576 total views

Wahana Internship Sumsel
RSUD Raba’in Muara Enim – Puskesmas Tanjung Enim
Periode November 2018- November 2019

Lokasi :

  1. Rsud berada di Kota Muara Enim , kurang lebih 3-4 jam dari Palembang.
  2. Berada di jalan lintas, jadi strategis.
  3. Di dekat rsud banyak tempat makan, indomaret, fotokopi dll.
  4. Rsud ini rumah sakit (tipe B) rujukan dari lahat, pagaralam, 4 lawang, semendo, kadang jg prabumulih, jadi lumayan variatif pasiennya.

• RUMAH SAKIT•

1. IGD

  • Jam kerja 3 shift ( pagi 07.30-14.00 ; sore 14.00-21.00 ; malem 21.00 – 07.30)
  • Kita kerja di igd didampingin dokter umum disana. Kalo shift pagi, dokmum nya rata” yg pns dan banyak yg tugas dibanding shift sore dan malem ( bisa 5-7 dokmum).
  • Kerja kita disana yg utama adalah anamnesis dan periksa pasien smpe resep.
  • Kalo pasien rame tergantung, kadang kita kerjain sendiri pemeriksaan pake alat misal ekg, pasang nebu, dll, tapi selama disana sih bisa cuma 1-2x aja kita yg kerjain sendiri, tergantung situasi. Kalo rame yg biasanya kita kerjain sendiri, karena pasien BANYAK.
  • Dokmum baik-baik, mau ngajarin.
  • Perawat disana rata” agak cerewet, tapi mereka sebenernya baik, cuma harus tahan aja kalo suka di bilangin ini itu, rasa kayak koas lah, cuma bawa enjoy aja.
  • Kalo full 1 kelompok 7 orang ( kerja nya bisa on 8 hari, off 6 hari)
  • Pasien di IGD banyak dan variatif, karena ini rs rujukan. Pasien jg macem-macem, ada yg manja , jadi sabar-sabar aja kalo ngadepin pasien gitu.
  • Jasmed ada tapi ga besar (sekarang hanya sekitar 300 ribuan/bulan) dan suka telat dibayar per bulannya.
  • Jaga kesehatan, karena igd RS ini bener-bener rame dan capek.

2. Bangsal-Poli (Paling enak dan TIDAK ADA JAGA)

  • Ada ini ada 2 kegiatan yaitu bangsal dan poli.
  • Jam kerja mulai jam 07.30-15.00 (tergantung poli/bangsal apa)
  • Untuk stase ini, ada 2 macem bagian yaitu mayor dan minor.
  • Mayor —> kita di stase bangsal. Ada penyakit dalam (pdl), obgyn, bedah dan anak. Khusus obgyn, setelah visit bangsal, turun ke poli. Selain itu, cuma kegiatan bangsal aja.
  • Minor —> kita di poli. Ada mata, saraf, tht, kulit, umum, ortopedi, paru. Stase ini khusus isi poli aja, jdi ikutin jam kerja RS.
  • Bangsal : kegiatan kita isi status pasien, jadi dateng ke RS , tergantung kondisi. Yg penting, saat konsulen visit pagi, udah kelar semua status pasien. Lebih enak kalo ada koas (jadi kita terasa terbantu sekalii). Hari sabtu bangsal yg visit cuma pdl, anak dan bedah. Minggu libur.
  • Kalo kegiatan bangsal udah selesai, mau pulang atau kemana aja boleh. Tapi kalo poli, tunggu sampe konsulen pulang.
  • Kerjaan kita kalo di poli, bantu anamnesis, periksa pasien, nulis resep. Tergantung poli dan konsulen nya, kalo ada kerjaan lain, kita nurut konsulennya.

•PUSKESMAS•

  • Puskesmas (paling santai tapi ADA JAGA IGD puskes) — 20 menit dari RSUD.
  • Pendamping : dr. Lia (diganti untuk isip periode selanjutnya sm dr. Nina)
  • Di stase ini kegiatan kita isi poli, kegiatan luar dan jaga igd.
  • Jam kerja 07.30 – 16.00
  • Poli yg diisi : lansia, mtbs, umum dan remaja. Pasien pling banyak sekitar 40 an , dan itu di poli lansia. Untuk mtbs dan umum pasiennya sekitar 20-30 an, remaja paling banyak 10. Kita anamnesis, pemfis smpe resep. Perawat rata” udah senior, jadi enak banget. Selalu ada makanan di poli dikasi oleh ibu perawat nya, enak diajak ngobrol dan ramah.
  • Jaga igd 24 jam (tapi jaga santai banget bisa tidur sepuasnya, pasien nya paling banyak 10 pasien/ 24 jam). Pasien jg yg biasa aja, misal batuk pilek, diare, demam, kll. Kalau yg butuh penanganan lebih lanjut misal kejang, trauma kepala smpe penurunan kesadaran, dehidrasi dll biasanya di rujuk ke igd RS. BAM (rs punya pt.ba)
  • Kegiatan luar : posyandu, poslansia, bias, penyuluhan. Tergantung ada momen apa nnti, misal 17 agustus, kita jadi tim p3k buat kegiatan” tsb, atau ada jambore dll.
  • Stase ini bisa on 2-3 minggu, libur 1 minggu.
  • Kamar jaga igd kurang nyaman karena ga ada ac. Kalo di puskes rata” ruangan udh pake ac. Makanan di sekitar puskes jg banyak dan enakk. Tapi tetep pilih makanan yg bersih.

Kesimpulan:

  1. Wahana ini di rekomendasikan buat kalian yg mau cari PENGALAMAN dan yg punya RUMAH/ASLI orang muara enim/ tanjung enim.
  2. Tapi kalo untuk cari duit bukn di sini tempat nya karena jasmed nya sering telat, dan biaya hidup lumayan mahal.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!