831 total views

RSUD Tebing Tinggi/Puskesmas Tebing Tinggi Kab. Empat Lawang
Sumatera Selatan
Periode November 2017-November 2018

Dokter pendamping RSUD

orangnya baik2, bersahabat, membimbing, pokoknya semua dokter isip empat lawang di buat senyaman mungkin sama mereka, kalo ada yang bingung jangan sungkan2 bertanya.

RSUD Tebing Tinggi

Stase IGD:

  • Dibagi jadi 3 shift, pagi (08.00-14.00), siang (14.00-20.00), malam (20.00-08.00).
  • Ada orientasi dulu gimana jaga igd sama dokter umum disana selama 2 minggu yg turun 2 doksip per shift. Setelah 2 minggu orientasi cukup 1 doksip yg turun per shift.
  • Jaga igd dengan 1 dokter umum disana. Jaganya betul-betul kaya dokmum jaga.
  • Tugas di igd nerima pasien, buat status igd (kalau pasiennya indikasi ranap buat status bangsal juga), konsul ke spesialis, tatalaksana (diagnosis dan terapi awal sama lanjut sudah di buat dari igd jadi bangsal tinggal nerima pasien aja).
  • Dokter umumnya baik-baik, ngasih kita kewenangan kayak dokmum. Kalo ada yg bingung juga ga bakal ditinggalin sendiri. Perawat bidannya senior, tinggal kasih instruksi aja, semua dikerjain sama mereka.
  • Jadwal jaga IGD boleh ngatur sendiri, nanti di serahkan ke pendamping.
  • Jumlah pasien per shift jaga biasanya 5-belasan tergantung rejeki. Kasus2nya bagus dan variatif. Diagnosis dan tatalkasana sudah di buat dari igd jadi bisa sekalian belajar. Doksip diperbolehkan menggunakan usg dan membaca ekg sebelum konsul ke spesialis
  • Tindakan di igd lumayan banyak mulai dari hecting, bantu partus, bidai, torakosintesis, intubasi dll. Untuk tindakan kayak masang infus, ngt, kateter biasanya perawat yg ngerjain, tapi kalo emang mau, tinggal bilang aja.

Stase Bangsal:

  • Ada 2 bagian yaitu bangsal dan poli.
  • Tugas doksip di bangsal visite pasien pagi dari hari senin-minggu. Buat status SOAP. Lalu ikut spesialis visite, biasanya spesialis cm liat status yg kita tulis tadi trus ttd, kalo ada terapi tambahan biasanya langsung dia yg nulis.
  • Setelah selesai visite dg spesialis lanjut ke poli sama spesialisnya.
  • Tugas di poli nge bantu dokter spesialis. Poli dari senin sampe sabtu (sesuai jam kerja).
  • Ada 5 poli: mata, anak, interna, bedah, obgyn. Di bangsal jg kurang lebih sama. Kadang di ajak OK. Dokter2 spesialisnya baik2 kok, suka membimbing, tapi ya masing2 spesialis punya karakter masing2 sih, jadi disesuaikan aja. Di RSUD tebing tinggi ada 3 dokter spesialis tetap yaitu bedah, obgyn, mata. Sisanya WKDS jadi ilmunya masih fresh, bisa di ajak diskusi dan kalo mau bimbingan jg boleh.
  • Di stase ini ga ada jaga malam.

Puskesmas Tebing Tinggi:

  • Sekitar 15 menit dari RS. Sistem kerja kayak puskesmas pada umumnya, poli, igd, penyuluhan keluar atau di puskes.
  • Poli: umum, lansia, anak. (2 doksip cukup biasanya yg lansia 1 doksip, anak dan umum itu mobile tergantung ada pasien dimana)
  • Igd: biasanya doksip yg di lansia yg liat pasien ke igd kalo ada.
  • Untuk penyuluhan menyesuaikan dg kalender puskes.
  • Kasus2 di puskes ga sebanyak di rs jadi lebih santai. Puskesmas ga ada jaga malam, jam 1 udah bisa pulang kalo ga ada pasien.

Income:

  1. BHD + insentif dari RS, dari puskesmas ga ada insentif (rencananya mau di ajuin ke dinkes biar yg puskes jg dapet tapi ga janji hahaha). Insentif 2,5jt per bulan per orang, biasanya nerima bersih berkisar 1,5-1,7jt perbulan setelah di potong biaya kosan, pajak, dll.
  2. Posisi kosan pas di sebrang RSUD, kosan bersih dan nyaman bgt, ada ac, kipas, kasur springbed, tv, air bersih 24 jam. Kalo mau nyari kosan lain jg boleh tapi jarak ke rs nya jauh banget soalnya rs nya agak jauh dari pusat keramaian.
  3. Untuk jasmed di rs biasanya dapet sih walaupun ga banyak tapi turunnya sering ngaret. Di puskes ga dapet jasmed.

Kelebihan:

  1. Dapet insentif dari RS dan jasmed
  2. Kasus2 lumayan banyak dan variatif
  3. Dokter2 umumnya baik2 dan membimbing
  4. Dokter spesialisnya juga suka membimbing (jarang sih kena marah kalo ga salah2 yg fatal)
  5. Kosan pas di seberang RS
  6. Perawat dan bidannya ramah dan handal
  7. Tempat makan seadanya ada di sekitaran rs, kalo mau makan enak agak jauh dikit ke arah pasar.
  8. Kamar dokter igd : ada wifi, ac, tv dan kulkas.
  9. Di rs tersedia wifi
  10. Untuk masalah libur bisa disesuaikan (penting)

Kekurangan:

  1. Jarak RS dg pusat kota jauh jadi kalo bisa bawa kendaraan biar hemat soalnya berat di ongkos kalo naik bentor 30rb bolak balik ke pasar atau puskes.
  2. Fasilitas rs belum terlalu memadai, jadi kalo butuh pemeriksaan penunjang yg lebih biasanya pasien di rujuk.
  3. Tempat hiburan ga ada, paling ke deket ke linggau atau pagaralam.
  4. Sinyal jelek, telkomsel kalo di kosan edge. Di rumah sakit edge 3 kotak. Kalo mau 4g harus di force dulu di hp atau cari sinyal dkt tangga kosan. Di puskes 4g terus
  5. Masih sering mati lampu, sehari bisa 3x minimal
  6. Obat2an dan pemeriksaan penunjang di rs dan puskesmas masih terbatas

Sangat rekomen untuk yg mau serius tapi santai.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!