangsal.

3. PUSKESMAS

  • Jam kerja 07.40-11.30
  • Insentif : belum ada (?)
  • dokship dibagi 2 stase, stase poli dan stase luar.utk stase poli ya menangani pasien umum, igd, kia dll. Pada saat kami iship disini, pkm sdg di renovasi, jadi ruangannya sangat minim. Pasien rata2 30an. Utk stase luar ikut program2 yg ada spt posyandu,kia,imunisasi rutin dll. Dalam 1 minggu ada jadwal piket sampe jam 14.15
  • Pembimbing iship sgt baik, bisa berdiskusi dgn beliau ttg masalah2 kita selama di pkm
  • karena dlm keadaan darurat (pkm sdg di renovasi) fasilitas juga sangat minim. Poli umum dan igd digabung. Bahkan pasien TB juga digabung polinya.
  • Utk tahun 2019 pkm sudah digedung baru dan akan ada ranap+igd.

testimoni iship kepahiang

jadwal dinas :

  1. IGD:

jadwal bisa kita atur cuma jam dinas sering berlebih dari aturan yg ada, sering nya malah kita jd temeng awal..dokter jaga igd srg pergi2 kita ditinggal sendiri buat jaga igd , bahkan kadang di bangsal pun kita di panggil klo ada pasien gawat meski kita jadwal igd ( bahkan pernah seharian itu kita dokter satu2 nya di rumah sakit itu menangani semua bangsal semua pasien haha) tp perawat igd rata2 baik dan asyik

  1. bangsal:

pagi musti visit macam koas lg bahkan jam 6 pagi udh mulai visit terutama klo minggu interna dan dak tanggung2 dr ruangan icu, vip kelas 1,2,3 semua kita pegang, klo anak jga semua nicu, neonatus, bangsal 1,2,3 klo bedah kita ikut OP dan pj semua pasien bedah di semua ruangan, dan sering kali juga kita gantikan poli semua poli kecuali kebidanan nah klo pas dpt stase kebidanan ikut partus dan SC juga…,dan malamnya jga dtg visit tengok pasien gawat jd jam kerja bangsal dari pagi hingga jam 2 siang dan malam dtg visit pasien permasing2 pembagian stase…lelah? so pasti cuma spesialis nya semua baik dan ramah dan suka sgt bagi ilmu gk pelit tindakan dr op minor dan thorakosintesis, parasintesis kita bisa kerjakan sndiri.. bahkan kita jga bsa masukan pasien ke icu tanpa konsul spesialis anastesinya hehe..

  1. puskesmas :

disini menangani pasien setiap hari rata2 30 org dan dinasnya 7:40 (apel) , plg jam 2:15 ada piket2 nya, disini iship gk trlalu di anggap dan tahun 2019 bakalan ada rawat inap di puskesmas jd pake jaga malam…dan di sini benar2 membosankan bagi yg jiwanya suka tindakan, dan action2 gitu

  1. wahana :

minim tempat makan variasi makan gk banget ,cuma bahan makan segar semua dr sayur , daging jd rajinlah memamasak.., wisata bagus ada kebun teh , air terjun dan pagi2 srg ada kabut2 gitu indah dan segar, cuma klo siang hari panas bgt rasanya

  1. pembimbing :

ada 3 ya 2 nya baik klo 1 org agak banyak aturannya tp asal lurus2 aja dan patuh insya Allah aman lah..

  1. dana :

rumah dinas no way, pemerintahan kab gk da bantuan sepersen pun buat kita, puskesmas jga gak, klo rumah sakit dpt bpjs katanya 500 rb / bulan tp sering di rapel bbrpa bulan dan kadang di potong hingga dptnya 320 rb, biaya kos standar 6 juta/ tahun atau rata2 500/ bulan ,harga makanan disini jga rata2 15 rb / nasi bungkus cuma seafood mahal krn di atas gunung..

  1. kasus:

lumayan variasi tp ya byk keterbasan alat dan lainnya shngga byk jga kasus yg tdk bisa ditangani …,bagi yg mau ambil bedah dan obgyn bgs sgt krn spsialisnya respect bgt dan ksh dr kita byk tindakan dan ilmu ..

over all

wahana ini tdk di rekomendasikan, tapi ya bagi yg domisili disini gk pa2 ambil aja, bagi yg mau nimba ilmu bgs krn disini kerja berat .

info:

wahana ini pernah kosong 1 periode..dan ini penilaiaan subjektif tp kami menulis ini krn ini yg kami rasakan selama iship di kepahiang

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!