859 total views

.Review wahana RSUD Dr. M.M Dunda

Hunggaluwa, Limboto, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo

Internsip Periode : Mei 2021-Februari 2022 (9 bulan)

.

Wahana

1.RSUD Dr. M.M Dunda, Limboto, Kabupaten Gorontalo
2.Puskesmas Limboto
3.Puskesmas Tibawa

Kuota tahun kami 15 orang (mengundurkan diri 1 org jd sisa 14 org)

.

1. RSUD Dr. M.M Dunda

a)FASILITAS
 Rumah Dinas dari RS, ada 3 kamar (1 kamar muat 2 org), fasilitas AC, kasur,dispenser, kulkas kecil, kompor (-). isi rumah cukup utk kebutuhan sehari2, listrik bayar sendiri 1bulan +/-500rb, air gratis, wifi (-).
 Jarak sekitar 10 menit jalan kaki dari RS, 5 menit naik Bentor (becak motor), dekat dgn penjual makanan. Rentan harga 15-25rb.
 Kendaraan dinas : tidak ada
 Rumah dinas di kab. Gorontalo, tidak ada mall, kalau mau ke mall harus ke kota,bisa pake mikrolet (bayar 10rb), grabcar 140rb, gojek 49rb.
b)JAM KERJA
 Jam kerja di bangsal mulai jam 08.00-12.00 wita, tergantung stase ada yg bisa pulang lbh cpt kalau sudah slsai visite,
 senin-sabtu. Minggu khusus jaga ugd.
c)ROTASI
 (IGD) →(Bangsal Bedah) →(ICU+HCU) →Bangsal Anak→Bangsal Interna (biasa & Tb).
 pagi rotasi di 5 stase, sore-malam jaga UGD.
d)TUGAS
 Intinya tergantung sama siapa dokter umum stasenya
 tulis cppt followup pasien sendiri, visite, tulis resep pasien sendiri + resep pasiennya senior, tulis resume pulang pasien sendiri + resume pasien senior, lapor wa jumlah pasien di bangsal ke masing2 DPJP.
 Pembagian Pasien = TERGANTUNG SENIOR yang satu stase. Ada yang bagi rata pasien, ada yang kasih kita pegang maksimal 3 pasien, ada yang ga kasi pasien Cuma boleh tulis resep dan resume pulang. (semakin banyak pegang pasien berarti semakin banyak belajar, ada uang jasa, jadi kalau ga pegang pasien=ga belajar+ga ada jasa ya)
 Mendampingi DPJP visite pasien, lapor keadaan pasien, ada dokter umum sering hilang saat visite jd kadang kt jd hrus backup pasiennya juga padahal kita ga ngerti pasiennya dan kadang bisa di omelin konsulen kalo gatau pasien.
 Tiap sabtu atau hari yg besoknya libur, internship di minta menulis resep pasien bangsal satu RS (dibagi 5 isip utk 12 ruangan di RS) utk hari lbur tggl merah. rangkap nulis resep ada ruangan yang biasa resep sampe >25pasien .
 karena skrg lagi giat vaksin, jadi internship sering disuruh turun utk screening vaksin bisa 200-400an pasien di kelurahan yang di screening perhari.
e)LINGKUNGAN KERJA
 konsulen : semua konsulen baik, suka ngajarin & diskusi, konsul pasien via wa sllu di respon, yg penting isip tau pasien dan attittude bagus semua aman.
 Ada bbrpa aturan masing2 konsulen jd harus hati-hati dlm menentukan DPJP.
 Dokter umum yang di RS baik dengan banyak macam karakter, bbrpa ada yg suka ninggalin pas jaga, ada yang bisa hilang kalau pasien jelek dan kita dilepas ngehandle sendiri, tapi ada juga yang baik mau ngajarin dan akrab sama isip.
 perawat dan staff lain semua baik ke iship, saling menghargai dan dihargai sbg dokter meskipun baru.
f)GAJI
 BHD 3,6jt
 Insenda Stase RS = TIDAK ADA
 Uang Jaga Ugd : jadwal di tentukan dokter definitif, maksimal jaga 8-9hari tiap bual, kisaran uang jaga 700-900rb/bulan
 Uang jasa : didapat dr banyaknya pasien yang kita pegang pas jaga maupun pas di bangsal, tp kalau di bangsal pasien yang dipegang isip sesuai dengan yang di tentukan dokter umum senior jadi tergantung seniornya bagaimana. Jasa kisaran 300-500an bisa lebih bisa kurang karena semua tergantung dokter umum yang ada distase, jadi jangan berharap uang jasa .

KESIMPULAN : wahana ini cocok utk yg mau belajar (belajar pasien dan belajar sabar + ikhlas )

.

2. PUSKESMAS LIMBOTO

a)FASILITAS
 rumah dinas dari PKM Limboto(pustu dijadikan rumah dinas) isinya 3 kamar, muat utk 5-6 org. Isi lengkap. Fasilitas AC/kamar, listrik di bayar pkm max.500rb (jika lebih bayar selisih), wifi dan air ada (bayar sendiri).
 Jarak Rumah dinas pustu-PKM harus pake bentor,5rb/org ke pkm.
 Kendaraan dinas ; tidak ada
 Letak di kab. Gorontalo, tidak ada mall kalau mau ke mall harus ke kota gorontalo, pake grabcar 140rb, gojek 40rb , mikrolet 10rb.
b)JAM KERJA
 kerja senin – sabtu jam 08.00 sudah harus di PKM karena harus apel, kalo ga apel biasa ditegur, pulang tergantung stase tapi normalnya pulang jam 14.00.
 karena sekarang lagi gencar vaksin, jadi minggu itu sering ga libur karena disuruh turun vaksin, sering ada vaksin malam hari juga jadi jam kerjanya yaa ikhlaskan 24 jam utk puskesmas . Selama jadi internship semua hari adalah hari kerja !!!
c)ROTASI
 Seharusnya ↠IGD → POLI→KIA→POSYANDU→VAKSIN
 Namun nyatanya rotasi ↠ POLI→VAKSIN→VAKSIN→VAKSIN→VAKSIN (SETIAP HARI SEMUA TURUN SCREENING VAKSIN KECUALI YANG DI POLI) *kelar isip jadi jago screening vaksin 😀 !
d)TUGAS
 tugas isip sebenarnya di puskesmas itu fokus memenuhi UKM, tapi sekarang kita mayoritas bertugas jadi tukang screening vaksin SETIAP HARI, dengan jumlah masyarakat 300-400an perhari (sampe rahang sakit dan pipi berotot lah pokoknya).
 karena yang stay di puskesmas Cuma yang stase POLI, di poli seperti biasa periksa pasien dan kasi obat, mulai poli setelah apel selesai jam 12.00. santai kerjanya aman.
 intinya disini akan dimanfaatkan sedemikian rupa untuk meningkatkan capaian program puskesmas dan daerah jd iship harus kerja keras tanpa tapi ya.
e)LINGKUNGAN KERJA
 DOKTER ada 3 orang, salah satunya pembimbing iship., mereka ada lepas dinas, iship selalu disuruh turun screening menggantikan mereka kalau di kelurahan, tapi kalau acara besar yang ada petinggi beliau biasa baru turun.
 pembimbing selalu minta kita ikut apel, kalau ga apel bisa ditegur dan di evaluasi, untuk izin loburan agak sulit selama di pkm ini apalagi untuk mau jalan jalan meskipun hari minggu karena kita harus turun vaksin kalau ada jadwal vaksin hari libur (padahl udh vaksin dari senin-sabtu, tambah vaksin malam, tapi kalau libur ada vaksin tetap iship yang turun vaksin hari libur., intinya di puskesmas ini sekarang VAKSIN VAKSIN VAKSIN SETIAP HARI !
 perawat dan staff lain = semuanya BAIK. Mengerti iship. Hanya Ada beberapa oknum yang senior yg bossy, kadang suka nyuruh isip nyetir ambulaance, ngangkat2 barang2 utk vaksin.
f)GAJI
 BHD: 3,6 jt/bln
 INSENDA =1jt/bln
 jasa= 400rb/bln
 uang vaksin = ga bisa dipastikan, karena meskipun kita terus yang turun tapi uang vaksin tetap di bagi ke dokter umum yang di pkm dan jumlah dapat pasti berapa, intinya dikasi aja nanti sama dokter umum seikhlasnya mereka meskipun kita yang dominan turun vaksin.

KESIMPULAN : SANGAT AMAT MENGECEWAKAN DAN TIDAK MENSEJAHTERAKAN INTERNSHIP. SANGAT DISARANKAN UNTUK TIDAK DIPILIH SEBELUM MENYESAL.

.

3. PUSKESMAS TIBAWA

Periode ini pertama kali internship di PKM ini.

PUSKESMAS RAWAT INAP, UGD DAN PONED 24 JAM.

a)FASILITAS
 1 rumah dinas PKM Tibawa (saat ini kita tinggal di rumah dinas Camat, namun jika camat mau pakai rumahnya kita pindah ke rumah dinas lain), fasilitas lengkap dari kecamatan, ga bayar apa apa, wifi (-), ac/kamar, ada rencana mau pindah karena mau ganti camat. Jd rumah dinasnya blm tetap utk iship. Lokasi di kec. Tibawa (dekat bandara, tp jauh dr kota), bisa jalan kaki ke PKM sekitar 5 menit, lingkungan warga ramah dan aman.
 Kendaraan dinas : TIDAK ADA
b)JAM KERJA
 Jam kerja senin-sabtu, masuk kalau hari senin jam 08.00 utk apel, selebihya boleh jam setengah 9 s/d jam 9 bru ke pkm, jam 12.00 sudah boleh pulang dan disuruh pembimbing utk pulang biar istirahat. (BAIK BANGET)
 ada jadwal jaga ugd 24 jam, tp ON CALL, jd nnti d rmah aja perawat konsul via tlp, kalau memang dirasa harus di lihat pasiennya br nnti di jemput perawat, kalo aman kasi instruksi aja k prwt mau d ksi obat apa. Santai dan tdk membebani.
c)ROTASI
 IGD-POLI-PONED-POSYANDU-KEG.LAPANGAN
 Kerja sesuai dengan rotasi, posyandu biasa diminta turun vaksin sama dengan kegiatan lapangan, vaksin di sini lebih manusiawi dan teratur, jd tdk merasa terbebani.
d)TUGAS
 Kerja sesuai dengan rotasi, posyandu biasa diminta turun vaksin sama dengan kegiatan lapangan, vaksin di sini lebih manusiawi dan teratur, jd tdk merasa terbebani. Vaksin Cuma sedikit, tim vaksinatornya juga tegas jd ga mau lewat dr jam kerja vaksin sudah harus ditutup, beda dengan puskesmas limboto yang ga berenti vaksin smpe ga ada masyarakat yg dtg .
 Pokoknya disini meskipun ada jaga 24 jam tp lebih tenang dan sejahtera sbg internship.
e)LINGKUNGAN KERJA
 Hanya ada 1 dokter di puskesmas yang juga pembimbing internship. Pembimbing PALING BAIK dan PALING melindungi iship dan ga boleh isipnya cape, ramah, ga suka marah, sempurna . (sayang Cuma beliau yang baik )
 semua staff pkm mulai dari Kapus, perawat, bidan dan staff lain semuanya BAIK BANGET. Lingkungan kerjanya paling nyamannn dari 3 wahana.
f)GAJI
 BHD 3,6jt/bln
 INSENDA : 1 JT/bln
 jasa :400rb/bln

KESIMPULAN : satu satunya wahana yang ga bikin iship stress dan ngebatin, sejahtera dan bisa banyak belajar karena kita bener2 dilepas megang pasien sendiri .

.

Tambahan

a)Untuk daerah sendiri Gorontalo amann, tapi disini panas banget jadi harus siap hitam,
b)makanan banyak makanan khas gorontalo dan pedas2,
c)kendaraan umum ada bentor dimana mana,
d)pantai nya bagus bagus tapi sayang ga bisa pergi karena banyakan turun kerja kalau libur.

.

KESIMPULAN

SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKANN ! JANGAN BERFIKIR BISA MAIN KE PANTAI MESKIPUN WISATANYA BAGUS KARENA SUSAH DAPAT IZIN DAN SERING KERJA DIHARI LIBUR, PEMBIMBING pkm Tibawa terbaik.. intinya jangan berharap banyak dan jangan menyesal karna salah pilih.

.

.

Share ke Sejawat Lain 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on twitter
error: Content is Protected !!